iklan iwb
iklan iwb

Semua pasti sudah pada tahu kalau pabrikan mempunyai vendor dibelakangnya. Merekalah tulang punggung penyedia part yang jumlahnya mencapai ribuan. Mulai dari baut, pelk, kaliper rem, speedometer, tanki, sasis, ban, blok silinder dll……vendorlah yang meyuplai. Cuma ada satu yang membuat saya sedikit “mlongo” adalah kesamaan merk pada salah satu part Kawasaki Athlete dengan Yamaha Byson namun beda komponen. Maksude???…

Kalau komponen sama sih sudah lazim. Misalnya dimotor merk A menggunakan perangkat rem, pelk, karburator sama dengan merk B…wis ora heran. Lha ini….brand Cast Wheel siijo (belakang), digunakan untuk foot step adaptor diByson. Hal ini tanpa sengaja saya temui ketika mencuci sikebo……dari sisi kolong dalam terlihat tulisan “Chemco” sangat jelas bertengger dibelakang adaptor foot step.  Karena rasa penasaran itulah maka saya coba ubek-ubek asal-usul siChemco. Dan akhirnya kening yang tadinya mengkerut langsung normal sambil tak henti-hentinya manggut-manggut….

Sebagai info, Kawasaki membekali Athlete dengan merk berbeda pada pelknya. Yang depan Enkei…sedangkan belakang Chemco. Entah kenapa itu dilakukan. Bisa jadi saving cost alias menekan biaya. Namun jika menilik banderol pelk Chemco Athlete juga  tidak murah (satu 800ribu)  rasanya mustahil pertimbangan biaya biangnya. Bisa jadi memang ada deal/agreement khusus antara Chemco dengan Kawasaki yang berhubungan dalam kesanggupan penyediaan part. Wah jelek dong kalau begitu?!..husss jangan meremehkan mzbro. Sebab Ternyata Chemco sendiri adalah perusahaan joint venture antara PT. Chemco Harapan Nusantara dengan satu perusahaan Jepang. Tepatnya gabungan saham dari PT. Prospect Motor, PT. Mayasari Bakti Utama dan Nissin Kogyo, CO -LTD sejak tahun 1987. Chemco sudah sangat berpengalaman dalam membuat pelk aluminium, besi tempa, crank case mesin, asembling dsb. Dan asal mzbro tahu Chemcolah yang membuat kaliper serta master rem Nissin. Secara detil bisa diuraikan (roda dua) menyuplai brake shoe, kaliper, gear speedometer, master silinder, cover crankcase, dan silinder head, footrest front/rear assy, handle seat, rear arm dll. Kredibilitas vendor tersebut tidak hanya untuk 2wheel product. Tapi juga kendaraan roda empat yang mencakup komponen kaliper front/rear, master silinder, wheel anchor dan silinder, engine cover, filter oli dan masih banyak lainnya. Ealah…gitu to, jebule aku sing ndeso baru ngerti. Maklum selama ini tidak pernah memperhatikan. Gawe pit asal numpak wae 😳 . Kalau kualitas jangan ditanya sebab saya telah membuktikannya lewat siijo. Dulu pelk pernah peang menghantam lubang, diketok dikit sudah balik seperti semula. Jadi adaptor sikebo saya yakin kualitasnya mumpuni tidak gampang patah pastinya. Wah makin pede buat rebah nih xixixixi.….eh, harus tetap keep safety riding yak. Btw…semoga berguna 😀 (iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!