iklan iwb

Pasti semua tidak pernah memperhatikan betapa riskannya nyawa seorang polantas. Apalagi BM jalan raya yang kesehariannya mondar-mandir dijalanan. Hal ini terjadi pada teman sendiri…namanya Tomi (samaran). Sudah lebih dari 4 tahun memegang Yamaha XJ900P tanpa ada masalah berarti. Tapi apes menimpa doi ketika melewati jalanan yang diduga ada bekas ceceran oli….

Motor paling top dijajaran kepolisian ini sering digunakan untuk mengawal rombongan presiden/wakil serta para menteri jika bepergian antar kota. Maklum dengan tenaganya mencapai 89,4hp@8250rpm torque 83nm@7500rpm disinyalir mampu mengimbangi tenaga mobil-mobil pengiring yang rata-rata kelas atas. Ukuran motor 2.230 x 950 x 1.490 disinyalir cukup stabil digeber hingga kecepatan 180km/jam sekalipun. Tapi ternyata semua kelebihan sisi yang ditawarkan tidak berkutik ketika kuda besi melibas aspal licin…

Kejadian baru seminggu yang lalu. Menurut penuturannya, Tomi waktu itu sedang mengawal rombongan salah satu menteri dengan rute Jakarta-Bogor. Posisi paling depan (2 BM) serta sebuah sedan Patwal mengiringi dibelakangnya. Sesampai ditol Ciawi, tiba-tiba BM Yamahanya tergelincir. Roda depan lost grip….tak ayal kuda besi tersungkur dan tubuhnya terpelanting bergulingan diaspal. Dia hanya bisa pasrah…..terlihat didepan mata, motor Yamaha XJ900P sampai berputar beberapa kali. Untung kecepatan hanya sekitar 70km/jam. Baju dan celana jebol dan robek. Siku, lutut serta dagu berdarah tergerus aspal. Untung seluruh rekannya segera membantu. Ajaibnya…BM tunggangannya hanya lecet sedikit tanpa rusak serius….

iklan iwb

Atas kejadian diatas bisa disimpulkan bahwa nyawa seorang polisi BM ternyata begitu riskan. sebab sekali jatuh dampaknya bisa sangat fatal. Untung insiden dikecepatan rendah. Piye kalau diatas 90km/jam. Bisa jadi ikan pepes. Iyo to..?? Hal tidak diduga sering menimpa siapa saja, tidak terkecuali petugas lalu lintas sekalipun. Luka dilutut, siku serta dagu tidak akan terjadi jika mereka dibekali helm full face, elbow dan knee protector.? Sebab semakin maksimal proteksi dampak cedera juga bakal minim. Coba mzbro lirik rekan-rekan kita yang suka turing. Pasti 3 faktor tersebut sangat diperhatikan. Lha polisi..?? Hanya jaket kulit serta helm half face..!! Bisa dibayangkan kalau terjadi kecelakaan. Anyway….inilah fakta menarik yang terjadi. Sayang pak polisi kurang jeli pada sisi ini. Cuma…..membayangkan, lucu juga sih kalau BM patroli memakai helm full face plus elbow dan knee protector. Ya nggak bro….. 😆 (iwb)

17 COMMENTS

  1. bener juga mas bro, kadang2 heran kok polisi cuma pake kemeja lengan panjang dan rompi, apa karena dipikirnya skill mengemudi da diatas rata2 trus pake strobo&sirine da safety ya??

    BTW jadi pingin beli knee protector nabung d ulu ah 😀

  2. klo polisinya ganas dan suka cari” kesalahan biker dijalan,byarin aja,malah disumpahin byar mokat sekalian.

  3. padahal dah ada kan jaket yg terselip elbow dan shoulder protector didalemnya?
    ada juga kan boot panjang yg nutup sampe dengkul dilengkapi knee protector?
    sudah ada juga kan helm fullface yg chin protectornya bisa ikut terangkat?

    Mindsetnya aja yg memang perlu diperbaiki..
    Ngenes juga lihat demo polantas freesyle diatas mogenya cuma berbekal helm halfface dan sarung tangan..

  4. bikin sim jngan pake biro jasa, lw prlu law bikin dipermudah n biaya sesuai tarif…,n jngan nilang smbarangan….

  5. Yang lebih penting lagi, selalu berdoa kepadaNya sebelum naik kuda besi, agar selalu diberi keselamatan selama dalam perjalanan.

Comments are closed.