iklan iwb
iklan iwb

Siapa yang nggak seneng melihat barang baru. Siapa yang tidak percaya dengan mekanik. Apalagi kalau bikernya cewek yang tidak tahu menahu soal mesin. Pokoke manut wae disuruh ganti ini itu. Emange ono opo sih..??

Adik perempuan…Dewi habis nyervis tunggangan disebuah dealer. Motornya SupraX125 lansiran 2006. Dengan raut muka merah karena menahan panasnya cuaca, lady biker ini langsung nerocos. ” Mas…piye to iki. Motorku mari diservis mesine koq malah kasar….koyok suoro disel!!” (mas…gimana sih motor habis diservis koq malah kasar seperti suara diesel?? red). Setelah melakukan sedikit investigasi dan interview, baru diketahui bahwa oli mesin SupraXnya diganti dengan MPX1…pelumas terbaru Honda. Oalah pantesan wae jadi kasar. Konyolnya menurut Dewi, semua atas rekomendasi  sang mekanik. Mereka meyakinkan bahwa Oli MPX1 lebih bagus karena merupakan oli terbaru buatan AHM. Hasilnya Dewi keblinger dan percaya aja. Oalahhhh……kepriye to?! Mekaniknya yang dodol atau pura-pura tidak tahu..??

MPX1 mempunyai SAE yang sangat encer yaitu 10W/30. Bandingkan dengan oli lain yang rata-rata bermain di SAE 10W/40 atau 20W/50. Pada oli encer macam MPX1…kelebihan paling menonjol adalah kemampuannya dalam melumasi bagian paling sempit sekalipun. Karena sifat encernya pula otomatis tidak membebani kinerja  pompa mesin. Alhasil lari motor makin ngacir plus irit konsumsi bahan bakar. Lha berarti betul dong lebih bagus!!….Bisa iya dan tidak. Maksude kepriye to..??

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Gini mzbro. Buat engine keluaran baru oli MPX1 memang sangat direkomendasikan. Sebab pencangkokan setiap detil part sudah dibuat sedemikian presisi/rapat. Contohnya Honda Revo 110 dan Blade 110. Makanya jika mzbro intip buku panduan, pasti pabrikan menyarankan kedua oli tersebut untuk diaplikasi dikedua itik. Sementara tidak bagi mesin lawas yang kebanyakan menggunakan oli dengan SAE 20w/50 atau 15W/40. Dengan kata lain..keuntungan akan didapatkan kalau MPX1 digunakan pada Revo 110 & Blade 110. Sedangkan jika motor lawas  mesin jadi lebih kasar dan cenderung timbul vibrasi pada engine. Lawong kerengangan partnya aja beda!! terus boleh nggak sih kalau Revo atau Blade dipaksa memakai oli lebih kental??….eitt, jangan coba-coba. Soalnya dijamin mesin kuda besi bakal tidak maksimal kinerjanya. Bisa dirasakan dari lari yang berat serta bensin malah makin boros. So mybro….be smart untuk memilih oli yang tepat buat tunggangan sampeyan.  Dan sekali lagi rekomendasi pabrikanlah yang bisa dijadikan rujukan terpercaya. Ora usah neko-neko ganti SAE, ketimbang malah tidak sesuai harapan. Semoga berguna….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!