iklan iwb
iklan iwb

Rasa kagum tidak habis-habisnya jika mzbro memperhatikan motor-motor tua yang muncul pada gelaran Honda bikers day 2010 Desember silam. Padahal jalanan menuju kelokasi merupakan tanjakan curam tapi mesin tuanya mampu menaklukkan. Mulai dari Honda CB100, C70, C90 dll tumplek blek diacara akbar tersebut. Bukti mesin Honda emang yahud..??

Bisa jadi…!!! keawetan engine pabrikan sayap mengepak tidak ada yang mengingkari. Terserah orang mau bilang mesin jadul tapi begitulah kenyataannya. Walau ada sebagian mesin sudah diganti dengan Astrea Prima…tetap nuansa klasik masih begitu kental. Disinyalir sisi itulah kelebihan Honda. Kejam memang…tapi menguntungkan. Lho koq kejam..?? lawong kanibalisme 😆 . Miripnya tipe dan part yang terbenam dimasing-masing produk Honda menjadikan strong point yang tidak bisa diingkari. Faktor tersebut jadi satu penunjang umur mesin disamping kualitas itu sendiri. Ada satu kuda besi yang menarik perhatian saya kala itu adalah keberadaan Honda C90 yang begitu masih orisinil. Mulai dari tanki, mesin, speedometer, panel stang, serta emblem produk….mengingatkan kita akan masa keemasan sang kuda besi. Hanya oleh siempu motor dicat ulang supaya lebih ngejreng. Sayang saya tidak sempat mengorek informasi lebih jauh  tentang siC90….

Ada lagi testimoni seorang tukang ojek satu kampung. Doi sudah 10 tahun menunggangi SupraX tanpa ada keluhan berarti. Nylenehnya kalau lagi bokek….tuh motor sering dijejali dengan olie gardan buat mesinnya. Hasilnya..?? tetap jalan mzzzzz…..(ngawur euy!). Turun mesin…?? menurut pengakuan tidak juga. Terbukti rentang periode penggantian part normal aja. Tercatat hanya rantai keteng dan kampas kopling setiap 2-3 tahun sekali. Waladalah!! mosok sih..?? yup itu fakta tanpa rekayasa. Masak tukang ojek mau berbohong. Buat apa..??. Secara pribadi saya memang sudah merasakan ketangguhan mesin sayap  mengepak. Dulu tahun 2002  menunggangi Megy pulang kampung dari Jakarta keSurabaya….jarak sekitar 860km. Berangkat jam 01.00 dini hari sampai dirumah jam 20.00 malam. Istirahat hanya 4 kali, ngisi bensin dan makan (lebih kurang 15menit). Tiba diSurabaya badan remek habis!!! nenggak Krating Daeng 2 botol telah dijalani…doping bro!!

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tapi tidak dengan kuda besi. Loyo badan tidak dibarengi dengan loyonya siMegy. Sejak dari Jawa Tengah mesin malah nyaris tanpa suara….halus bertenaga. Melewati hawa dingin, sejuk, panas dan hujan dilibas tanpa keluhan. Lho kalau puas kenapa pindah merk..?? yah namanya aja mencoba. Dari sinilah nanti kita akan tahu secara langsung kelebihan dan kekurangan masing-masing merk….bukan katanya. Iyo ra mzbro!!?? Dari ulasan singkat diatas kita bisa simpulkan bahwa mesin Honda emang ajib. Gimana dengan sekarang..??? Semoga saja masih tetap seperti dulu. Menurut mzbro semua…?? (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!