Sebagai biker kita sering kali dibuat jengkel oleh ketidak pedulian mekanik akan kelengkapan baut tunggangan kita. Kendati masalah sepele namun dari hal kecil tersebut bisa mengurangi tingkat kepuasan pelayanan….

Mau mekaniknya jago mengoprek motor….tapi jika memasang baut seenak udele dewe dijamin hati bakal nggrundel. Pengalaman tersebut pernah saya alami pada motor lawas. Baut cover karburator pabrikan yang sebelumnya berkualitas bagus serta mempunyai bentul visual menarik, telah berubah wujud menjadi coklat berkarat. Bener-bener jelekkkk banget. Kejadian pasca servis….dan kesalnya penggantian tanpa ada informasi ataupun konfirmasi sebelumnya.  Selidik punya selidik sang mekanik akhirnya mengakui kalau baut yang dimaksud hilang tidak ketemu. Masih beruntung motor laki bautnya sedikit. Gimana kalau model bebek..?! bisa perang badar jika berubah semua :lol:. Pada umumnya kebiasaan yang sudah jalan adalah melempar part pengencang tersebut kedalam ember bensin. Wis bisa ditebak…kemungkinan tercecer sangat besar. Terus gimana mengakalinya…??

Yup….kini ada beberapa bengkel yang sudah dibekali dengan ember magnetik buat mengamankan berbagai part motor yang berasal dari besi. Kebetulan saya menjumpai disalah satu bengkel besar. Terlihat kerja mekanik begitu rapi. Mulai dari kunci kontak, baut-baut copotan serta kunci kontak ditempelkan padanya. Mau digoyang, dipindah tidak bergeming dari tempatnya. Ketika diperhatikan mangkuk magnet itu bermerk KTC.  Setelah semuanya kelar baru para mekanik tersebut mengambil semuanya satu persatu guna dipasang kembali kekuda besi. Hhhmmm…..boleh juga tuh.  Coba semua bengkel dibekali mangkuk magnet seperti itu. Pasti baut hilang bisa diminimize. Yo ra mzbro…….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

16 COMMENTS

  1. Tu makanya saya lebih puas serpis tunggangan sendiri Mz Bro..
    Alhmdllh, di samping banyak waktu saya yg luar tulkit jg cukup..
    PISS..

  2. Soal wadah..
    Ane dulu (diPabrik) pake bak plastik yg tinggi.

    kalo pake baskom magnetik malah jadi tempat sampah Logam. (serbuk besi doyan nongkrong d tmpat begituan..)

    anyway, jempol dah buat tuh bengkel…

  3. bener banget mas bro. Dulu si mungil mio saya sering banget ngalami hal kaya gini. Mending klo diganti sama yg lebih butut, saya pernah ngalami jumlah baut CVT cuma 3/4 dari yg seharusnya. Malah sempet su’uzon klo tuh baut dicomot sama mekaniknya buat dijual lagi:P

  4. Hal2 kyk gini mah udah biasa terjadi di bengkel2 bahkan bengkel resmi. Capenya lagi kalo pas ke bengkel yg tidak memperbolehkan konsumen masuk. Saya aja sering berburuk sangka jadinya, seperti pas mau ganti oli/busi/spare-part, sering kepikiran kalo mekaniknya bener2 gantiin gak ya, atau cuma diakalin dan yg baru disimpen buat dijual lagi. Wajar dong mikir yg gak2, wong kita kaga bisa ngawasin kerjaan mekanik.
    Sering juga kejadian baut2 kaga dikencengin yg cukup, jadinya tau2 itu baut copot & hilang begitu aja. Temen saya aja pernah ngalamin ganti komponen streering mobilnya di bengkel A**o2**0 kedapatan 2 baut kaga terpasang, msh mending kaga kenceng, ini nihil alias kaga dipasang. Ketahuannya gara2 pas dibawa kok bunyi2. Akhirnya balik lagi ke bengkel utk dicek dan ternyata ada 2 baut gak kepasang. Kepala mekaniknya cuma bilang ‘maaf’. Lha kalo gara2 kejadian kyk begini, konsumen jadi dapat celaka gimana?
    Emang sih amat lbh baik kita yg punya kendaraan yg ngawasin langsung deh kerjaan tuh mekanik, lbh afdol rasanya 😉

  5. @ Idog
    Berarti ada plus minusnya ya mzbro…
    @ Hourex
    Betul mzbro. Setuju…
    @ Angga
    Wah…disinyalir jd males lg nyervis kesitu…
    @ Kodok
    Saya sendiri krng suka sama bengkel yg memberlakukan aturan kyk gitu. Asli mending cari bengkel lain….klo bisa sih emng mending diservis sendiri kyk bro hourex. mantep tuh…

  6. profesional bnget tuh….bengkel resmi kwak aja rata2 bautnya masi dilempar ke eemmmmbbeeerrrrrrrrrrrr

  7. @ Addien
    Bengkel Yamaha didaerah Depok mzbro…
    @ Elsabarto
    Hhmmm disinyalir bro Elsa puas nih….
    @ Asmarantaka & bebek
    Yup…betul mzbro…
    @ Hourex
    Bisa aja mz mul, dadi kelingan es kelapa muda wkwkwkwk……

  8. ya betul…. profesionalisme atau tidak seorang mekanik kita bisa melihat cara memperlakukan baut apakan mengencangkan semaksimal2nya sehingga orng lain nggak bisa buka, dan malah bikin kepala baut rusak…apakah menggunakan spesial tool untuk menangani kasus tertentu … di sana letaknya.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama