Kalau orang tidak tahu, dijamin mata bakal meleng akibat bentuk kuda besi yang gahar. Begitupun saya pribadi. Ketika pulang kerja melewati dealer motor gado-gado, disitu terlihat penampakan motor berfairing begitu gagah dan seram dengan lambang monster dikiri kanannya…….

Begitu didekati….jebule motor lokal.  Yup….motor yang saya maksud adalah Prisma Monstrac SBK250. Merupakan rakitan lokal  (PT Maju Bersama Surya Indah Motor) dengan bentuk layaknya motor GSX600. Lekuk-lekuk desain begitu berotot. Mulai dari sasis deltabox, fairing ala moge hingga split seater….betul-betul mendongkrak penampilan. Sayang mesin yang digendong hanya berteknologi SOHC air cool 5 speed. Tapi jangan salah kubikasi 250ccnya (aktual 232cc) sudah dilengkapi engine balancer sehingga minim vibrasi plus output power  16hp/7500rpm torsi 18nm/6000rpm. Lumayan kan..??!! kompresi mesinnya sendiri tidak bikin kantong bolong…alias premium aja cukup. Lawong cuma 9 : 1…!! Yang bikin keder bannya mzbro!. SiPrisma Monstrac telah dilengkapi ban tubeless berukuran  depan 110/70-17, belakang 140/60-17…..gambot tenan euy!!. Berat keseluruhan kuda besi sekitar 142kg. Yang terakhir……..banderol harga. Walau merk lokal ternyata tidak menciutkan rasa pede pabrikan dengan membanderol hampir setara dengan Honda Tiger ataupun Ninja 150. Yaitu dikisaran 23-24 juta. Waladalah….murahhh amirrr (nyindir mode : ON). Yah…kalau memang pengen tongkrongan layaknya motor supersport, tanpa terlalu mempedulikan after sales service ataupun durability mesin, Prisma Monstrac SBK 250 bisa dijadikan pilihan. Lho kenapa seperti itu??….lawong mz penjaga dealer sendiri yang ngomong. “ Tongkrongan sih keren mas, tapi keawetan mesinnya nggak tahu deh!!” celetuknya membikin mental down para konsumen yang naksir sikuda besi. Jujur banget dan cenderung nyleneh jika menilik statusnya sebagai karyawan dealer. Yo wis langsung intip aja penampakan siPrisma Monstrac SBK 250 yg saya maksud. Setelah itu monggo dishare pendapat sampeyan semua….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

42 COMMENTS

  1. tongkrongannya mirip megeli dicampur ninja 150 ya mas bro? Lumayan keren sih, tp klo produsen lokal ga bs unggul di market segment, durability, & after sale service, mo main dimana lg? Ceruknya kan disitu doang, secara dari segi desain & jumlah cabang kalah telak dgn produsen lokal. Mungkin harus belajar dari bajaj & kawasaki. Cmiiw.

  2. @ Triyanto
    Iyo mas…jualannya nggak niat!!!
    @ Febrian
    DiCisalak Depok mzbro…..
    @ Angga
    Dari desain para produsen lokal sebenarnya sangat loyal dan mengerti akan keinginan konsumen yg suka motor gahar. Sayang dari sekto QC masih jauh dari harapan….

  3. wah, mental sales-nya perlu dipertanyakan tuh…gimanapun buruknya produk, ya harus loyal dunk…
    model sip, buat yang mbeli, ntar kalo mesin dah loyo, dicangkok engine tagor aja.. :mrgreen:

  4. saya pikir bagus kok langkah yang ditempuh sales itu dengan ngomong apa adanya. jadi kalo emang ada konsumen yang benar-benar pengen beli, dia sudah diperingatin to n mungkin saja konsumen itu suka ngoprek2 mesin. jadi ntar diganti ini, itu, semuanya. daripada dia bilang, ini bagus semua bagus ternyata kualitasnya nol besar.

  5. brarti kalah jauh dong ma the big three ninja-CBR-megelli… yang diatas 24hp….
    dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/17/kehebatan-dua-hurup-honda-rc/

  6. Buatan lokal…? Setahu saya kok monstrac tuh produk impor… Di Solo dipegang oleh dealer Viar (barat Mangkunegaran). Pas saya ke sana ada dua unit, satu hitam, satunya lagi ijo model Kawasaki. Keren lah… Menurut yang jaga, 1 unit lagi sudah diboyong (orang Solo juga)…

  7. Ambil Minerva aja kaga berani, apalagi yg ini, kudu mikir berkali2 deh, hehehe… 😉
    Bisa bikin motor, tapi kalo bikinnya asal jadi dan gak mikir pelayanan & jaminan after-sales utk konsumen ke depannya, gimana bisa jualan? Konsumen juga pada takut kali beli produknya. Sama aja dgn buang duit ke laut, ya gak?
    Saya pribadi sih salut ada produk motor lokal, tapi kenapa gak ditangani dgn lbh serius segala aspek yg bersangkutan, jadinya produsen lokal terkesan berjalan di tempat aja, gak ada kemajuan yg berarti.

  8. Di daerah saya di pasar baru juga ada dealer jetwin mas modelnya street fighter cc250 2 cylinder,harganya cuma Rp 21.8jt,cuma sayang bengkelnya kagak ada jd cuma jualan doang.

  9. ini motor aslinya shineray chief (mocin), pernah dibahas di warung ijo sebelumnya, dan pernah saya posting di serayamotor.com pada bulan april 2009 dan saya repost di mocinrider.wordpress.com/2010/03/04/monstrac-sbk-250/. motor ini mengambil basis dari motor sport naked korea Daelim Roadwin 125 (disini kanzen roadwin) yang diproduksi juga oleh shineray dengan judul shineray Roadwind 125. Jika dibandingkan sekilas maka kita akan melihat bahwa motor ini adalah Daelim roadwin diberi fairing. Daelim sendiri memproduksi motor berfairing dalam dua varian yaitu Roadwin R125 & R250, namun jauh berbeda dengan Shineray Chief a.k.a. Monstrac SBK 250. Daelim Roadwin R125&R250 sudah mengadopsi mesinDOHC berpendingin cairan, dan disain fairing yang berbeda dengan Monstrac SBK250.

  10. tu motor cma jual tampang…motor 250 tenaganya segitu…lalupasang stiker monster enery nya bayar brp ya sama produsen nya diinggris sana y??

  11. dari segi tamoilan menag jauh dengan cbr250
    tpi dengan mesin 16hp klah tu ama yamaha byson
    n harnya masih diatas v-xion lagi
    kyaxnya klao cman buat koleksi n d pajang d rumah tu boleh tuh gantiin ninja250r n megeeli nya
    hehehehehehe
    mending ambil new jupitr mx dh jelas ke awetan mesinnya
    heheheheh

  12. wktu itu prnah dteng ke dealer monstrac di dewi sartika depok.. yaa tertarik siih trus katanya 2012 ini udah ada model baru n lebih bagus. mngkin udah di perbaiki kaya minerva n megelli.. tpi masih ragu juga sih klo mau ngambil.. d web juga infonya masih sedikit banget

  13. 250cc 16hp? konsusi bbmnya gmna tuh?
    dan dgn 16hp bobot hampir sma am p180 larinya kyk gmna?jgn kn am p180, ama p135 aj kyknya lewat.krna wlopun 135 cm dpet di +-15hp, tpi bobotnya gk smpe 120-an..

  14. Assalamualaikum wr.wrb.salam sejahtera brother.sdh 5th ane tunggangi tuh kuda besi sbk 250cc.sampai saat ini aman2saja tuh.gk pernah ngadat.mesinnya jg msih oke.dan yg pasti tongkrongannya itu loh.yg bikin orang2 sebelah berpikir ini moge built up diatas 250cc.

  15. Bner bro mesinnya bandel juga.. Dari awal gw beli gk pernah ngoprek2 mesin..! Bensin lumayan irit.. dan masalah lari larian juga oke tuh!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here