iklan iwb
iklan iwb

Jujur saya berdecak kagum atas prestasi anak bangsa dalam mendandani Byson. Gen FZ16 ini langsung berubah makin cakep kendati ubahan terbilang minim. Kalau dibandingkan dengan biker India…Jauhhhhh pol mzbro!!!

Boleh saja India sarangnya motorsport. Namun kalau membicarakan kreatifitas mereka kudu belajar kepada para modifikator kita. Coba brother sambangi atau cari dari mbah google modifikasi FZ16….hasilnya biasa-biasa saja alias tidak terlalu istimewa. Paling kita hanya menemukan modifikator atau tuning house dari Daytona. Yah…kalau itu sih nggak usah heran lawong spesialis khusus dari Jepang. Sedangkan Byson yang baru berumur 4 bulan mengaspal ditanah¬† air….sudah bermunculan hasil-hasil modifikasi mencengangkan. Diramu oleh modifikator rumahan…kalau bahasa kerennya home industri. Tapi hasil…lumayan bikin geleng-geleng kepala. Oke sebagai contoh lihat foto-fot0 dibawah…..

Motor diatas sudah pernah nampang dimajalah otomotif roda dua tanah air. Dengan dibantu oleh LENT Automodified…sang modifikator melengserkan rear lamp yang berada dispatbor dan dipindah kebody belakang seperti lazimnya motorsport tanah air. Kesan nungging sangat terasa…..apalagi kalau malam hari, sebab tahu sendiri jika malam kesan deprok sangat mengurangi gagahnya Byson akibat design lampu belakang yang terlalu kebawah. Biar menambah keren rear lamp regular diganti LED type layaknya Pulsar. Tanki juga dipermak menjadi lebih besar lagi. Untuk mengimbangi gambotnya tanki maka mesin depan dipasang engine cover. Secara total untuk bodykit habis 2,5juta. Itu diluar rem cakram belakang, sproket gear serta ban depan belakang.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kendati minim ubahan, Byson diatas terasa sangat beda berkat touching stiker pada keseluruhan bodynya. Dikerjakan oleh anak Solo…hasilnya sangat halus dan kelihatan rapi. Dari sisi sikebo…body hanya ditambah cover engine (350ribu), cover shock (150ribu) berbahan fiber. Selebihnya pemindahan plat nomor dari head lamp kebawah lampu….

Sedangkan Byson diatas konsep¬† mirip dengan Byson pertama. Hanya saja dari sisi shroud tanki diubah desainnya supaya kelihatan menyatu dengan cover engine dibawahnya. Striping bawaaan dilengserkan untuk menambah kesan dinamis dan elegan. Hasilnya….mantap!!!

Setelah warna putih ternyata Byson merah juga tidak mau kalah. Bro Affan sang owner nampaknya sudah gatal kendati plat nomer belum turun. Maka rupa Byson langsung diubah. Terlihat jelas sproket gear sudah mengadopsi Sinnob. Ban juga makin besar dengan ukuran depan: 120/60, dan belakang: 150/60 BT 90. Yah…paling tidak untuk menebus ban saja 2,8juta……Battlax gitu loh. Berturut-turut…gold handgrip, kondom knalpot karbon serta jok tidak luput dari sentuhan. Biayanya mahal dong ya..?? pastinya. Namun kepuasan tidak bisa dinilai dengan uang mungkin berlaku disini…..

Semua image diatas saya dapatkan dari Yamaha Byson fun club. Rata-rata para brother Byson ternyata tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menghasilkan tampang tunggangan tambah cakep seperti gambar diatas. Berkisar antara 1 – 4juta…..cost kecil untuk hasil maksimal. Semua tentu berkat jasa para rumah modifikator ulung tanah air. Tercatat ada 2 bengkel yang disebut-sebut oleh para brother kita yaitu LENT Automodified dan Gwan motor. Kalau ingin tahu lebih jauh tentang kedua bengkel, bisa minta bantuan mbah Google aja. Nah….percayakan sekarang kalau racun Byson makin menggila. Modifikator India…??? putus bleh!!!!…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!