iklan iwb
iklan iwb

Kiblat motorsport saat ini adalah India……merupakan fakta yang tidak bisa dipungkiri. Mau ATPM teriak-teriak mengingkarinya…bakal percuma. Lawong realita berbicara. Kendati ada beberapa motorsport produksi dari Thailand, seperti CBR contohnya…tidak bakal serta merta menghapus keyakinan  opini tersebut…

Contoh kongkret sudah kita rasakan  seperti kemunculan Honda Dazzler alias New Megapro kemudian FZ16 aka Byson dipasar roda dua tanah air. Belum lagi tren makin diterimanya produk negeri sungai gangga lewat Pulsar series. Contoh-contoh kecil tersebut sebenarnya merupakan sinyal keterikatan kontak batin antara pabrikan India dengan ATPM Indonesia.  Ditambah kalau kita tengok dari segi efisiensi cost atau biaya proses R & D  bakal banyak dipangkas. Toh durability serta sambutan pasar juga sudah teruji disana. Sehingga mendatangkan produk India guna memperkuat barisan pasukan masing-masing ATPM sangat mungkin terjadi. Artinya apa..?? ……dalam kacamata pribadi, jika penjualan CBR150 sukses dipasaran nantinya….saya yakin YMKI tidak bakal berdiam diri. Suatu langkah terobosan untuk mengganjal pergerakan pasti akan dilakukan. Semua tergantung kondisi pemasaran CBR150r tentunya. Lho maksudnya..??

Gini brother…jika CBR150 didatangkan secara utuh atau BU layaknya PCX , bisa jadi YMKI  mengcounter dengan langkah serupa. Lewat manuver tersebut maka possibility mendatangkan R15 akan sangat terbuka. Kenapa..?? karena kalau Honda mendatangkan produknya secara BU….harga R15 bakal mampu bersaing dengan CBR150r. Disisi produksi juga tidak akan membebani kapasitas pabrik. Lawong YMKI tinggal mendatangkan secara utuh dari India. Namun strategi ini bakal buyar kalau AHM melakukan CKD CBR150r sebab banderol harga pasti jauh  lebih murah. Otomatis R15 dengan kondisi BU akan terlalu mahal jika diadu melawan CBR CKD. Mau maksain diri dengan menCKD R15 tidak mungkin….lawong kapasitas pabrik sudah mentok. Boro-boro ngurusin CKD R15….melayani permintaan Byson saja keteteran. Sehingga mau tidak mau pabrikan garputala hanya bisa mengandalkan produk lokal yang sudah ada…..siapa lagi kalau bukan Vixion. Tapi dengan kondisi Vixie sekarang  tentunya bukan lawan CBR150r. Upgrade spek mesin layaknya R15 (6 speed) hingga 17hp kudu dilakukan, ditambah sedikit revisi body dan banderol dipatok jauh lebih murah ketimbang CBR150…baru taring akan keluar. Jadi saya yakin pabrikan garputala sudah memikirkan jauh hari tentang segala kemungkinan yang bisa dilakukan. Sekali lagi…….mendatangkan Yamaha YZF – R15 tidak tertutup sama sekali. Semua tergantung perkembangan gerakan lawan dan kondisi pasar. Anyway…ini hanya analisa pribadi. Lebih baik mari kita buktikan sama-sama. Ocreee……(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleApakah Suzuki Axelo bisa memperbaiki penjualan Shogun lawas..??
Next articleRacun modif Byson makin gila euy..!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!