iklan iwb
iklan iwb

Tidak percuma segala daya upaya dilakukan Honda dalam menggempur eksistensi Yamaha Mio. Setelah berturut-turut menelurkan skubek pada tahun 2010…kini pangsa pasar  matic Honda mampu memperpendek gap dengan Yamaha secara siknifikan….

Ketika hanya mempunyai Vario series Honda seperti tiada gigi melawan Mio. Tercatat penjualan 2009 Yamaha begitu perkasa dengan record selisih penjualan sekitar 350ribuan unit terhadap Honda. Namun pada tahun 2010 gap mampu dipangkas oleh squad matic AHM hingga hanya tertinggal 130ribuan unit. Peningkatan ini terbilang sangat signifikan….100% lebih jika dibandingkan dengan tahun lalu. Semua tidak lepas dari usaha kerasa AHM dalam memanjakan konsumen dengan penyediaan berbagai produk matic dari low end (Beat) hingga high end (PCX 125). Belum lagi siretro Scoopy yang begitu digandrungi oleh para biker segala usia. Dari sumber yang diperoleh market share matic secara total adalah 45,1% atau setara 3,097unit. Dengan detil penjualan 1,541,543 unit dibukukan oleh Yamaha sedangkan Honda 1,411,608 unit selebihnya porsi buat Suzuki sebagai pabrikan Jepang yang juga terlibat dalam panasnya market matic tanah air….

Jika kita cermati hitung-hitungan diatas, lengsernya dominasi Yamaha atas produk matic hanya tinggal menunggu waktu. Keagresifan Honda kudu direspon cepat oleh pabrikan garputala sebelum terlambat. Momentum gap yang kini hanya 130ribuan merupakan sinyal warning. Sudah terbukti penjualan Mio series lewat Sporty dan Soul makin didekati barisan pasukan Honda. Apalagi Xeon ternyata kurang berotot dalam membantu peperangan berdarah ini. Terus apa yang harus dilakukan Yamaha..?? setidaknya YMKI harus melek dan sadar bahwa produk retro sekarang memang menjadi buruan konsumen. Bisa dilihat fakta indent Scoopy yang mengular. Jangan terlena kebanyakan pertimbangan. Lawong teman-teman dekat saya  yang loyal terhadap matic Yamaha aja pada pindah keHonda gara-gara kesengsem Scoopy. Opo ora edan..!!! Ketika ditanya…Lho tumben pindah merk Honda..?? jawabnya ,”…Terpaksa bro, habisnya Yamaha nggak jual Fino sih?!..100% jawaban mereka sama. Yup…ini realita. As matter of design, loyalitas terkoyak. Mau mesin sami mawon ora peduli yang penting cover sesuai keinginan. Inilah uniknya konsumen tanah air. Dan silahkan para pakar dedengkot YMKI melakukan market research kemudian menyimpulkan semuanya.  Mumpung lembaran baru dimulai. Sebab ingat….musuh sudah semakin mendekati benteng. Ancaman matic Honda telah nyata didepan mata. Waspadalah…waspadalah Yamaha……..(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleAMG akan menjadi sponsor utama Ducati factory??
Next articleHarus diakui jiwa Rossi ada pada setiap biker…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!