iklan iwb
iklan iwb

Brother….semua pasti sudah pada tahu tentang motor bebek anyar dari Suzuki. Siapa kalau bukan Shogun Axelo….penerus klan Shogun yang begitu melegenda. Seperti apa sih Axelo…???

Pertama kali kemunculannya tahun 1996…Shogun tidak langsung sukses. Dengan bentuk yang masih mengadopsi Tornado 110 (2tak) membuat konsumen seakan bosan dengan desain yang disuguhkan. Tahu akan kondisi tersebut tahun 2002 SIS merombak total menjadi lebih imut dan menarik (2002). Alhasil bebek Suzuki ini langsung menjadi favorit para biker tanah air. Body ramping, handling dan tenaga mumpuni adalah salah satu faktor suksesnya sang Shogun generasi awal. Namun prestasi langsung melorot ketika SIS mengupgrade kubikasi menjadi 125cc (tahun 2004). Segala prediksi mereka salah sebab peningkatan kapasitas tidak serta  merta membuat  mesin Shogun menjadi makin garang. Malah banyak keluhan diShogun generasi kedua khususnya dalam hal performa serta kelincahan. Diperparah konsumen kurang menyukasi desainnya yang terlalu besar dan kaku. Untuk menjawab gagalnya generasi kedua, SIS berusaha merevisi dengan merilis Shogun versi double disk (2006-2007). Respon konsumen??…tetap adem tak bergeming. Maka tahun 2008 SIS kembali memperbaharui bentuk Shogun dengan pemindahan lampu sein kebagian tebeng. Tak lupa varian injeksi juga disediakan bagi konsumen yang melek teknologi. Dengan embel-embel SP (Sport Production) bagi penyuka kecepatan maka Shogun sedikit bisa mengambil hati konsumen. Mereka percaya dengan gebrakannya tersebut akan membuat penjualan Shogun kembali bersinar. Tapi sekali lagi harus diakui evolusi yang dilakukan tim SIS belum bisa dikatakan sukses. Penjualannya masih kalah bersinar dibanding sang adik…Smash Titan.  Untuk sedikit merefresh sang Shogun berikut regenerasi yang dilakukan sejak awal kemunculannya pada tahun 2000….

Shogun 110 (tahun 1996)

iklan iwb
iklan iwb

Shogun 110 (tahun 2002)

Shogun 125 (tahun 2003)

Shogun 125 (tahun 2004)

Shogun 125 (tahun 2006)

Shogun 125 (tahun 2008)

Shogun 125 (tahun 2009)

Kini harapan besar kembali muncul dikubu Suzuki. Tahun 2011 seakan momentum sempurna untuk memulai masa paceklik penjualan Suzuki Shogun. Dengan penambahan nama baru dibelakang sang lengendaris…Axelo, Suzuki berharap kutukan suramnya penjualan bebek premium akan sirna.  Pak Joko Utomo (Deputy GM Marketing 2w) pria ramah asli Probolinggo Jawa timur ini mengungkapkan Axelo diambil dari kata Axe sama dengan Acceleration..sedangkan lo berarti low emission. Sehingga muncullah kata Axelo (kreatif juga SIS 😆 ). Digabung menjadi Shogun Axelo….sikencang yang ramah lingkungan. Axelo mendapatkan beberapa sentuhan disektor dapur pacu. Tercatat limiter CDI dimundurkan membuat mesin bisa bergasing makin tinggi. Perbaikan juga dilakukan pada sistem transmisi menjadikan accelerasi makin yahud dibanding versi lawas. Engine balancer tuk mengurangi vibrasi tak lupa disematkan pada mesin….

Dari sisi desain kini Shogun Axelo berbentuk lebih runcing dan modern.  Fitur lain….untuk membuka jok para brother bisa langsung dari kunci kontak tanpa harus cabut lagi. Kapasitas penyimpan barang dibawah jok diklaim hingga 7liter (saingan sama Skywave dong yak!). Satu fitur yang belum dimiliki oleh produk pabrikan lain yaitu automatic headlight on merupakan bentuk safety features yang merujuk dari undang-undang lalu lintas no. 22 tahun 2009 (Hhmm…… siap-siap sedia lampu utama sama aki nih 😆 ). Axelo akan dirilis secara resmi pada tanggal 28 Januari 2011.  banderol harga bervariasi dari 13,8 (disk brake depan) hingga 14,7 (double disk brake). Sedangkan versi kopling (manual) dilepas pada kisaran angka 15juta. FI atau injeksi tidak akan kita jumpai lagi pada Shogun Axelo. Hal ini berdasarkan pertimbangan kurang bersinarnya penjualan Shogun injeksi yang pernah ada.  Irit nggak sih Shogun Axelo..?? ini yang harus dibuktikan dulu. Kalau soal tenaga jangan diragukan. Khas Suzuki pastinya. Jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya……..(iwb)

Noted : Axelo image by dapurpacu

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

39 COMMENTS

  1. Wah..
    kok produknya tambah aneh aja nih suzuki
    pakai nama “Axelo” segala,Desain Speedometer nya yang tidak jelas…
    Jujur Saya Masih Lebih Senang Sama Brand “Shogun” Nya..

  2. Ralat mas…Shogun 110 bodi suziku ternoda (shogun kebo) pertama kali muncul di tahun 1996. Lalu facelift dg iklan mamik di tahun 2000

  3. pengen melihat gebrakan suzuki yang kian makin sedikit penggemar nya di medan dan sekitarnya..

    btw mzbro soal automatic headlight on,bagaimana dgn lampu senja nya??so pasti dengan otomatis maka lampu senja nya akan ditiadakan??betul ga mzbro??

  4. – Desain Speedonya lumayan.
    – Desain sein depan kurang oke
    – Spatboar depan ilfil, bikin motor kurang sporty
    – Desain tengah ke belakang gak ‘ngimbangi’ desain tengah ke depan. (Bandingnya sama desain MX, yang depan belakang sangat ‘proporsional’)
    – Gak inovatif, malah mundur ke belakang dengan tidak menggunakan injeksi.

  5. @ Momod
    Thank u koreksinya mzbro. Sip….langsung saya revisi
    @Hourex
    Jiahh…mzbro hourex. Dah kayak siluman nongol sekilas doang hagagagag…

  6. Saya masih belom lupa tarikan ganas shogun 96 dulu kala , kayaknya shogun series sampe saat ini dari smash sampe shogun 125 pun gak ada yang bisa nandingin beringasnya mesin taon 96 itu …..

    Dulu ane punya shogun 110 new dan yang 125
    Yang 125 jelekkkk sekali tarikan nya , malah lebih bagus new 110 …. tapi tetep paling top adalah shogun 1996 …. kapan suzuki ngeluarin mesin spt taon 1996 itu lagi ??????

  7. Menurut sy model bebek suzuki yg msh mjd favorit sy yaitu satria 120 model hiu, dlu sy pernah mau ambil tp udah tdk diproduksi lagi pdhl tampilanya keren abis pd masanya dan performa mesin 6speednya yg tiada duanya mpe sekarang.

  8. beeeuuuu… kok gini sih, aku malah masih suka desain shogun yg sekarang… apalagi shogun sp, aaaaahhhh suzuki ni gimana sih? pengen ngebangun perusahaan atau ngancurin perusahaan sendiri?? inget woooyy… orang2 banyak yg kerja di perusahaan kamuu suzukkiiiiii…. why of life

  9. menurut sya shougun axeo lum,ayan sich tapi shogun lari kuranx kencenx amat gk bza nge lewatin mx,sma satria fu.,,padahal kan cc gk begitu jauh……,,shogun lari nya kaya supra x 125 harus di ayunz………??

  10. design-nya sih ga terlalu istimewa, tp mdh2an tertutup sama mesin yg mumpuni. Ane nih penggemar berat Shogun dari yg taon ’96. Klo bs sih Suzuki supaya mendongkrak penjualan bikin yg bnr2 unik & berani. Ingat aja waktu keluarin Satria jg Satria FU. Klo yg dibikin skr ane blg sih ga akan membuat konsumen melirik karena udh kalah image. Next time bikin double disk + mono shock, design bodynya jg bnr2 oke…

  11. kecewa berat setelah lihat wujud aslinya axelo terutama lampu belakang ama spakbornya yg super jelek skali, malah bagusan titan

  12. mungkin untuk mendongkrak pangsa pasar dari bebek suzuki,adalah dengan memperbaiki body yg tidak terkesan kaku dan montok,untuk cc sudah lumayan..kalau bisa revolusi dari fxr di keluarkan lgi,untuk bersaing dengan para kompetitor seperti byson,vixion&new mega pro.selamat bekerja team suzuki

  13. suzuki indonesia emg budek. gak mo dengerin selera konsumennya. kalo gak punya inovasi yahud, ya dengerin dong maunya penggemar. padahal sijuki selalu punya mesin2 generasi bagus. liat shogun kebo, satria hiu, satria fu. tuh, teknologi mesin fu, yamaha pun dibikin mimpi buruk. tapi karena promosinya payah dan sering ‘jeruk makan jeruk’ ya tetep rontok di pasaran…

  14. BOS pake Velg Putih Palang gede macam kesuksesan Shogun 110FD, kayanya nilai Plus, cz ditanah air belum dijumpai lagi Velg palang putih besar berkesan gagah setelah berakhirnya Shogun 110FD

  15. kl saya lebih suka sama suzuki tornado..mesinnya itu loh buandelnya..
    yg penting olsam jg sampe telat…

    apalagi suzuki tornado sudah ada komunitasnya…
    suzuki tornado club di panglima polim depan ace hardwere jak sel_sabtu pkl 21:00 wib
    gk cuma tornado saja ada sprinter,bravo,crystal dan tornado loh..:D

  16. apa yang salah dengan Axelo???
    pdahal menurutku bagus nih axelo, cuma kurangnya di spedometer aja, dan behel blakang yang kurang selaras dengan buritan.

  17. Saya punya shogun RR heemm mesin minim getar azelerasi oke banget….lawan MX 135 gaaakkk takut brroooo hehehe

    ane penasaran ama axelo R yg pke koplon manual…..cuma sayang sekali gue rasa axelo r masih mendin shogun sp desainya lebih keren

    tapi axelo pasti keren karena Axelo yg berarti Axeleratin Low Emition

  18. apa yang salah dengan ni motor????
    padahal designnya kalo diliat-liat keren juga.

    apa konsumen indonesia sudah terbiasa dengan model yg populer???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here