iklan iwb

Ini bukan dongeng ataupun khayalan. Semua sudah tahu bahwa motor listrik hingga saat ini masih mempunyai keterbatasan dalam berkompetisi melawan motor berbahan bakar bensin. Tapi tidak bagi Chip Yates, orang Amerika penyuka motor ini berhasil menciptakan motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 191hp. Edan tenan..!!

Motor listrik sudah dikenal sejak sejak lama. Namun pengembangan secara serius baru dilakukan lima tahun kebelakang. Harga minyak yang semakin tinggi ditambah ancaman menipisnya bahan bakar fosil memotivasi Yates untuk menciptakan motor listrik powerfull. Doi ingin membuktikan bahwa motor ramah lingkungan juga dapat melaju dengan kencang. Pangkal permasalahan yang dihadapi kebanyakan motor listrik adalah susahnya melakukan penyimpanan energy didalam sebuah baterei. Karena itulah bagi kawula muda Amerika motor listrik sama sekali tidak dilirik karena dirasa kurang bisa menjembatani adrenalin. Namun tidak bagi Yates. Doi mampu memecahkan didalam sebuah teknologi unik yang ditemukan olehnya. Sehingga motor listrik yang bisa melesat laksana peluru, tenaga terukur dan gampang dikembangkan sesuai kurva yang diinginkan bisa direalisasikan. Edannya pria paruh baya tersebut ingin motor buatannya berkompetisi dalam ajang Superbike melawan motor berbahan bakar bensin. ……..

Membalap untuk WERA Pirelli Sportsman Heavyweight Twins Superbike class,? Chip Yates akhirnya berhasil menciptakan motor listrik terkencang didunia. Mengambil frame sasis dari Suzuki GSX-R750, Yates memodifikasi total mesin hingga power mencapai 191hp tenaga listrik DC.? Edannya output torque motor meningkat drastis hingga 400Nm. Hasil tersebut ternyata tidak membuat doi puas sehingga Yates berencana meningkatkan power mesin tambahan 40hp. Dan dia yakin Februari 2011 cita-cita tersebut bakal bisa terwujud. Tenaga besar dibutuhkan perangkat suspensi dan rem mumpuni maka Brembo dan Ohlins dipilih sebagai penjinak kuda besi.? Apakah semua langsung bekerja sempurna..?? tidak !!. Ketika dilakukan uji coba dengan cara digeber 6 laps pada kecepatan penuh, tenaga listrik akan terkuras. Nggak kehabisan akal, maka Yates mempersenjatai tenaga motor dengan 102 cell baterei sebagai penyimpan energi serta teknologi KERS untuk efisiensi pengereman. Sayang semua jerih payahnya harus kandas ditengah jalan. ….

iklan iwb

Peraturan baru 2011 FIM ePower and TTXGP electric motorcycle racing championships mengharuskan bobot motor racing listrik tidak boleh lebih dari 250kg. Padahal saat ini motor buatan Yates beratnya mencapai 266kg. Menurut Yates rule baru tidak fair mengingat projectnya telah jalan jauh hari sebelum peraturan itu keluar. ” Jelas, kejuaraan ini hanya konsen dalam mempromosikan pengembangan Scooter, dan motor kami jauh lebih kencang serta maju dari motor listrik yang pernah ada lewat platform teknologi unik yang kami aplikasikan guna menantang motor racing berbahan bakar bensin…,” ungkapnya. Setidaknya apa yang dilakukan Yates telah merubah paradigma dunia tentang motor listrik. Dan menurut Chip Yates….cita-citanya untuk menantang motor bensin dalam adu kebut resmi masih menjadi hasratnya. So salut buat Chip Yates dan tim………(iwb)

Noted : Sumber Gizmoz

 

14 COMMENTS

  1. Mas Iwan, bukanya kebalik masalah torsi, motor listrik tu torsinya yg gede, dari awal dah langsung maksimal, begitu on langsung ngganjret cepat, torsi terbesar ada di rpm awal.
    masalahnya cma pada bgmn punya battery yg tahan lama n bisa nyimpen tenaga besar, mudah n cpt dicharge tentunya

  2. Nah listriknya dari tenaga matahari apa diesel/PLN??
    Klo diesel prcma donk!

    aiiefz.wordpress.com/2010/12/27/bop-banjar-otomotif-party/

Comments are closed.