iklan iwb
iklan iwb

Brother…semakin canggih sebuah teknologi ternyata malingpun akan makin canggih. Ibarat siswa…mereka mempelajari dimana titik lemah dari semuanya. Hal ini diakui oleh salah satu aparat kepolisian bahwa kini fitur yang dibangga-banggakan keamanannya ternyata bukan masalah lagi buat para curanmor. Waladalah….

Jangan heran kalau kendaraan sampeyan raib kendati sudah dikunci leher plus….magnet pengaman atau bahasa kerennya shutter magnet key. Sistem security terbaru dari pabrikan ini ternyata dianggap  cing-cai oleh para maling. Menurut bapak Santosa….polisi berumur 40 tahunan ini menceritakan bagaimana makin rapinya sindikat curanmor masa sekarang. Cara kerjanya yang terorganisir menyulitkan aparat dalam menemukan kendaraan hasil curian. Mereka sudah seperti perusahaan…ada bagian pemetik, penampung dan pendistribusi. Jadi ketika mendapatkan motor curian langsung dilempar kebagian penampung guna meloloskan diri dari endusan petugas dan tidak butuh lama bagian distribusi akan menjemput unit curian. Dibagian distribusi inilah yang akan memutuskan apakah akan menjual secara terpisah alias dipretelin atau dilempar kepasaran secara utuh. Kerjanya yang cepat dan tertutup kerap kali membuat repot intel dan reserse. Jadi jangan harap motor kembali jika sudah hilang….kemungkinannya 1000 : 1.  Terus seberapa canggih sih para curanmor sekarang….??

Rentannya kuda besi dibawa kabur maling membuat aparat ramah ini menyarankan supaya motor selalu dipasang saklar pengaman tersembunyi dimana hanya siempu saja yang tahu. Terus bagaimana dengan motor yang dilengkapi shutter magnet key ??…jawabannya “tidak menjamin!!“. Seraya tersenyum beliau bilang bahwa dinding penutup kunci magnet terbilang tipis gampang dijebol. Sekarang para maling membekali dirinya dengan dua alat. Yaitu satu kunci baja penjebol lapis luar, yang kedua kunci L untuk merusak kunci saklar!!” Walah….pantesan Mio soul teman raib padahal kunci magnet sudah ditutup. Walaupun residivis sedikit membutuhkan waktu karena makin banyaknya alat yang dibawa namun semua tetap kurang dari 1 menit operasi pasti berhasil. Gimana dengan kunci gembok..?? kalau masalah satu ini harus dilihat seberapa bagus kualitasnya. Ada beberapa gembok yang beredar dipasaran ketika dipanaskan lubang kuncinya maka locking akan membuka sendiri alias jepret keatas. Jadi monggo dicoba saja buat meyakinkan. “Sekali lagi yang paling aman adalah saklar pengaman tersembunyi !!” ungkapnya. Dipastikan bakal bikin maling garuk-garuk kepala. So brother…dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa shutter magnet key bukan issue besar lagi buat para curamor. Lebih baik waspada dan jangan terlalu percaya diri dengan pengamanan yang sudah dilakukan. Hati-hati dan nastiti akan lebih baik. Semoga berguna….(iwb)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Noted : Gambar kaskus

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!