iklan iwb

Tidak bisa diingkari ketika kita berkunjung kekota kecil masih banyak para brother penyuka kecepatan melakukan drag bike dijalanan sepi. Khususnya para kawula muda yang duduk dibangku SMA. Yah…walau edukasi terus menerus sudah didengung-dengungkan tapi tetap saja ajang balap berbahaya ini dilakoni……

Ketika membicarakan masalah satu ini harusnya sirkuitlah tempat kita menyalurkan hasrat balap. Namun kalau kita menengok kota diluar Jabodetabek atau Surabaya tentu terlalu jauh jika harus datang keSentul ataupun Kenjeran. maka dari itu jangan heran dijalanan sepi…biasanya pinggir sawah akan sering kita jumpai pemuda berkumpul bersama motor kebanggaan mereka. Bentuknya juga macam-macam…ada yang trondol habis, ada yang kelihatan hanya rangka aja namun banyak juga yang secara luar masih standart pabrikan….tapi jangan terkecoh, mesin sudah turun berok alias dioprek total. Nah….untuk motor laki biasanya start dilakukan dengan cara biasa ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Duduk….oper gigi menggunakan kaki dan bejek kopling dengan tangan. Sementara kalau motor bebek (paling ngeri nih) joki diwajibkan tengkurap (biasanya biker Jawa Timur) serta oper gigi memakai tangan kiri….opo ora edan!!! Gaya urakan ini ternyata tidak dibarengi safety riding yaitu banyaknya para joki yang hanya mengenakan kaos oblong plus celana jeans yang melekat ditubuh tanpa piranti? pengaman apapun. Helm…??? jangan harap dikenakan oleh mereka. Jadi kalau ada apa-apa…??? yo wis bablas angine tinggal berdoa saja……..

Oke…buat para brother yang biasa adu kebut liar….drag race, sayangilah nyawa sampeyan semua. Jangan sembarangan melakukan hal konyol ini tanpa dibarengi…..

iklan iwb

1. Pemakaian helm full face dengan kualitas DOT/Snell (maksimal dua tahun pakai lebih baik)

Berfungsi meredam benturan kepala ketika terjadi kecelakaan. Menurut berbagai penelitian helm yang berkualitas mampu mereduksi high impact hingga 80% sehingga sebagai ilustrasi ketika ada gaya bentur 100% menghantam maka 80% diserap oleh helm dan busa sehingga hanya 20% saja sampai kekepala.

2 Selalu gunakan elbow dan knees protector

Melindungi setiap sudut siku dan lutut dari high impact akibat terhantam aspal

3. Hendaknya jangan sembarangan memilih route ngedrag…alias lebih baik jauh dari jalanan umum

4. Budaya model joki motor bebek diatas mbok ya diganti. Kan judulnya ngedrag…bukan bergaya dimana malah bisa bikin nyawa diujung tanduk. Sebab kalau sudah dlosor….wis ora iso bayangne. Serem mybro!!

5. Yah…lebih baik tidak usah main drag race kecuali disirkuit khusus seperti Sentul atau Kenjeran. Walau saya yakin saran terakhir ini bakal tidak mempan bagi para brother yang tinggal dikota kecil.

6. Selalu berdoa dan eling karena masa depan para brother masih panjangggggg…..

7. Terakhir…monggo direnungkan dan ditambahin sendiri untung ruginya.

Jadi mybro…..boleh saja main drag race tapi ingat…….ojo ngawur. Sayangi nyawa dengan protector semaksimal mungkin dan hargai ketenangan orang lain. Ocree….!! (23/12/2010)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

12 COMMENTS

  1. bonek …… ga peduli ama nyawa.
    mang ga mikir apa ama orang tua yang dari kecil sampe gede membesarkannya…

    sadar…sadar….sadar…

    hanya do’a yang bisa kita panjatkan, smoga dibuka hatinya.

    keep safety riding !!!!!

  2. Eman2 motore bro itu anak gak pd mikir susahnya org tua cari duit blom lagi klo ada ap2 misalnya kecelakaan, ngelus dada tenan aku. 🙁

  3. kemungkinan ini anak keturunannya rollie free,
    bedanya om rollie naik vincent black shadow dan mecahin rekor kecepatan dunianya harley davidson,
    sedangkan yg ini sangat berpotensi memecahkan kepalanya sendiri

    ta’tambahi 1 lagi mas, boleh ngedrag asal :
    8. sering2 nongkrong di UGD RS Dr. Soetomo, ato sambil jalan2 di bangsal kelas 3-nya. Lihatin tuh orang2 yg gegar otak, kakinya dipasang steger besi, tangannya cacat, ibu2 berbaju lusuh yg bingung mikirin biaya rumah sakit anaknya..

    9. kalo kecelakaan langsung mati, biar gak ngrepotin keluarga kalo misalnya selamat tapi cacat, selamat tapi otaknya jadi nggak beres

    10. kalo menang drag dapet hadiah 100 miliar !

  4. Biasa la Mas, ABG gitu low..
    Waktu smk saya jg ga lebih baik drpada mereka Brades..
    Maklumi aja, adakalanya nanti jg sadar sendiri (yg selamat..)
    PISS..

  5. Guoblok e gak ketulungan arek2 model ngono kuwi,karep e mbois nek wis menang…menang maleh akeh mosoh kalah matek dikplok i musuh…..Guoblok e.tinimbang ngunu melu lifestyle motor ae.

Comments are closed.