iklan iwb
iklan iwb

Tidak bisa diingkari ketika kita berkunjung kekota kecil masih banyak para brother penyuka kecepatan melakukan drag bike dijalanan sepi. Khususnya para kawula muda yang duduk dibangku SMA. Yah…walau edukasi terus menerus sudah didengung-dengungkan tapi tetap saja ajang balap berbahaya ini dilakoni……

Ketika membicarakan masalah satu ini harusnya sirkuitlah tempat kita menyalurkan hasrat balap. Namun kalau kita menengok kota diluar Jabodetabek atau Surabaya tentu terlalu jauh jika harus datang keSentul ataupun Kenjeran. maka dari itu jangan heran dijalanan sepi…biasanya pinggir sawah akan sering kita jumpai pemuda berkumpul bersama motor kebanggaan mereka. Bentuknya juga macam-macam…ada yang trondol habis, ada yang kelihatan hanya rangka aja namun banyak juga yang secara luar masih standart pabrikan….tapi jangan terkecoh, mesin sudah turun berok alias dioprek total. Nah….untuk motor laki biasanya start dilakukan dengan cara biasa ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Duduk….oper gigi menggunakan kaki dan bejek kopling dengan tangan. Sementara kalau motor bebek (paling ngeri nih) joki diwajibkan tengkurap (biasanya biker Jawa Timur) serta oper gigi memakai tangan kiri….opo ora edan!!! Gaya urakan ini ternyata tidak dibarengi safety riding yaitu banyaknya para joki yang hanya mengenakan kaos oblong plus celana jeans yang melekat ditubuh tanpa pirantiĀ  pengaman apapun. Helm…??? jangan harap dikenakan oleh mereka. Jadi kalau ada apa-apa…??? yo wis bablas angine tinggal berdoa saja……..

Oke…buat para brother yang biasa adu kebut liar….drag race, sayangilah nyawa sampeyan semua. Jangan sembarangan melakukan hal konyol ini tanpa dibarengi…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

1. Pemakaian helm full face dengan kualitas DOT/Snell (maksimal dua tahun pakai lebih baik)

Berfungsi meredam benturan kepala ketika terjadi kecelakaan. Menurut berbagai penelitian helm yang berkualitas mampu mereduksi high impact hingga 80% sehingga sebagai ilustrasi ketika ada gaya bentur 100% menghantam maka 80% diserap oleh helm dan busa sehingga hanya 20% saja sampai kekepala.

2 Selalu gunakan elbow dan knees protector

Melindungi setiap sudut siku dan lutut dari high impact akibat terhantam aspal

3. Hendaknya jangan sembarangan memilih route ngedrag…alias lebih baik jauh dari jalanan umum

4. Budaya model joki motor bebek diatas mbok ya diganti. Kan judulnya ngedrag…bukan bergaya dimana malah bisa bikin nyawa diujung tanduk. Sebab kalau sudah dlosor….wis ora iso bayangne. Serem mybro!!

5. Yah…lebih baik tidak usah main drag race kecuali disirkuit khusus seperti Sentul atau Kenjeran. Walau saya yakin saran terakhir ini bakal tidak mempan bagi para brother yang tinggal dikota kecil.

6. Selalu berdoa dan eling karena masa depan para brother masih panjangggggg…..

7. Terakhir…monggo direnungkan dan ditambahin sendiri untung ruginya.

Jadi mybro…..boleh saja main drag race tapi ingat…….ojo ngawur. Sayangi nyawa dengan protector semaksimal mungkin dan hargai ketenangan orang lain. Ocree….!! (23/12/2010)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!