iklan iwb
iklan iwb

Menarik ketika saya membaca ulasan salah satu website terkenal tentang CBR250 jika dibandingkan dengan Ninja 250r. Walaupun saat ini genk ijo menguasai pasar motorsport 250cc dunia namun menurut mereka eksistensi CBR250 dalam menggilas market Ninja 250r hanya masalah waktu……

Semua mengakui dari segi perfomance Ninja 250r lebih superior ketimbang CBR250r…khususnya top speed.  Tapi  berdasarkan  informasi ternyata dari berbagai sisi CBR unggul ketimbang genk ijo. Diantaranya peak power yang lebih baik direntang rpm rendah…khas kelebihan mesin satu silinder. Ditambah sasis serta suspensi mumpuni dalam melibas segala kondisi jalan. Mau macet…..route luar kota…. atau pegununganpun  oke saja stabil tidak membikin lelah. Berdasarkan review motor besutan Honda ini sangat nyaman digeber pada average speed 90km/jam. Mesin smooth minim vibrasi. Tidak dibutuhkan rpm tinggi untuk mengail tenaga. Faktor inilah yang disinyalir membikin CBR250 jauh lebih irit ketimbang kompetitor. Sebenarnya seperti apa sih karakter CBR250r?. Bisa digambarkan…mesin CBR untuk mencapai kecepatan 105km/jam sangat enteng tanpa ada rasa ngoyo. Kecepatan 120km/jam…..dibutuhkan sedikit tenaga, dan  baru setelah kecepatan 130km/jam untuk naik hingga 145km/jam membutuhkan waktu agak lama. Terus gimana dengan Ninja250r..?? Dari bawah hingga menengah Ninja masih kalah dibandingkan dengan CBR250r. Akan tetapi sekali mendengus……CBR250r harus bertekuk lutut terhadap Ninja. Mesin pararel seperempat liter mencatatkan record top speed 162km/jam. Inilah kelebihan engine dua silinder.   Hal tersebut cukup dimaklumi mengingat engine DOHC CBR250r limiter bekerja pada 10,500rpm sementara genk ijo mampu digeber hingga 13,000rpm.  Terus apakah ini berarti  pasar CBR250r tidak akan bakal bisa gerogotin dominasi Ninja250r..?? belum tentu mzbro….

Dalam penjualan sebuah produk….top speed bukanlah segalanya. Banyak hal komplek didalamnya. Dibenua Amerika serta Eropa unsur Safety bisa sangat mempengaruhi pilihan konsumen. Inilah strong point motor besutan Honda dibandingkan Kawasaki lewat fitur ABS. Antilock Brake System terbukti telah banyak menyelamatkan nyawa biker ketika harus rem mendadak. Jika seorang biker panik biasanya secara reflek tangan akan betot tuas  rem sekuatnya alhasil kaliper malah ngunci…bisa ditebak, karet bundar lost grip….laju kendaraan bakal nyelonong tak terkendali. Pada ABS daya kejut ini akan dikoreksi sehingga disk lock akan terhindar. Selain itu dari segi perfomance boleh saja standart pabrikan kalah dibanding Ninja tapi patut diingat…..Honda cukup smart dibidang ini. Banyaknya rumah tuning yang mensupport CBR series merupakan langkah jitu dalam memantapkan keberadaan CBR250r. Masih ingatkan Mugen dan Moriwaki..??  itu hanya secuil yang kelihatan diluar part pendongkrak  lain  dimana bakal bertebaran seiring dengan keberadaan populasi Motorsport Honda ini nantinya. Jadi mampukah CBR250r menggilas keberadaan Ninja250r..?? saya pikir terlalu frontal kalau bahasanya menggilas. Tapi lebih cocok menggerogoti…..itu baru tepat. Dan seperti yang mereka bilang itu hanya masalah waktu. Benarkah..?? kita lihat saja….(iw/22/12/2010)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleOh Malaysia…ada apa dengan kau???…
Next articleNih dia bukti Honda mendukung pendidikan….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!