iklan iwb

Prihatin dan hanya bisa nyengir ketika melihat berbagai komentar? dan polemik tentang sikebo. Sampai ada yang bilang bakal dikepretin sama Suprax…lawong top speed cuma 100 lebih dikit?!….apakah Byson selemot itu..??

Saya sebagai penunggang motor anyar Yamaha ini tentunya ngerti karakter Byson. Ibarat personality tahu betul wataknya…..2 bulan berpasangan sudah cukup untuk membedah dalemannya…halah.? Motor ini memang agak nyleneh jika dibanding segala kuda besi yang pernah saya coba. Dari Tiger, Scorpio, Mega/GLpro, CB, Vixion dan motor 4 tak lain. Emang apa bedanya?? yang pasti adalah cara memperlakukan dalam tanda kutip buat geber-geberan. Kalau hanya mengandalkan gas langsung puntir dalam…jangan harap respon menggembirakan. Lha gimana…nggak ada ceritanya engine bisa langsung teriak dan rpm nendang hingga 9000rpm. Karakter ngayun akan lebih mendominasi. Tenaga tersembur sempurna hanya dari 0 – 6000rpm. Selebihnya bakal lama naiknya. Tapi jangan salah. Kalau brother bisa main selip kopling menggunakan feeling…larinya tidak kalah sama motor sekelas. Lho tapikan mentok cuma 100km/jam??. Sekali lagi jangan berpatokan dengan speedometer. Pengalaman pribadi membuktikan. Byson hanya butuh kecepatan 115km/jam pada panel speedo untuk? jejerin Vixion. Buktikan saja sendiri. Kalau accelerasi..?? jangan menuntut terlalu banyak mzbro. Ban dan pelk gede tapi kubikasi seiprit. Ukuran 120/70-17″…….hayo coba cari secara standart apakah ada pabrikan yang berani menyematkan karet bundar dengan ukuran segitu buat motor 150cc. Tercatat hanya Pulsar 180UG4, Pulsar200 serta Ninja 250r saja ditanah air. Itupun kubikasi mesin diatasnya. Apakah sebegitu signifikan pengaruhnya..?? sangat mzbro? (seperti yang pernah saya ulas diartikel sebelumnya)….

Terus gimana tentang informasi bahwa power Byson hanya 10hp??….dimedia online terkenal dibahas dan ada buktinya. Yah…itu sih sah-sah saja. Namun brother harus tahu bahwa pengukuran power dengan menggunakan alat dyno bisa dilakukan dengan berbagai cara. Lewat crankcase atau roda..?? kalau dari roda bisa jadi….lawong ban sama pelknya guede segaban.? Plus data yang tertera tidak disebutkan penggunaan dyno apakah dengan tipe dan merk yang sama.? Kalau memang? benar….herannya kesan power pick up yang saya dapat dari sikebo bukan seperti motor bertenaga 10dk. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dimana Byson mampu? jabanin motor kubikasi diatasnya yang bertenaga 16,4dk (motor keluaran 2008? akhir).? Tercatat dari jalan Juanda-Margonda Depok? geber-geberan hingga fly over UI. Jadi apakah benar Byson selemot yang dibilang hingga gampang ditekuk oleh bebek?? saya cuma bisa nyengir aja mzbro. Tidak usah dijawab mending dibuktikan saja. Toh buat apa naik? motor kencang-kencang?? Saran saya ketika kita beli tunggangan memang harus dilihat fungsinya. Mau cari speed apa cari kenyamanan?? kalau speed secara standart…jangan pilih Byson.? Langsung aja beli Ninin…dijamin sesuai keinginan. Yo ra bro. gitu aja koq repot… :lol:? (iw/5/12/2010)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

74 COMMENTS

  1. @Bro Iwan
    Bner bro klo pengen kenyamanan mending ke Byson aj tp klo pengen kenceng secara standard mending Ninin150. Kedua motor tsb sama enaknya klo pas dibuat jalan cz bkan motor sejuta umat jrg yg ngembarin pa lagi klo dimodif.

  2. mungkin maksudnya, dengan tampilan yang begitu, konsumen ngarep speed yang lebih.. tapi setuju toh dijalanan jakarta emang speed ga bisa diekplorasi secara pol..

  3. mungkin maksudnya, dengan tampilan yang begitu, konsumen ngarep speed yang lebih lah.. tapi setuju toh dijalanan jakarta emang speed ga bisa diekplorasi secara pol..

  4. setuju dengan meet_hana. pertama liat byson orang pasti berpikir tentang sesosok street fighter yang beringas dengan akselerasi menyentak. tapi anggapan itu sirna saat menungganginya. laen soal kalo misalnya byson bertampang touring kayak harley davidson, orang tentu maklum kalo akselerasinya lemot. jadi masalahnya bukan mesinnya yang lemot, tapi tampangnya itu lho yg ketinggian dibanding tenaga mesinnya. mestinya dengan tampang sesangar itu, ban segede itu dan dengan bobot seberat itu, yamaha berani memasang mesin 4 katup. jadi nggak kayak motor hasil karya rumah modifikasi yg hanya sekedar pasang kondom (atau jangan2 YMKI sekarang jadi rumah modifikasi, bukan pabrikan motor ? )

  5. dan karena jakarta tidak butuh top speed, mestinya kita (para penggila kebut) butuh akselerasi setan kan ? dan itu gak kita dapat dari byson. kecuali kalo memang tujuan kita murni mau nampang, itupun lebih ok naik motor hasil modifikasi karena lebih unik, gak banyak kembaranya. lha kalo nampang naek byson ? ibarat nampang ajak istri tapi ternyata banyak yang wajahnya mirip dia, jadi gak asik kan ?

  6. bilangnya supri 125 bisa ngasapi byson…..tapi saya sudah buktiin sendiri dengan supriku dan bysonku….yang 1 di joki temenku, dan sempat gantian…..hasilnya supri keok….panjang trek kurang lebih 800an m- 1 km…

  7. waduh,,, kok nyebut2 motor ane ya masBro 😀
    hehehe
    aku ga prnah ngebut lho bang…
    cuma klo ada org punk sok hebat naik mtor knalpot kasar n “nggleyer” yya guwe jabanin…
    plg jg mtor anak2 brandal gtu gw asepin.,,, hehehe
    😀

  8. @ Skips
    Yup betul mzbro….
    @ Enth
    Lemot?? nggak terlalu koq bro.Yah…harga 20juta minta tampilan motor dan mesin beringas. Nggak mungkinlah mzbro. Semua sudah diukur. Btw pilihan terserah masing-masing individu. Dijalanan toh saya sendiri pernah 2 kali bikin biker penunggang motorsemprot lain geregetan karena ternyata sikebo nempel terus…….
    @ Hadi
    Itulah konsumen mzbro. bagaimanapun adalah raja. Toh Yamaha sudah memberi alternatif buat speed monggo pilih Scorpio atau Vixie. Tapi masih protes saja terhadap Byson. Kalau nggak ya sekalian Ninja150. Tinggal tambah 4juta udah dapat koq 😆 pizzz loh ya
    @ Wahyu
    Nah ini dia…tanya sibro satu ini. Kalau mau speed pilih RR aja. Jangan Byson. Yo ra bro xixixi…

  9. biassa mas bro, para sales sedang kebingungan ngadepin target penjualan dari diler, belum lagi para FB yang fanatik buta, sok tahu padahal nggak punya 😀

  10. @ Amamoto
    Betul mzbro…..itulah uniknya konsumen kita yang berbhinneka tunggal ika….halah. Kebetulan saya punya produknya. Jadi ya sudah kewajiban saya buat meluruskan. Kalau jelek ya saya bilang jelek tapi kalau memang lumayan ya saya bilang lumayan. Mosok Byson mau dikepretin Suprax…ya terpaksa saya angkat bicara hehehe…..

  11. Hwuahahahahahaha..
    Saya ga ikutan ah..

    Bagi saya apapun motornya tetep KIP BRADDEHUD aja Bro..

    Kmampuan motor tinggal ridernya Bos.. Mungkin klo saya bilang megapro saya sanggup ngasepin **** ama **** pasti para brade **** en **** bakal ga terima.. walopun akhirnya mereka bakalan maklum klo tau bahwa perform simegi udah dikatrol pke duit 2,5jt hehehe..
    Kip BRADEHUD EN PISS porepe aj Bro..

  12. @ Hourex
    Emang agak sensitif sih temanya mzbro. Btw bener sekali tergantung ridernya…..I like it (Rianti Mode:on) xixixi….
    Kip BRADEHUD EN PISS porepe lebih nikmat…nyuwun sewu pinjam istilahnya bro Hourex 😆
    (Btw guna mencegah warung peacefully saya edit dan tidak sebutkan jenis motornya mzbro….)

  13. Hahahah….lagian ada – ada aja mas,ok lah kalo di bandingin sama yg sekelas,tp kalo yg di bawah kelasnya yah gak mungkin toh,dari cc aja jauh iyah kan ? Kecuali byson lagi diam gak jalan baru deh percaya.xixixixi….
    Peace ah….

  14. “no matter what you ride, but how”. itu yang penting, beda pendapat boleh tapi jangan sampai itu jadi penyebab permusuhan.

  15. @ Satria
    Yup…setuju. Saran bijak mzbro….
    @ Enth
    Super setujuuuu. Bener mybro. I like it….halah Riyanti lage xixixi

  16. Kalo kurang nendang.. ganti aja Kampas dan per kopeling pakai daytona or R9 (kalo dah tersedia)… lumayan ngangkat… bahkan Tagorku bisa ngangkat beneran..alias standing…
    triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/05/modif-buntut-tiger-mongtorku-3/

  17. beberapa hari yg lalu saat mau pisah dgn sembalapku (MX ’06) karena mau dijual gw pingin merasakan sensasi terakhir naik sembalapku.
    waktu itu gw jalan ke klaten ketemu rider byson plat R, setelah lampu merah gw lihat akselerasinya jg bagus, trus pas di trek lurus (penggung kearah selatan / sblm ceper ) gw coba ngikutin, gas gw sdh mentok di skt 110 km/h dibelakang si byson
    naah pas bangjo ceper gw deketin tuh pengendara byson … gw tanya
    mas … ini motor masih standar atau sdh settingan?
    dia jawab
    standar … (hmmmm ternyata sdh lumayan buat motor 150cc dgn ukuran ban segitu)
    gw tanya lagi
    sdh pernah top speed brp?
    dia jawab
    blm pernah 110 km/h
    gw tanya
    kalo tadi lari brp?
    dia jawab
    107 km/h

    dari situ gw bisa ambil kesimpulan bahwa byson larinya jg bagus (lumayan kl buat pecinta kecepatan)

  18. @sembalap
    Emang byson ga ada 2-nya.
    untuk tampilan oke punya
    untuk kecepatan benar2 maknyus
    untuk akselerasi markotop
    untuk kantonk …… hmmmmm lumayan irit dikelasnya.
    Jadi ga salah kalo Byson is the best lah.
    tengkiyu for artikalnya Bro Iwan.
    Ane juga pengguna Byson, dalam sebulan ini byson sangat memuaskan.

    keep safety riding bro…. !!!

  19. hmmm….
    bener kata bro2 diatas,
    mungkin dlm persepsi org motor dgn penampilan gahar spt byson memiliki performa dan top speed yg gahar juga.
    tp kenyataannya memang gak spt itu.
    persis spt kata petinggi yamaha klo byson cuma jual tampang, klo beli motor cuma buat nampang byson pilihan tepat.
    tp klo speed lover jgn beli byson deh, pasti bakal kecewa berat.

  20. kalo ngebutnya harus diurut..itu karena karakter karbu yang dipake bro..coba pake yang model skep!!
    sapa tahu bisa lebih responsip!!
    oh iya..HP (tenaga) bukan faktor utama penentu top-speed motor!! ane kagak bohong..itu supra fit cuma 6DK juga bisa digeber 100kpj..coba bandingin ama HADE (harley) yang nyampe 80-120DK…cuma sanggup digeber sampe 180kpj (std)..bisa diketawain ninja RR dong??…ini cuma pembanding, realita yang ada ya seperti itu!!

  21. –Saran saya ketika kita beli tunggangan memang harus dilihat fungsinya. Mau cari speed apa cari kenyamanan?? kalau speed secara standart?jangan pilih Byson. Langsung aja beli Ninin?dijamin sesuai keinginan. Yo ra bro. gitu aja koq repot?–

    tambahan bro : kalau mau tampang sangar dan tenaga menyegat, pilih DUCATI monster bro…dijamin

  22. 37.
    aneh emang saat ada yang bilang klo motorsport nggak ada tenaga 😀 … apalagi sampai dibilang “lemot”, lha wong spesiesnya aja udah “motor sport” pazzti lebih punya tenaga dibanding “bebek” dan “matic”…mangkanya yang bilang Byson nggak punya lari, coba deh adu lari sama Byson…dijamin pengkor3

  23. perasaan dari semua blogger sepakat deh kalau byson itu performanya payah.
    bukan cuma blogger aja, coba kalau baca dimedia2 virtual semua juga pada ngeluhin performa byson yg gak sesuai dgn tampangnya.

  24. walalu ane gak punya dan belom pernah coba byson..
    tp ane pernah riding barengan pemakai byson (ane pake p135).. dan ane bisa menyimpulkan.. baik akselerasi maupun top speed byson tidak bisa dibilang lemot.. sama p135 aja.. ane jujur masih seimbang koq.. jangan dibanding sama supri.. selemot2nya motor batangan (apalagi byson 150 cc).. beda boss feel akselerasi dan top speednya sama motor bebek.. apalagi kenyamanan.. berani diadu deh..

    Peace

  25. yah dgn harga segitu semua pasti sudah di perhitungkan dengan matang2 oleh YMKI, semua tergantung pilihan konsumen aja. masalah kecepatan itu relatif, ada yg blg 80km itu udah kencang, ada yg blg 140km itu msh pelan, tergantung penilaian pribadi masing2…
    kalo di jlnan itu bkn seberapa cepat motor yg kita gunakan, tp bagaimana cara kita menghargai sesama pengendara lain.
    -keep brotherhood-

  26. Ributin apa sich? lah ya wong tu karakteristik dari motor india bro.. ga bisa langsung betot gas coz untuk efisiensi BBM so ngurut klo mo kenceng BTW ga bisa di hentak apalagi buat standing tu byson kayak Pulsar gitu lah.. yg punya byson silakan di cek dibagian bawah panel kelistrikan di stang tu ada merk apa? tu merk juga ada dimotor2 india (TVS & Bajaj) jadi ya … mending beli motor Indianya sekalian.. akselerasi maknyoss.. bisa buat freestyle..irit BBM, cc lumayan,. materialnya kuat suspensi gas sesuai dengan karekteristik jalanan Indonesia.

  27. benul pak bro….
    kalo pake dynojet emang rata2 turun powernya..tp ya itu.. dynojetnya yang sama..
    nih
    fu125.wordpress.com/2010/12/07/ribut-ribut-masalah-hp-horse-power/

  28. manteb bro… ane sependapat banget ma ente. sesama penunggang byson jadi sama2 ngrasain..
    yang bilang gini gitu lemot lelet kan mereka yang cuma omdo.. gak nunggangin kebonya sendiri..”

  29. Coba ganti knalpotnya dengan yang racing, katalis dicopot, Ganti gear. Pake BBM yang bagus, Pake busi yang bagus. Pasti nyundul dah.

  30. Saya mau tanya,
    Saya pernah menggunakan supra x 100cc(standar) bisa nyampe kecepatan 100 kmj.
    Saya menganalogi byson/NMP/Vixion 150cc, apakah kecepatan bisa nyampai 150 kmj?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here