iklan iwb
iklan iwb

Prihatin dan hanya bisa nyengir ketika melihat berbagai komentar  dan polemik tentang sikebo. Sampai ada yang bilang bakal dikepretin sama Suprax…lawong top speed cuma 100 lebih dikit?!….apakah Byson selemot itu..??

Saya sebagai penunggang motor anyar Yamaha ini tentunya ngerti karakter Byson. Ibarat personality tahu betul wataknya…..2 bulan berpasangan sudah cukup untuk membedah dalemannya…halah.  Motor ini memang agak nyleneh jika dibanding segala kuda besi yang pernah saya coba. Dari Tiger, Scorpio, Mega/GLpro, CB, Vixion dan motor 4 tak lain. Emang apa bedanya?? yang pasti adalah cara memperlakukan dalam tanda kutip buat geber-geberan. Kalau hanya mengandalkan gas langsung puntir dalam…jangan harap respon menggembirakan. Lha gimana…nggak ada ceritanya engine bisa langsung teriak dan rpm nendang hingga 9000rpm. Karakter ngayun akan lebih mendominasi. Tenaga tersembur sempurna hanya dari 0 – 6000rpm. Selebihnya bakal lama naiknya. Tapi jangan salah. Kalau brother bisa main selip kopling menggunakan feeling…larinya tidak kalah sama motor sekelas. Lho tapikan mentok cuma 100km/jam??. Sekali lagi jangan berpatokan dengan speedometer. Pengalaman pribadi membuktikan. Byson hanya butuh kecepatan 115km/jam pada panel speedo untuk  jejerin Vixion. Buktikan saja sendiri. Kalau accelerasi..?? jangan menuntut terlalu banyak mzbro. Ban dan pelk gede tapi kubikasi seiprit. Ukuran 120/70-17″…….hayo coba cari secara standart apakah ada pabrikan yang berani menyematkan karet bundar dengan ukuran segitu buat motor 150cc. Tercatat hanya Pulsar 180UG4, Pulsar200 serta Ninja 250r saja ditanah air. Itupun kubikasi mesin diatasnya. Apakah sebegitu signifikan pengaruhnya..?? sangat mzbro  (seperti yang pernah saya ulas diartikel sebelumnya)….

Terus gimana tentang informasi bahwa power Byson hanya 10hp??….dimedia online terkenal dibahas dan ada buktinya. Yah…itu sih sah-sah saja. Namun brother harus tahu bahwa pengukuran power dengan menggunakan alat dyno bisa dilakukan dengan berbagai cara. Lewat crankcase atau roda..?? kalau dari roda bisa jadi….lawong ban sama pelknya guede segaban.  Plus data yang tertera tidak disebutkan penggunaan dyno apakah dengan tipe dan merk yang sama.  Kalau memang  benar….herannya kesan power pick up yang saya dapat dari sikebo bukan seperti motor bertenaga 10dk. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dimana Byson mampu  jabanin motor kubikasi diatasnya yang bertenaga 16,4dk (motor keluaran 2008  akhir).  Tercatat dari jalan Juanda-Margonda Depok  geber-geberan hingga fly over UI. Jadi apakah benar Byson selemot yang dibilang hingga gampang ditekuk oleh bebek?? saya cuma bisa nyengir aja mzbro. Tidak usah dijawab mending dibuktikan saja. Toh buat apa naik  motor kencang-kencang?? Saran saya ketika kita beli tunggangan memang harus dilihat fungsinya. Mau cari speed apa cari kenyamanan?? kalau speed secara standart…jangan pilih Byson.  Langsung aja beli Ninin…dijamin sesuai keinginan. Yo ra bro. gitu aja koq repot… 😆  (iw/5/12/2010)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleSssttt… ada penampakan new CBR 150 dijalan Semanggi Jakarta!!
Next articleOoohh Kawasaki D’Tracker 150….kepriye nasibmu nak..?!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!