iklan iwb
iklan iwb

Pegel pastinya jika motor brother puntiran gas terasa seret. Hal ini bakal makin menyiksa tatkala kondisi jalan macet luar biasa macam Jakarta. Nah untuk mengakalinya berdasarkan dari pengalaman serta info teman bengkel, grip gas bisa dibikin lebih enteng. Brother hanya berbekal ” tang” plus oli cair maka kenikmatan mengendarai motor akan semakin terasa. Apa yang harus kita lakukan…??

Langkah pertama, silahkan buka karburator tunggangan. Copot jarum skep…dan peer didalamnya. Target yang akan kita oprek adalah peer jarum skep. Untuk mengurangi berat puntiran gas maka kita bisa potong peer skep guna mengurangi daya tendang yang dihasilkan. Tapi kudu hati-hati jangan lebih dari tiga ulir…so bisa dipotong 2 atau kalau dirasa masih kurang baru ditambah lagi hingga 3 ulir. Setelah terpotong silahkan tarik pegas hingga panjangnya sama dengan posisi sebelum kita potong. Oh ya…bagi yang sayang peer asli dipotong, monggo ditebus pegas skep non original ditoko sparepart pinggir jalan. Cukup murah mungkin sekitar 10ribuan sudah bisa kita boyong. Perbedaan hanya pada bahan serta daya tendang pegas. Yang asli lebih lentur sedangkan produk after market agak keras.  Kalau sudah kita menuju step berikutnya……

Langkah kedua buka mangkuk grip gas. Disitu akan kita dapati kabel yang menghubungkan antara grip throttle ke carbu. Seringkali akibat hujan serta kotoran yang menumpuk bertahun-tahun mengakibatkan kabel baja berkarat. Nah…supaya makin licin ambil oli cair dan harap brother telaten memasukkan oli tersebut kedalam kabel sedikit demi sedikit secukupnya. Lantas gerakkan kabel naik turun supaya cairan bisa masuk kedalam dengan sempurna (dilarang berfantasi lho mzbro 😆 ). Setelah semua sukses karbu dan mangkuk gas bisa dipasang kembali.  Misi selesai. Kini dijamin…puntiran gas bakal jauh lebih ringan dan tidak pegal ditangan. Oh ya….pelumasan seperti diatas sebaiknya dilakukan rutin perenam bulan atau paling lama setahun sekali. Selain meringankan puntiran gas juga mampu mencegah karat kabel baja. Alhasil tali gas akan awet dan tahan lama. Semua tips diatas sudah saya buktikan sendiri lewat tunggangan lawas…siMegy.  Dan hasilnya maknyus tidak mengecewakan. Yang terakhir…monggo disruput kopinya mengingat hari masih cukup pagi dan dingin. Maklum sekarang Jakarta lagi diguyur hujan. Adem ehuyyy…(iw/3/12/2010)

iklan iwb
iklan iwb
Previous articleTest akurasi Speedometer Yamaha Byson vs GPS…….
Next articleSssttt… ada penampakan new CBR 150 dijalan Semanggi Jakarta!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!