iklan iwb
iklan iwb

Tidak terasa 2 bulan sudah kedua motorsport andalan masing-masing pabrikan tersebut diluncurkan. Pro dan kontra terus saja terjadi. Ada yang bilang lebih mantep Megapro tapi juga ada yang condong milih Byson. Namun diatas semua, masing-masing pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Nah…berdasarkan itulah saya bernisiatif melakukan survei kecil-kecilan tentang kedua kuda besi. Dan satu fakta kesimpulan telah saya dapatkan atas semuanya…..

Eiittt…tapi jangan dikira survei besar-besaran seperti lembaga surveyor kawakan macam AC Nielsen dll. Survei hanya dilakukan terhadap para konco dewe (teman sendiri) yang saya lakukan lewat ngobrol telephone, chatting atau percakapan secara langsung. Responden saya pilih biker yang  tercatat belum punya kedua motor tersebut biar netral hasilnya. Kebetulan ada juga beberapa responden  yang berasal dari kota kecil diJawa Timur. Responden hanya sekitar 50 orang…maklum mencari jumlah segitu sudah pol-polan 😆  susahnya. Pertanyaannya simpel ” Jika mempunyai uang 20juta mana motor yang dipilih antara Yamaha Byson vs. Honda New Megapro?”….apa alasan brother?”……dan inilah hasilnya………

Dari 50 peserta……27 orang lebih memilih New Megapro dan hanya 23 orang yang memilih Byson. Kota kecil merupakan penyumbang terbesar responden yang memilih Megy…yaitu 17 orang. Sementara Byson hanya mendapatkan porsi 2 orang. Motorsport gambot Yamaha ini mayoritas bisa mencuri hati biker Jabodetabek yang mencapai 21 orang sementara Megy 10 responden. Uniknya ketika ditanya kenapa memilih Megapro….60% dari 27 orang menjawab karena sudah double disk dan 20% melihat faktor mesin responsif, irit dan brand Honda sisa 20% karena belum lihat Byson. Sementara untuk Byson, 90% dari 23 orang memilih karena bentuknya yang gagah dan 10% sebab faktor brand (Yamahanya). Lho koq hasilnya nyleneh??…..

iklan iwb

Itulah uniknya konsumen tanah air. Ternyata mayoritas dari konsumen kurang begitu memperhatikan kelebihan low friction part ataupun CDI 12 mapping dll. Terutama dikota kecil. Maklum rata-rata pengetahuan dan tuntutan tidak sejlimet biker kota besar yang melek akan teknologi.  Pokoke disawang enak nang moto…yo wis itu yang disenengin. Dan terbukti double disk siMegy (versi CW tentunya) merupakan senjata ampuh untuk membungkam Byson pada persaingan market dikota-kota kecil.  Faktor lain adalah minimnya penampakan Byson juga disinyalir menjadi batu pengganjal dalam merebut hati konsumen. Yang menarik disini Yamaha sudah mampu menancapkan kuku fanatiknya terhadap beberapa konsumen walau tidak sebanyak Honda. Oh ya….survei ini sebagai iseng belaka dan tentunya tidak serta merta menjadi poin/tolak ukur mutlak demand konsumen tanah air terhadap sebuah produk. Setidaknya dengan ini saya sendiri jadi sadar bahwa double disk ternyata bisa menjadi pertimbangan penting oleh konsumen untuk menjatuhkan pilihan terhadap sebuah motor. Kalau menurut brother sendiri gimana..?? (iw/29/11/2010)

iklan iwb
Previous articleBocoran harga ban FDR Jabodetabek….monggo diintip!!
Next articleHarga new Jupiter MX diatas 16juta..??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!