iklan iwb
iklan iwb

Brother….siapa tidak kesal kalau motor kesayangan diperlakukan sembarangan oleh mekanik tidak bertanggung jawab. Apalagi hingga mengakibatkan kerugian fatal.  Wajib hukumnya para biker untuk selalu mengawasi kinerja mekanik dalam melakukan tugasnya. Intinya…jangan mudah percaya. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi serta beberapa teman biker lainnya…….

Seperti kejadian beberapa minggu lalu ketika melakukan servis rutin siiJo Kawasaki Athlete. Disitu terlihat bapak-bapak datang menggunakan Kawasaki Blitz masih gres meminta bongkar mesin. Karena penasaran saya coba korek informasi ada apa gerangan koq motor kinyis-kinyis sudah turun mesin. Selidik punya selidik semua gara-gara kecerobohan mekanik bengkel pinggir jalan. Hal itu terpaksa dilakukan sebab jarak bengkel resmi yang agak jauh dari kediaman beliau. Proses servis berlangsung normal…setel klep, bersihkan karburator serta filter dan ganti oli mesin. Menurut pengakuan pria paruh baya tersebut proses memang tidak diawasi soalnya sudah sering kesana. Setengah jam selesai….membayar dan langsung berlalu. Anehnya gejala mesin tidak beres baru dirasakan setelah jalan beberapa kilometer.  Mesin sangat panas disertai suara garing kayak diesel. Karena takut kenapa-kenapa langsung menepi dipinggir jalan serta cari bengkel terdekat. Setelah diperiksa ternyata ditemukan mesin kering kerontang tidak ada oli sama sekali. Terkejut serta naik pitam sibapak  menyadari bahwa mekanik kelupaan ngisi oli mesin setelah ditap. Singkat cerita bengkel pelaku bersedia bertanggung jawab atas semua kerusakan yang terjadi. Namun karena sudah tidak percaya sama bengkel ceroboh tersebut maka beliau meminta kompensasi uang dan akhirnya Blitz kesayangan dibawa kebengkel resmi Kawasaki guna diperiksa lebih lanjut…dan hari inilah mesin akan dilihat jerohannya (Wihhh….bakal banyak tuh sparepart yang kena). Apakah dealer resmi bisa selalu terhindar dari kecerobohan mekanik..?? belum tentu mzbro!! soalnya saya sendiri  pernah mengalaminya…..

Kala itu sedang servis Megapro lawas diAhass langganan. Namun ada satu yang ganjil yaitu terlihat satu anak tanpa baju seragam membantu kinerja mekanik kepercayaan. Entahlah…hati terasa nggak enak dibuatnya. Buat jaga-jaga mata tidak pernah lepas dari pandangan kerja kedua mekanik. Dan benar….sambil terus ngobrol simekanik tanpa baju seragam (disinyalir anak training) melakukan stel rantai secara serampangan yaitu terus memutar baut panjang penyetel kerenggangan rantai menggunakan kunci pas. Padahal semua tahu bahwa ketika sudah kencang diwajibkan langsung pindah kebaut kecil  ukuran 10 guna memastikan baut capung tidak kendor kembali. Hati sudah gelisah dibuatnya. Pikiran  mencoba berpikiran positif. Tidak lama Ruslan (mekanik kepercayaan) mengecek ulang rantai dan terlihat Ruslan memanggil kepala mekanik. Sikepala mekanik dengan sopan menginformasikan bahwa part pada penyetel rantai harus diganti karena ulirnya sudah rusak  alias dol. Darah langsung mendidih…dan tanpa ba bi bu menceritakan apa yang saya lihat. Untung bengkel mau tanggung jawab.  Tercatat sejak kejadian tersebut saya request supaya tunggangan hanya dipegang oleh mekanik kepercayaan…..

iklan iwb

Pengalaman  kedua yang tidak pernah terlupakan adalah ketika ganti oli mesin dibengkel biasa. Setelah semua selesai tanpa melakukan pengecekan….langsung  memutar kunci kontak….menghidupkan mesin. Terasa dikaki koq ada rintik-rintik warna merah hangat-hangat apa nih…?? Setelah memperhatikan dengan seksama ternyata cairan pelumas.  ” Walahhh….oli mesin koq muncrat ki piye to mas???… Oli terlihat keluar dari lubang atas. Asem tenan….ternyata mekanik lupa nutup tutup oli. Kesel…dan kecewa pastinya. Setelah itu kapok tidak balik lagi kebengkel tersebut. Jadi brother…….monggo selalu awasi tunggangan sampeyan jika sedang diservis. Karena bagaimanapun para mekanik juga manusia biasa yang sering lupa atau tidak teliti. Maka kitalah yang wajib mengawasi supaya hasil sesuai harapan. Kalau brother sendiri gimana. Pernah nggak mengalami hal serupa. Monggo dishare…(iw/26/11/2010)

iklan iwb
Previous articleMichelin akan kembali ke ajang Motogp….??
Next articleCkckckckck…..Honda ternyata nggak kalah sigap!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!