iklan iwb
iklan iwb

Hari ini ketika sedang menggosok motor dengan KIT pengkilat sehabis dicuci….tangan meraba sesuatu yang agak kasar melintang disisi tanki sebelah kiri atas. Kepala langsung mendekat kebagian itu….dan……terlihat guratan halus sepanjang kira-kira 12cm. Wah apaan ini??. Koq seperti disilet..?? Tapi praduga itu langsung dilempar jauh-jauh. Oknum mana yang iseng nyilet tanki motor?! Sekali lagi memperhatikan seraya menggosok-gosok pakai jari dan mata langsung terbelalak. Ini bukan scratch melainkan retak halus. Untuk lebih lebih meyakinkan saya coba ketuk pakai jari antara sisi kiri dan kanan tanki. dan benar adanya…tanki sebelah kanan berbunyi padat “tok tok ” sementara yang kiri bersuara ampang “tek-tek” tanda rapuh…walahhhh koq bisa begini????

Shock dan kaget…itu perasaan yang saya rasakan ketika tanpa sengaja mendapati tanki resin fiber Byson kesayangan retak halus pada sisi sebelah kiri. Saking samarnya sehingga mata biasa akan susah melihatnya jika tidak dibarengi lampu terang benderang plus angle yang pas. Tiada yang meragukan akan kekuatan kondom tanki motor besutan Yamaha ini. Durability sudah terbukti dengan minimnya keluhan pada bagian tersebut termasuk India yang lebih terkenal lewat seri FZ16. Fakta itulah yang membikin saya terperangah. Motor tercatat baru sekitar 1,5 bulan dipakai secara normal tanpa pernah terbentur ataupun tersenggol barang keras pada sisi tanki. Boro-boro tersenggol….parkir tersentuh motor lain aja “anti”. Sifat protektif terhadap tunggangan baru memang lazim kita lakukan…namanya aja barang anyar, tentunya masih dielus dan disayang-sayang….ya nggak bro.  Sudah bukan rahasia umum bahwa tanki kondom maintenance dan cara memperlakukan memang tidak sama dibanding tanki konvensional yang bisa menaruh beban diatasnya.  Jangan pernah melakukan kebiasaan tersebut pada tanki resin kondom jika nggak pengen ambrol atau pecah. Lha terus kenapa hal itu bisa terjadi.??

Kecurigaan sangat kuat mengarah keproses delivery….entah dari pabrik kedealer atau dealer kekonsumen. Kalau dianalisa model retak halus seperti rambut plus masih mulusnya cat sekitar…..besar kemungkinan kondom tanki bukan terkena benturan melainkan tekanan yang begitu kuat sehingga menimbulkan stres pada sisi yang terkena pressure….ujung-ujungnya terjadi micro crack. Kerugiannya lagi, retak model seperti ini tidak akan langsung membesar namun seiring berjalannya waktu proses kesitu pasti terjadi. Sayangnya hal ini luput dari pengecekan pihak dealer dan saya sendiri sebagai konsumen penerima. Cukup dimaklumi memang mengingat crack tersebut  dulunya mungkin masih kecil serta susah dilihat dengan mata telanjang…jadi kudu diperhatikan secara seksama lewat angle yang pas plus diraba jari barulah kita akan memergokinya. . Lha terus gimana saya sebagai konsumen menyikapinya..??

iklan iwb

Kecewa..?? pasti bro!! gimana nggak….ibaratnya kita tidak mendapatkan barang yang sempurna. Lho….tanki Bysonkan murah mzbro?? hanya 90 ribu ditambah striping paling hanya 50ribuan!!. That’snot the point. Trust atau kepercayaan…..itu yang sangat berat. Kita sebagai konsumen menjadi kurang percaya tentunya akan kualitas suatu produk. Kendati ini hal kecil namun jujur cukup mengganggu pikiran saya sebagai konsumen. Sementara uraian diatas hanya analisa pribadi. Dalam arti bisa jadi retak memang sudah terjadi ketika proses perakitan. Kalau hal tersebut faktanya, tentu patut disayangkan mengingat setiap pabrikan punya Quality Control (QC) Division. Dan saya percaya kredibilitas orang-orang dibelakangnya  pasti bukan orang sembarangan….apalagi sekelas Yamaha. Apapun itu kini YMKI diuji akan kualitasnya. Apakah akan menindak lanjuti keluhan ini secara positif yaitu mengganti tanki yang bermasalah atau hanya lepas tangan dengan menyalahkan konsumen karena kurang teliti dalam proses pengecekan waktu menerima barang. Padahal semua sudah tahu bahwa kita konsumen tidak mungkin memeriksa secara detil  dikarenakan sudah percaya 100% terhadap kesempurnaan produk pabrikan yang mereka beli. Semoga saja YMKI tidak termasuk didalamnya. Kita tunggu saja mybro….…….(iw/20/11/2010)

 

iklan iwb
Previous articleEdannn!!!….Motor India akan menggebrak Motogp!!!
Next articleYMKI tim sudah merespons lewat email bro….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!