iklan iwb
iklan iwb

Siapa yang nggak suka melihat motor jadi kelihatan gagah dan galak. Cara yang cukup simpel dan lazim dilakukan adalah merubah karet bundar dengan ukuran lebih besar. Tapi hati-hati lho bro…sebab kalau kelewat besar bisa mempengaruhi kinerja motor itu sendiri. Seperti apa..??

Pasti semua tahu upgrade ban kelewat besar akan membuat tarikan motor menjadi lemot. Itu sih sudah bukan rahasia umum. Tapi ternyata tidak itu aja mzbro. Ketika kita memutuskan memperbesar ukuran ban dari standart pabrikan, berarti kita harus sudah siap dengan konsekuensinya. Keuntungan sudah jelas handling motor akan makin stabil diakibatkan bidang cengkraman keaspal makin luas. Namun ternyata effeck negatifnya lebih besar lho. Apa saja…???

A. Pertama adalah mesin. Wajib bagi kita hukumnya untuk mengganti gear ratio atau sproket belakang dengan lebih besar pula. Hal ini guna menghindari engine kedodoran beraccelerasi. Kalau keberatan bisa diakali dengan mengganti knalpot freeflow plus main & pilot jet supaya torque meningkat.

iklan iwb

B. Yang kedua adalah rem. Ban lebih besar bikin kinerja alat ciet makin berat karena gaya dorong akibat beban yang diberikan ban meningkat. Jadi jangan berharap kinerja rem akan bisa menyamai ketika ban motor brother masih bawaan pabrikan. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengganti piringan rem dengan diameter lebih besar pula.

C. Yang ketiga konsumsi bahan bakar. Ban besar tenyata juga menjadi biang motor menjadi lebih boros sebab kita dipaksa open throttle lebih dalam untuk mendapatkan tarikan yang diinginkan. Apalagi kalau route adalah model stop and go macam Jakarta yang macet parah dipastikan motor bakal sedikit rakus dibandingkan ketika memakai ban standart.

D. Yang keempat durability sproket gear. Ketika beban makin berat otomatis akan memperpendek umur gear sebagai piranti utama penyaluran tenaga dari mesin keroda.

E. Yang terakhir handling. Ban besar memang akan menambah kestabilan tunggangan ketika melaju pada kecepatan tinggi. Namun tidak ketika kita membutuhkan kelincahan dalam nyelap-nyelip dikepadatan lalu lintas. Karena ban besar otomatis akan menambah tenaga ekstra biker dalam menekuk stang kekiri atau kekanan.

Jadi seyogyanyalah dipikirkan secara matang-matang sebelum brother semua mengupgrade ban dengan ukuran lebih besar. Karena bagaimanapun segala sesuatunya sudah diperhitungkan secara meyeluruh oleh pabrikan. Namun jika sampeyan tetep kekeuh, maka dianjurkan mengganti maksimal dua ukuran lebih besar dari bawaan standart untuk meminimize segala effect yang tertera diatas. Semoga berguna……(iw/17/11/2010)

iklan iwb
Previous articleRossi sukses melakukan operasi bahu….
Next articleHonda CBR150 Januari 2011 akan segera launching diIndia..??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!