iklan iwb
iklan iwb

Tren dunia otomotif selalu berputar. Ibarat mode layaknya celana jeans….yang dulunya cutbray sekitar tahun 70an kemudian beranjak tahun 80an model strit yang ketat terus tahun 90an kembali lagi digandrungi jeans komprang dan 2000an beralih ke celana standart……seperti itu hanya bantuk pengulangan namun basicnya sami mawon. Lha terus apa hubunganya dengan motor…??

Percaya tidak kalau motor juga punya tren dan mode. Namun tentu dalam bentuk yang berbeda dengan baju. Motor  berevolusi menyesuaikan selera konsumen plus karena tuntutan teknologi didalamnya. Oke…saat ini kita tidak akan membahas engine atau semacamnya namun saya ingin menyoroti kecenderungan ATPM yang pelan tapi pasti meninggalkan head lamp model bulat. Style lampu membulat sudah tidak asing bagi kita. Lebih dari 3 dekade menguasai pasar tanah air. Walau tidak bisa dipungkiri beberapa ATPM juga pernah menelorkan produk berlampu kotak. Yamaha adalah salah satu ATPM yang sering nyenolong dari tren ini dari dulu. Contohnya RX-Z, RX-Special dan RX-King. Sedangkan Honda merupakan pabrikan yang paling rajin mengaplikasi round head lamp sejak tahun 1970an. Tercatat hanya Honda GL-Max dan GL-Pro keluar jalur. Namun direvisi kembali membulat pada tahun 1999 lewat Megapro…..GL-Max sendiri dimatikan oleh AHM so praktis Honda total meninggalkan lampu kotak. Hanya ketika menginjak tahun 2008 mencoba peruntungan dengan meluncurkan produk asimetris head lamp buat Tiger tapi hasilnya…..kurang menggembirakan!!

Lambat laun AHM sepertinya menyadari akan pentingnya mengikuti arus pasar. Dan Dazzler alias New Megapro sebagai bukti bahwa revolusi dari Honda dimulai Tapi kenapa Tiger kembali kelampu bulat..??. Pertanyaan brilian. Menurut berbagai analisa, tindakan itu sebenarnya merupakan bentuk pengakuan secara tidak langsung akan kegagalan desain lampu Tiger picek. Daripada runyam penjualan anjlok terus maka tiada jalan lain kecuali memberikan pilihan kepada konsumen dengan penyediaan dua varian. Sementara Yamaha dengan pede meninggalkan tren head lamp bulat menggantinya dengan bentuk kotak yang meruncing pada bagian bawahnya…..mirip-mirip paruh burung. Ditambah kini berseliweran head lamp model tudung satria baja hitam seperti Pulsar, TVS Apache. Jadi bagi sebagian orang saat ini round lamp serasa seperti old fashion..walau tidak sepenuhnya benar sebab Harley Davidson saja sebagai motor berkelas tetap mempertahankan ciri lampu bulat pada hampir keseluruhan produknya.  Tapi inilah realita demand konsumen tanah air yang begitu unik.  Buktinya New Megapro yang mengadopsi lampu head lamp layaknya motor India malah mendapatkan respon yang begitu positif dari para biker. Jadi apakah semua motosport tanah air bakal meninggalkan round head lamp version kedepannya?? kita lihat saja…….(iw/15/11/2010)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!