iklan iwb
iklan iwb

Banyak pertanyaan menarik tentang keputusan Honda mengadopsi engine satu silinder buat CBR250r. Tak bisa dipungkiri banyak  yang menyayangkan atau bahkan mencibir karena semua tahu bahwa generasi lawas saja malah menggunakan 4 silinder…..

Dalam hal ini Honda sudah mempertimbangkan secara matang. Menurut salah satu orang Jepang dijajaran AHM, pabrikan sayap mengepak tersebut mencoba untuk memposisikan CBR250r menjadi produk down to earth atau merakyat. Karena bagaimanapun mesin dengan silinder tunggal lebih murah jika dibandingkan dengan twin. Mulai dari maintenance serta jumlah suku cadang yang dibenamkan pada engine lebih sedikit. Sehingga tidak heran CBR250r berat kosong hanya 161kg. Bandingkan dengan Ninja 250r  yang 169kg. Koq merakyat kepriye to..?? kalau dilihat harga banderol baru CBR250r termasuk murah ketimbang pendahulunya. Saat ini saja CBR250r keluaran 1996 4 silinder bekas masih dijual pada kisaran $ 5000 atau setara dengan harga CBR250r 2010 anyar. Dengan berbagai penyunatan kemampuan engine serta meminimize jumlah komponen didalamnya maka tidak heran kini CBR250r 2010 bisa dikatakan lebih murah dan terjangkau. Apalagi fitur ABS tidak lupa absen. Silinder tunggal juga sangat berpengaruh dalam menghemat bahan bahan bakar. Jadi kenapa CBR250r memilih mengadopsi silinder tunggal..?? simpel mybro. Yaitu untuk menekan harga banderol sehingga produk ini bisa bersaing mengganjal dominasi Ninja 250r yang seakan tanpa lawan. Misi ini tidak akan tercapai jika Honda mengeluarkan mesin dua silinder atau bahkan 4 silinder seperti kakeknya sebab harga jual bakal melambung tinggi. Semua sudah dalam proses research and development secara akurat dan teliti. Toh performa juga tidak jauh-jauh amat dengan Ninja 250r kan??….jadi berhentilah mengharapkan lebih karena jika diluluskan maka harga CBR250r dipastikan tidak semurah sekarang. Nggak percaya..?? monggo tanya saja langsung pada Horie san 😆 (iw/31/10/2010)

iklan iwb
Previous articleEstoril Lorenzo masih yang terdepan…
Next articleWoro-worooo…Ninja 150rr facelift sudah ada didealer Kawasaki!!!…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!