iklan iwb

Akhirnya STNK sikebo biru sudah datang. Langsung pasang plat nomor orisinil dan ngacir kejalan raya dengan tenang. Maklum rasa penasaran potensi motor gambot Yamaha ini belum sepenuhnya tereksplorasi…….

Berangkat pagi menuju keJakarta berbekal doa dari rumah supaya tidak hujan…plus diberi keselamatan tentunya. Oh ya…kini tunggangan anyar telah tembus 511km. tidak terasa mengingat baru seminggu dipakai Jakarta-Depok. Setelah satu minggu berikut kesan-kesan saya ketika nyemplak Byson :

1. Suspensi agak keras jika dibandingkan dengan Megapro atau Tiger sekalipun. Kelebihan tidak terlalu empuk ketika buat rebah sangat stabil. Walau gambot manuver enteng dilakukan. Test dengan cara? zig zag tidak ada gejala limbung atau oversteering. Namun dengan kondisi ini sedikit mengurangi kenyamanan ketika kita berjalan melewati jalan beton (Bisa jadi ban tubeless terlalu keras)…dijamin perut yang buncit jadi langsing karena goncangan kecil yang dirasakan.

iklan iwb

2. Konsumsi bensin sejauh ini belum test secara akurat. Namun berdasarkan feeling tidak terlalu boros tapi juga tidak terlalu irit. Berkisar 1:45. Tentu saja tergantung gaya berkendara juga. Bar bensin akan cepat turun jika kita sering betot gas.

3. Ergonomi berkendara buat jarak jauh cukup nyaman. Namun ketika jalanan macet tidak terlalu lincah untuk nyelap nyelip akibat stangnya yang lebar (Ya iyalah nyamainnya sama Megapro lawas yang stangnya mungil xixixixi…)

4. Karakter mesin sangat smooth. Perpindahan gigi halus serta nyaman. Ternyata penambahan sistem tuas pada perseneling buat injak tumit dari YMKI membantu sangat signifikan. Kendati sebagian orang mencibir sistem tersebut karena merusak penampilan gen FZ16 ini, pada faktanya mampu merubah pandangan saya secara pribadi ketika menungganginya. Iseng-iseng nyoba dengan sistem cungkil kaki…menyiksa bro. So good job buat YMKI….

5. Accelerasi…..nih dia. Pasti menarik buat para speed freak. Byson ternyata powerfull dirpm awal hingga 5500 saja. Namun ketika sudah menggapai diatas itu pergerakan terbilang lemot. Sangat terasa tendangan torsi kedodoran akibat ban yang besar. Khusus untuk gigi 2 – 3 kurang bertaji. Powerband terasa sempit. Yang paling mantep adalah gigi lima. Pada final gear inilah terasa kenaikan mesin bisa disumberdayakan secara signifikan. Sayang sejauh ini kecepatan hanya bisa dikembangkan hingga 91km karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan…..ramai bro, ngeri.? Terus apa kesimpulannya..??

saya tidak rekomendasikan buat biker yang suka geber-geberan. Karakter mesin Byson bisa saya bilang “ngayun” dengan kata lain hentakan awal mesin kurang.? Tapi beda cerita ketika sudah jalan sangat comfort dan mesin halus. Lho koq bisa begitu..? analisa mengarah pada ukuran ban yang besar serta penyekat (Catalic Converter) yang kelewat gede pada knalpotnya. Byson cocok buat touring jarak jauh yang mengutamakan kenyamanan, kestabilan handling serta mesin yang minim vibrasi. Apa yang saya uraikan diatas dalam kondisi standart pabrikan. Jika dioprek akan beda ceritanya. So monggo disimpulkan. Semoga bisa menjadi bahan referensi…….(iw/23/10/2010)

17 COMMENTS

  1. @ Asmarantaka
    Bener…kalau rem emang belakang sangat jomplang jika dibandingkan dengan depan. Jangan berharap dengan tromol karena dipastikan walau tuas diinjak tetep nyelonong tuh mtr. Tapi sejauh ini tdk ada masalah karena rem depannya pakem sadis bro. So…so far so goodlah

  2. Wuih.. Mayan irit tu 1:45 Mas Bro..

    *gara2 sibuk mo turing bek tu hom ni jd ketinggalan.. (galon ku kosong)

  3. Hmmm…
    Ditunggu review2 selanjutnya dari si kebo biru… 😀
    @hourex
    jiahh…mau mudik masih sempet2nya posting komen..
    Wkwkwk…

  4. @ Hourex
    Wis kono cepet budal mz bro….sing ati2
    @ Daris
    Nice inpoh bro. Soale belum ngisi angin sejak baru…
    @ Spies
    Siap komandan….dilaksanakan!

  5. Bro iwan kerja di daerah pancoran tepat ny dimana bro,??
    kali aza ada waktu long’s bisa sowan ke sana (itu pun klo bro iwan mau)

    Dapet NO Flat ny cantik ga bro,??
    B 150 N

  6. kira2,plastik kondom tangkinya ampuh ndak bos(bunyi/getar kaya bodi bebek itu)?apalagi,kata bos tadi getaran nya bisa bikin perut langsing.

  7. Byson ternyata powerfull dirpm awal hingga 5500 saja. Namun ketika sudah menggapai diatas itu pergerakan terbilang lemot. Sangat terasa tendangan torsi kedodoran akibat ban yang besar.
    ====================
    wahwahwah ganti bannya alay aja bro biar ngacir,apa bener karna ban yg kelewat besar atau emang mesinnya yg dodol,ehmmm

  8. @ Mr Long_s
    Bukan dipancoran…diSudirman bro. Monggo silahkan. Nomornya boleh juga tuh….
    @ Ledjie
    Ini bro yang saya acungin jempol. Kendati dari resin tapi sunyi senyap tanpa getaran serta bunyi…
    @ Osan
    Tenang bro…buan berarti larinya lemot banget koq
    @ Early
    Buat boncengan termasuk mantep bro. Nggak berat buat manuver. Nggak kayak motor saya sebelumnya. Penghitungan geometri sip bngt…
    @ Biker 46
    kalau mesin Byson nggak dodol koq bro. Yahud juga. Kalau saya analisa ban yg kelewat gede……

  9. Klo di compare sama thunder 125 gmn mas… Ergonomi sama lemot’y??
    Apik sing endi…??
    itu montor bapakku mas, rasa’y lemot n tangan pegel banget mass…

  10. @ Bikerzitem
    Kalau dibandingin Thunder125 jauhlah bro. Saya luruskna…perbandingan yg saya maksud disini jika dicompare dengan Vixion atau New Megapro. Ergonomi Byson juga oke karena tidak bikin capek. Paling bokong aja sedikit panas karena joknya bagi saya agak keras jika dibadingkan megy lawas saya dulu…..

Comments are closed.