iklan iwb
iklan iwb

Kali ini kita sedikit melenceng dari topik biasanya bro. Bukan karena apa brother, namun perkembangan bumi kita ini dari hari kehari makin mengkuatirkan…sedikit tidaknya membikin kita berpikir dan merenung……ada apa dengan planet kita ini?………..

Hari ini kita dibikin terhenyak atas adanya hujan es didaerah Cilandak Jakarta Selatan. Lha kok aneh..?? masak kita punya 3 musim?.  Sudah jelas dimata pelajaran sekolah kita dulu dijelaskan bahwa ditanah air hanya punya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Dua hari yang lalu saya ngobrol dengan orang Amerika…namanya Mrs. Funston. Gejala kerusakan alam sudah semakin parah juga terjadi dinegaranya. Selain angin topan melanda Amerika, yang terbaru adalah didaerah Colorado. Pada bulan Oktober baru-baru ini masyarakat disana dikagetkan oleh turunnya kapas putih…yang tak lain dan tak bukan adalah salju. Hal ini tidak lazim karena menurut beliau seharusnya pada bulan tersebut adalah musim panas. Begitu juga diAustralia. Kota Adelaide salju malah turun dengan curah hujan melebihi sewajarnya hingga menimbulkan tumpukan kapas putih hingga satu meter. Belum lagi banjir bandang yang menerjang kota-kota modern dimana dalam sejarah tidak pernah terjadi sebelumnya. Semua tentu ada sebabnya. Bumi sudah semakin tua namun manusia malah semakin rakus dengan mengabaikan segala sinyal dari Ilahi. Coba sampeyan bayangkan. Pada era kita saja bumi ini sudah begitu tidak stabil. Gimana ketika masa anak cucu kita kelak..?!

Tanda-tanda pemanasan global atau biasa disebut climate change sebenarnya sudah terjadi sejak masa modernisasi tahun 1980an. Ketika kehidupan menuntut untuk selalu lebih baik dengan peralatan yang serba ada. Peralatan yang bisa membantu kenyamanan, kemudahan bagi umat manusia. Namun celakanya semua itu tidak dibarengi tindakan “recycling” secara benar. Khususnya dalam hal penghijauan kembali hutan yang telah terpakai. Lahan yang semakin sempit akibat makin membengkaknya polusi manusia. Polusi yang gila-gilaan akibat asap industri, otomotif serta rumah kaca. Jika tidak ada tindakan nyata maka sinar ozon yang sudah tipis akan semakin tipis dan akhirnya suhu bumi akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Dampaknya…..sangat mengerikan bro. Diterangkan oleh National Geographic Channel, Green land merupakan pulau terbesar didunia yang berisi gletser dengan luas sekitar 1,75juta km2. Fungsi pulau es ini ternyata sangat penting karena mampu membantu mendinginkan suhu bumi. Ozon dan Greenland ibarat perisai dari panasnya sinar matahari. Namun sayang perisai tersebut makin pudar. Berdasarkan penelitian dari satelit pada tahun 1992 Greenland menorehkan record tersendiri selama 28tahun terakhir karena telah melelehkan gletsernya hampir 80% dari total wilayahnya. Jika disatukan hal ini sama seperti Spanyol, Italia serta perancis. Kalau tidak ada gotong royong masal maka kedepannya  dikuatirkan gletser Greenland akan sirna. Jika itu terjadi maka permukaan laut  bumi akan naik hingga 7 meter. Kalau udah meningkat terus piye..?? Pada level ini dipastikan peta dunia akan banyak berubah. Bakal banyak pulau bakal tenggelam bahkan beberapa ahli memprediksi ribuan kota yang terletak dekat pesisir akan musnah. Belum lagi efek pencairan ternyata akan dikombinasikan dengan penguapan dimana hal ini bisa memperparah kondisi iklim bumi. Sekali lagi ini bukan dongeng……saya yakin kita pasti sudah sering dengar akan semuanya. Tapi dampak makin parah baru kita rasakan akhir-akhir ini. Dan ini masih permulaan. Jika manusia tetap budek mengabaikan sinyal dan teguran dari sang pencipta……niscaya bencana lebih  besar akan terjadi. Padahal  Allah telah memperingatkannya jauh ketika masa ini belum terjadi dalam QS. AR-RUM :

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ

Artinya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. 30:41)

Semoga kita selalu diberi iman dan dijauhkan dari bencana. Amin ya robbal alamin….(iw/21/10/2010)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!