iklan iwb
iklan iwb

Selama ini hanya mengetahui Scorpio anyar dari gambar-gambar dan kemarin tanpa sengaja melihat penampakan New Scorpio sedang didisplay pada salah satu show room Yamaha. Langsung timbul jiwa penasaran dan satu kata yang bisa saya ucapkan……ternyata bagus juga bro. Walau banyak suara minor tentang facelift yang dilakukan tapi saya bisa katakan revisi chasing ini membuat penampilan sikalajengking jauh lebih bagus dari pada scorpio lawas……

Dengan harga 23,5juta new Scorpio worthed to buy jika dibandingkan motor dengan rentang harga sama. Kenapa..?? mesin kencang perawakan keren ada padanya. Keraguan seakan sirna setelah melihat secara langsung Yamaha Scorpio yang telah dipajang pada salah satu show room Yamaha. Lekukan tanki yang gambot namun didesain sedemikian rupa hingga paha serta lutut dipastikan menjepit sempurna. Jujur ergonomi riding Byson kalah dibanding Scorpio anyar yang terasa mantap menyatu ketika bokong ditaruh dijok. Saya bisa membayangkan kenyamanan handling ketika digeber pada kecepatan tinggi. Kemudian body belakang kelihatan nungging tanpa harus menambah adaptor pada suspensi monoshocknya. Nuansa sport juga terpancar dari tutup tanki, plus speedometer yang kelihatan lebar serta mudah dibaca. Walau banyak yang mencibir dipertahankannya model analog ini , tapi dalam opini saya malah tampilan speedometer menambah keren kalajengking anyar.

Seakan tidak mau kalah dengan sang adik (Yamaha Byson) kini knalpotĀ  mengaplikasi sistem kondom sehingga tidak akan berbahaya jika disentuh ketika suhu panas. Saya berani bertaruh bahwa tampilan Scorpio 2010 baru ini tak akan kalah jika berjejer dengan Honda Tiger Revo sekalipun. Hanya satu yang mengganjal dihati yaitu bentuk headlamp dan rear lamp yang serasa kaku. Namun secara overall….manteepppp tenan!!!! Terus bagaimana dengan monocrossnya yang ambles. Secara kasat mata YMKI nampaknya telah melakukan merevisi disektor tsb. Terbukti ketika coba dinaiki respon suspensi tidak ambles alias normal-normal saja. Begitupun ketika dicoba nongkrong berdua semua dalam tahap wajar. Padahal Scorpio lawas sudah kelihatan langsung ngesot kebawah hampir menyentuh fender belakang ketika kita menaruh beban dijok boncenger. So mau tunggangan kencang penampilan oke dengan harga realistis…monggo Scorpio pilihannya. Akhir kata, didunia ini memang tidak ada produk yang sempurna….so waktu yang akan menjawabnya. Daripada saya terlalu banyak ngoceh, monggo dilihat secara seksama potongan-potongan jepretan photo dibawah. Maaf kalau buram soale motret pakai HP plus masih amatir bro. Btw semoga berguna….(iw/13/10/2010)

iklan iwb

Spesifikasi Yamaha New Scorpio

Machine

Tipe Mesin:4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Diameter Langkah:70,0 x 58,0 mm
Volume Silinder:223 cm
Susunan Silinder:Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi:9,50 :1
Power Max:13.4 [email protected] r/min (18.2 [email protected] r/min)
Torsi Max:17.5 [email protected] r/min (1.78 [email protected] r/min)
Sistem Pelumasan:Basah
Oli Mesin:Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
Radiator:
Karburator:(MIKUNI) BS30 x 1
Putaran Langsam:
Saringan udara:
Transmisi:5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Kopling:Basah, Kopling manual, Multiplat
Caster / Trail:
Rasio Gigi:
Sistem Starter:Electric Starter dan Kick Starter

Dimension

Panjang x Lebar x Tinggi:2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
Tinggi Tempat Duduk:770 mm
Jarak Antar Roda:1.295 mm
Jarak Ke Tanah:165 mm
Kapasitas Tangki:13 Liter
Berat Isi:141 kg
Berat Kosong:

Chasis

Tipe Rangka:Double Cradle
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan:Cakram
Rem Belakang:Tromol
Ban Depan:80/100-18 47P
Ban Belakang:100/90-18 56P
iklan iwb
Previous articleTerbukti Bridgestone memang jempolan….
Next articleWalah….motor BM koq dilawan?!…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!