iklan iwb

Sorry brother jika saya sedikit telat menulis tentang performa motor anyar ini. Sengaja memang karena saya ingin mengeksplorasi secara betul-betul sebelum melakukan share info mulai dari engine serta hal-hal detil didalamnya. Walau belum maksimal karena kondisi yang tidak memungkinkan setidaknya bisa memberikan gambaran kelemahan serta kelebihan motor berkubikasi 150cc ini…..

Bagi saya yang dulunya menaiki Honda Megapro sejujurnya agak susah melihat celah kelemahan mesin dari Yamaha Byson. Walau tidak ada kelebihan berarti yang dibenamkan pada mesin Byson, namun saya merasakan respon mesin pada putaran bawah sungguh mumpuni. Apalagi didukung oleh bodynya yang gambot serta gahar. Oke…berikut test yang saya rasakan :

Mesin

iklan iwb

Engine dari Yamaha Byson terbilang sangat halus. Getaran juga minim saya rasakan dibanding motorsport lain (tapi masih dibawah Pulsar). Ketika mesin dihidupkan suara garing langsung terdengar….dan herannya saya merasakan Pulsar taste disana so berbeda sekali dibanding Yamaha Vixion ataupun Scorpio. Ketika motor berjalan, jujur respon diluar ekspetasi. Saya membayangkan accelerasi bakal lemot karena bannya yang terlalu gede buat mesin kubikasi mungil. Walau klaim pabrikan tarikan 14nm, toh kadang pengukuran dari crank case saja. Ternyata Yamaha sudah sedemikian memperhitungkan dan alhasil accelerasi yamaha Byson bisa saya bilang jempolan. Hal ini terbukti ketika kita buka gas dikit saja motor langsung ngacir. Powerband terasa rata dari rpm 3000 -5000 sangat enteng naiknya. Padahal motor masih 30km dimana pada kondisi? inreyen seperti ini? kemampuan mesin belum keluar sepenuhnya. Torque berdasarkan feeling ketika dari diam Byson tidak kalah dibanding Honda Tiger. Dari analisa pribadi mesin seri FZ ini punya kans untuk kencang. Hanya tinggal ganti? pelk alumium plus ban kecil, CDI unlimiter serta ganti knalpot freeflow…drag 10om dengan mesin sejenis saya berani bertaruh Byson bakal menjadi momok menakutkan. Perpindahan gigi per gear sangat smooth namun sesekali kadang suka ngelos (bisa jadi karena kurang biasa). Kelemahan lain mesin motor serasa cepat panas. Kalau masalah ini pemilihan oli yang lebih baik bisa jadi solusi tepat mengingat oli masih standar pabrikan. Sayang saat ini? hanya bisa menggeber maksimal pada kecepatan 50km/jam disebabkan test ride dijalanan aspal perkampungan…..

Handling dan ergonomi riding

Nah….ini yang superior. Kendati masih menggunakan sasis diamond, ternyata Byson sangat stabil. Apalagi ketika dibuat rebah….wisss mankyussss tenan! dijamin bakal ngikut tuh motor selama nyali masih ada. Kombinasi pelk lebar ENKEI, ban IRC Road Winner tubeless plus suspensi monocross system bukan isapan jempol belaka. Oh ya…untuk jok lumayan tinggi. Saya yang bertinggi badan 170cm, kaki tidak bisa menapak ditanah dengan sempurna. Kemudian untuk posisi duduk kita dipaksa sedikit ngangkang karena gambotnya tanki. Diperparah lagi tangan juga “jepaplang” akibat lebarnya setang. Tentu ada plus minusnya. Kelebihannya biker akan kelihatan gagah sebab tunggangan layaknya supermoto tapi kalau jarak jauh saya ragu badan tidak capek oleh karenanya.

Kesimpulan…Jika ditilik dari penampilan serta performa Byson adalah motor yang sangat wajar jika dibanderol seharga 19,9juta. Memang tidak ada produk yang sempurna……semua tergantung selera. Saya pribadi sejauh ini sangat puas. So brothers…kalau ada pertanyaan, monggo ditulis dibawah komentar. Saya akan jawab sebisanya. Maturnuwunnn…..(iw/12/10/2010)

 

 

73 COMMENTS

  1. denger2 knalpot byson ada catalic converternya (ga tau bener ato ga tulisannya :p ) apa sih kekurangannya? katanya juga CC ini menimbulkan feedback, maksud e piye ya?
    tolong jawabannya ya….sy aja bingung sama pertanyaan sy sendiri 🙁

  2. @sonny : mau tahu dapet berapa main aja kerumah ane. aku udah ganti apa yg ente mau> cek aja sendiri jadinya gimana. *rahasia bro. hihihi.
    @WIJAYA : irit kok bro. di indikator bensin byson ada 6 strip, dan maksimal byson bawa 12 liter. katakan lah satu strip 2 liter (12:6). itu 200KM aku cuma habis dua strip. itung aja sendiri seliter berapa *belom buat jalan2 dll.
    @agus mj : kl mau pake plug and play *moga2 kata2nya ga ngawur. beli knalpot free flow, CDI unlimit. cukup. kl mau kencengan lagi aku punya infonya. tp maaf blm bisa sharing ya. masih pngen menikmati sendiri. hehehehe 😀
    @keisya : CC mah semata buat biar ramah lingkungan. berat bgt kenalpot bawaan pabrik. 5 kg ada deh…..
    @mzpay : MX pake klep 4 bro, mesti ae lebih enak.

  3. boz, gimana nich pendapatnya tentang suspensi monocross byson yang bisa di atur smpai 7 posisi, kira2 ngaru nggak sma ketahanan shockbekernya sendiri????

  4. ane pake byson mas bro…..emang sih tinggi…shock depan ane turunin sampe mentok setang aja kaki blom nyampe….tapi ane puas naikinya…enteng tarikanya…cuma ky nya harus di koprek biar speed nya nambah……juntuk visual dan kenyamanan …OK la.

  5. numpang nanyak bro, kalok gas nya tiba2 hilang dan bisa menyebabkan motor mati, tu permasalahanya dari mana bro…?

  6. byson saya kok sering hilang power …..lebih mirip motor yg telat bensin …..hidup tp nd mau narik….tolong donk infonya…..

  7. Oli mesin yang sangat cocok untuk yamaha byson tuh apa mas bro, sehingga mesin gak jadi cepet panas

  8. Ada 1 lg bro kekurangannya,oli mesin cepat sekali berkurang,pdhl mesin msh standart n sehat.. Knp y bro?? Apa ada yg pnya solusi???
    suwun bro!!

  9. halo mas brow smua,,ane mau brbagi sdkit informasi nih,,ane dh pke mbah byson 1 th lbih n byson ane udh ane gnti busi iridium n knalpot dh racing,,trus ane g nyangka stlah ane tes dijlan raya kcpatanya nympe 138km/jam,,pdhal bannya udh ane gnti yg dpan ukuran 130 trus yg blkang 150,,
    salutt deh ma yamaha byson
    jdi bangga sndri,,hehe 😀

    • @masbro agung..anne mo nanya nihh..ane ganti kbalpot racing koq knalpot’a meledak”ya???karbu dah di stell tapi masih aja mledak”..tolong solusi’a..trimakasih

  10. Uah thank’s mas info nya
    Saya jadi yakin mau beli byson,kemarin kemarin saya masih ragu mau beli byson..hehe
    Mas apakah sama performa byson versi sekarang (2013) sama byson versi lawas?

  11. Halo brow saya punya kendala dengan motor saya kalau di tarik gas kaya telat bensin dan larinya juga kurang begitu cepat kendalanya apa ya brother

  12. karbu orinya vakum dan vakum itu denger2 kurang responsif. Apakah karbu byson-nya mas iwan ori??

  13. kenap nya aq puyak byson thn.2010
    dan kalau jarak di tempuh 1 atau 2 kilo tiba2 mati
    kadang kalau pagi2 ngidupin motor aq tiba2 di gas mati kenap nya

    mintak solusinya

Comments are closed.