iklan iwb
iklan iwb

Siapa yang meragukan kualitas genk ijo ini. Dari mulai kelas bawah sampai premium sudah  terkenal dengan kehandalannya. Bahkan menurut Ito san, orang Jepang yang bekerja diperusahaan penyuplai blok silinder mesin roda dua pernah mengatakan bahwa jika berbicara kualitas Kawasaki lah rajanya. Entahlah hal itu didramatisir atau tidak tapi bisa kita lihat rata-rata mesin Kawasaki memang bandel. Ternyata konsekuensi bandel tersebut harus dibayar cukup tinggi. Salah satunya harga sparepart yang terbilang lebih mahal dari kompetitor. Dan hari ini saya buktikan sendiri………

Yup…..sibebek Ijo, Kawasaki Athlete tidak terasa telah dua tahun menemani siMegy lawas dalam bertransportasi harian. Tercatat selama rentang waktu tersebut tidak banyak keluhan terhadap AX125 (Athlete). Memang saya sendiri lebih banyak menunggangi Megy daripada AX125 karena ketika jarak jauh motor sport terasa lebih nyaman ketimbang siijo yang cenderung menunduk. Boyok pedhot rasane kalau kelamaan. Umur dua tahun….perbedaan mencolok adalah pada mesinnya yang terasa malah makin halus. Walau bercc 125,  kapasitas oli seperti layaknya motor laki yaitu 1 liter tidak boleh kurang. Buat jalan santai pokoke maknyus (halah kok jadi testimoni ya….). Hingga baru 4 hari kebelakang rem cakram belakang berbunyi….srek srek srek. Saya pikir mungkin kotor gara-gara kena hujan berhari-hari. Tapi setelah diintip…walah baru ngeh kalau kampasnya habis. Karena tidak mau ngorbanin cakramnya dengan pede meluncur kedealer Kawasaki terdekat agar lekas diganti.” Mas…kampas rem belakang buat Athlete,” pintaku kepenjaga sparepart. Si mas menatap sambil bertanya,” Mau yang paling bagus apa yang biasa??” sambil merapikan baut-baut yang berserakan dimeja. ” Yang bagus dong !!!”, seruku dengan pede sambil merogoh dompet disaku celana. Mas penjaga dealer langsung mengambil barang didalam  dus yang berjajar rapi. Kemudian bergegas duduk kembali seraya membuka komputer tanda open transaksi dimulai. Sebelum settlement dilakukan saya inisiatif bertanya. ” Berapa mas harganya..?? sambil melongok kekomputer. “Duaratus enampuluh ribu mas..” Jawabnya dengan enteng. Saya bengong. “ Hah, berapa..??? kembali bertanya takut salah dengar. ” 260ribu mas…..!! serunya kembali. Asem….larang tenan. Ini harga kampas rem apa harga emas ?!. Seumur-umur punya motor harian dari merk Yamaha, Suzuki dan Honda belum pernah mendengar ada kampas rem harga 260ribu. Karena merasa terlalu mahal langsung saya batalin. Untungnya pihak Kawasaki mempunyai alternatif sparepart. Dibawah 260ribu, pilihan kedua 90ribu dan yang paling murah 35ribu. Cilokone didompet ternyata cuma ada 70ribu. Pede langsung buyar…..akhirnya maksud hati pengen beli yang bagus jadi yang paling murah belinya, yaitu harga pahe 35ribu…….yo wis hajar saja daripada balik dengan tangan hampa serta miris dengar suara berisik cakram belakang.

Terus terang harga yang ditawarkan pihak dealer Kawasaki membuat saya shock. Bolehlah kalau kampas tersebut buat Ninja 250r….udah jelas karena motor  produk premium. Lha ini….Kawasaki Athlete, motor kelas bebek. Differensiasi cukup jauh jika kita bandingkan dengan pabrikan Jepang lainnya. Kawasaki memang top kalau soal harga sparepart. Tapi tentunya hal itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Harga mahal bahanpun memang beda. Untuk yang murah dipastikan akan cepat habis dibanding dengan yang mahal. Untungnya KMI disini cukup jeli dengan memberikan alternatif sampai 3 pilihan yaitu harga 260ribu, 90ribu dan 35 ribu untuk Athlete. Sedangkan Ninja 2tak saat ini hanya ada 2 pilihan yaitu harga 90ribu dan 35 ribu. Lho koq beda..??. Bisa jadi sparepart tersebut import langsung dari Philipina yang terkenal dengan Kawasaki Fury disana. Entahlah…at least mereka tahu bahwa kita membutuhkan suku cadang yang terjangkau dan Kawasaki Indonesia ternyata cukup mengerti akan hal itu dengan adanya beberapa pilihan. So brother….genk ijo ternyata tidak terlalu menakutkan seperti yang kita kira kan..??!! (iw/27/08/2010)

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!