iklan iwb
iklan iwb

Ada-ada aja penyakit motor yang kadang-kadang bikin orang kebingungan. Setelah lebih dari 8 tahun memakai Megapro, baru beberapa bulan yang lalu tiba-tiba mesin  motor mati seperti kehabisan bensin. Unik dan lucunya tidak ada yang bisa sampeyan lakukan selain minggir, cari tempat duduk yang nyaman kemudian ambil sebatang rokok dan tunggu beberapa saat…………..

Kejadian disekitar jalan juanda Depok pada jam sibuk ketika semua orang pada pulang kerja. Tidak ada gejala apa-apa selain motor sedikit endut-endutan beberapa detik tapi setelah itu normal kembali. Selang 1 km berjalan tiba-tiba mesin mati. Anehnya ketika distarter mesin ngempos tidak ada kompresi sama sekali. pake kick starter serasa…blessss…..tidak nendang. Garuk-garuk kepala karena bingung. Maklum bukan mekanik jadi sedikit shock. Kalau dari analisa bisa aja ring seher atau bensin??…tapi nggak mungkin karena kondisi fuel tank. Busi, koil, CDI..?? meragukan. pembakaran bagus dilihat dari percikan api busi berwarna biru. Sudah 5 menit sampe kringetan…toleh kiri-kanan nggak ada bengkel. Walah…tobat tenan. Akhirnya teringat teman kantor yang menunggangi Tiger keluaran 2004. Siapa tahu teman ngerti…akhirnya telp ke doi. Bukannya jawaban yang diterima, tapi malah ketawa sejadi-jadinya. Walah…piye to iki??

” Tenang bro…loe cari tempat duduk yang enak, nikmati aja lihat lalu lalang orang lewat. Paling 15-20 menit bakal kembali normal koq” ….Ujarnya sambil ketawa. Saran yang aneh. Karena udah putus asa, mau nggak mau ngikutin apa yang teman sarankan. Dan ajaib….sim salabim setelah lebih kurang 20 menit kompresi balik lagi dengan indikasi kick starter diengkol jadi berat alias ada tendangan balik. Brumm…..mesin langsung nyala. Kutu kupret…benar-benar ngerjain nih motor. Karena tidak mau terulang lagi besuknya langsung kebengkel AHASS terdekat. Menurut mekanik itu terjadi karena seher sudah terlalu kotor akibat kerak-kerak dari bekas pembakaran jadi harus servis besar. Maklum motor tua katanya. Mereka hanya menyarankan pakai bensin pertamax sesekali supaya bisa membantu merontokkan kerak yang ada. Berhubung tidak ada waktu sampai detik ini sudah 5 bulan berlalu dan alhamdullilah penyakit tersebut tidak terulang lagi.

iklan iwb

Usut punya usut hal ini ternyata sering terjadi pada penyemplak motor sport Honda. Tidak terkecuali seperti teman saya diatas (Tiger 2004). Begitupun pula kalau brother nyambangi website Megapro forum. Disitu malah dijumpai Megy keluaran anyar,  baru pakai 1 tahun juga pernah mengalaminya. Jadi belum tentu karena usia motor yang sudah renta. Herannya rata-rata sama….obatnya hanya duduk manis, rokokan…..15-20 menit dijamin normal kembali. Untungnya virus ini tidak sering terjadi. Kalau dihitung mungkin 1 tahun hanya 2 kali. Malah saya sendiri setelah 8 tahun baru sekali dan semoga tidak mengalami lagi. Serem bro. Untung saya kejadian ditengah kota. Lha kalau sampeyan tinggal dikota kecil sementara kejadian ditengah hutan yang rawan perampok. Nunggu 20 menit…apa nggak stres dibuatnya. Sampai sekarang teka-teki ini masih meragukan karena masing-maisng mekanik mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Wis embohlah…..btw ada nggak bro yang pernah mengalami kejadian seperti diatas. Monggo dishare…….(iw/6/8/2010)

iklan iwb
Previous articleHonda Tiger anyar….serupa tapi tak sama!!!
Next articleWaladalah…AHM ngamuk membabi buta!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!