iklan iwb
iklan iwb

Sebenarnya gimana sih kiat inreyen motor yang benar??….terus boleh nggak sih digeber mesinnya..??. Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali terlontar dari para pemilik motor baru. Ada yang bilang boleh dan juga ada yang bilang tidak. So mana sih yang benar..????

Ketika mencoba motor Megapro tetangga keluaran tahun 2008 saya sedikit tertegun. Motor yang terbilang masih baru serta mesin alus bak kulit perawan serasa kurang memuaskan keinginan hati. Ketika gas dibuka respon lumayan halus serta tarikan tidak terlalu mengecewakan. Tapi beda ketika rpm sudah beranjak naik ke5000 laju motor serasa tertahan. Megy sohib dekat ini memang tidak pernah dipakai geber-geberan. Malah cenderung sopan bak priyayi (bangsawan). Doi punya prinsip paten bahwa bawa motor tidak boleh kasar. Servis rutin sebulan sekali, busi diganti tiap 3 bulan atau paling lambat 6 bulan sekali. Manteeppp…..alhasil mesin nyaris tak terdengar. Apalagi inreyen dulu…..buat boncengan aja bisa teriak-teriak kesaudara yang pinjam motornya. Wis luar biasa pokoke. Tapi anehnya jadwal ganti rantai keteng hampir sama seperti Megy saya yaitu perdua/tiga tahun sekali. Padahal saya pribadi kalo memperlakukan  tunggangan wis nggak karu-karuan deh.

kala inreyen dulu tahun 2002… masih 500km motor sudah digeber mencapai 100km/jam. Ketika lolos servis pertama pada kilometer 800, speedo sudah menorehkan record 125km/jam….gas mentok!. Suara motor laksana diesel, kasar nggak karu-karuan. Mesin baru mencapai kilometer 3000km  (2bulan) sudah melalang buana diajak pulang kampung keJawa Timur. Dan ketika motor berumur 7bulan perjalanan jauh kembali dilakukan yaitu keTegal (dari Jakarta) pulang pergi tanpa ganti oli mesin. Dilalah dijalur Indramayu diajak geber-geberan sama RX-King. Pada masa 7 bulan pakai memperlakukan motor tidak tanggung-tanggung selalu puntir gas mentok sambil main selip kopling jika bertemu sama pengendara ugal-ugalan (Dasar masih darah muda dulu hehehe..). Alhasil..????……mesin seperti bunyi dinamo, kasar layaknya rantai keteng minta ganti. Dicheck katanya rantai keteng bagus …hanya ditemukan blok mesin dalam sudah oblak. Walahhh…ciloko!! tidak kehilangan akal, dengan dalih dapat barang cacat saya klaim ke Wahana ( mesin karena baru berumur 8 bulan oblak antara seher dengan dinding blok silinder). Permintaan diluluskan Honda. Blok mesin diganti baru….itupun motor harus nginap sebulan diWahana Ahass Ciputat.

iklan iwb

Anehnya setelah kejadian itu durability motor malah oke. Larinya makin ngacir enak maknyusss.Tercatat sekarang hampir 7 tahun umurnya jika diajak geber-geberan sama motor baru masih bisa jabanin. Tapi tolong jangan dicontoh. Karena perlakuan tadi salah total. Oke dari semua pengalaman serta konsultasi sama ahli mekanik mesin berikut perlakuan yang benar terhadap motor inreyen supaya motor enak larinya kelak. Jika kita mengikuti buku panduan tentunya brother bisa baca sendiri. Karena kiat yang kami berikan agak berbeda. Boleh dicontoh boleh nggak.

1. 500km pertama boleh kencang asal buka gas diurut. Tapi tolong jangan sampai gas mentok (60-70km/jam). Pada masa ini adalah masa penyesuaian antar komponen, memperhalus permukaan logam mesin yang saling bergesekan. Penggantian oli pada 500km pertama adalah wajib hukumnya untuk membuang gram-gram mikro yang terkikis dari permukaan logam tadi. Kurang dari 500km pertama juga dianjurkan (Mungkin 400km). Oh ya….boncengan tidak dilarang ya bro.

2. 1500km geber montor jangan pecicilan dulu. 100km/jam bolehlah. Asalkan diurut. Servis pertama, ganti oli, setel klep, pembersihan filter plus rantai pengencangan rantai roda dilakukan.

3. 2500 km ke atas saya rekomendasikan motor boleh digeber gas mentok. Sesekali digeber akan memperlancar kinerja mesin serta membuang kotoran-kotoran deposit karbon yang tidak perlu.Dan terbukti motor emang lebih maknyus walau sudah berusia manula sekalipun.

So brother semua terserah sampeyan. Kalau ragu jangan ditiru…dan ini hanya pengalaman pribadi serta share info dari para mekanik kenalan. Yang penting adalah taat dalam mengganti oli samping secara periodik…itulah kunci utama keawetan mesin 4 tak. Semoga berguna….(Iw/28/07/2010)

Note : Gambar hanya ilustrasi

iklan iwb
Previous articleKeputusan Rossi ditunggu bulan agustus 2011 mendatang…
Next articleSetujukah sampeyan kalo Ibu kota pindah dari Jakarta??…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!