iklan iwb
iklan iwb

Suzuki walau sudah kurang greget seperti dulu, inovasinya mengeluarkan Titan patut diapresiasi. Motor berkubikasi 115cc ini mempunyai karakter mesin tidak jauh sama kakaknya New Smash yang terkenal lincah dan enteng larinya. Kualitas mesinnya gimana?…tidak usah ragu bro. Lawong sudah ditest diberbagai ujian kondisi tetap On terus. Suzuki Titan 115 bahkan sudah masuk dalam rekor Muri sebagai motor yang sukses mengitari sirkuit Sentul sebanyak 1279 lap non stop dengan kecepatan rata-rata 95km/jam. Walah…edan tenan!!!

Kalau kita bicara Suzuki, pabrikan ini adalah rival berat Yamaha pada era 1990an ketika Honda main sendiri dimotor 4 tak. Pada periode itu hanya 3 pabrikan Jepang yang eksis ditanah air yaitu Honda, Yamaha dan Suzuki. Karena hanya Yamaha dan Suzuki yang berkutat di motor 2tak maka otomatis merekalah yang saling adu otot di segmen motor bebek ataupun motorsport 2 tak. Sebagai contoh waktu Yamaha mengeluarkan Force-one, Suzuki melawan dengan Crystal. Ketika Yamaha mengupgrade Force-One dengan Fiz-R dengan pedenya Suzuki melakukan hal yang sama dengan Crystal Tune. Teringat jelas bagaimana penjualan Suzuki Crystal kala itu lumayan laris sampai kepelosok-pelosok kampung sekalipun. Kualitas mesin Suzuki yang tangguh plus inovasi tiada henti (Slogan Suzuki masa itu) dari para manajemennya mampu menjadi saingan berat Yamaha. So….kalau ditanya kualitas, jangan ditanya karena semua tidak meragukan. Tapi kenapa sekarang melempem ya..??? Menurut opini saya karena miskin inovasi dan gebrakanlah yang membikin pabrikan berlambang S ini makin tertinggal dari para kompetitor, khususnya motor tipe sport yang hampir tiada gerakan. Hal ini ternyata tidak berlaku pada tipe bebek. Setelah kurang sukses dengan new Shogun kali ini Suzuki mengeluarkan senjata andalannya ” Suzuki Titan”115.

Titan berkapasitas 115cc, upgrade dari kakaknya New Smash yang hanya 110cc. Mesin 4 tak SOHC , kompresi 9,5 : 1 output tenaga bisa mencapai 8,4ps/8000rpm dan torsi 8,9nm/5000rpm. Kelihatan sekali bahwa tarikan motor Titan  bisa dibilang mumpuni karena tidak perlu mengail rpm tinggi untuk meraih torque 8,9nm.  Urusan mesin yahud ternyata tidak perlu mengorbankan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Dalam pengujian oleh para jurnalis umum diYogyakarta motor anyar Suzuki ini 1 liternya tembus 76,21liter. Iritttt banget bro..!!! Menariknya pihak Suzuki menyediakan 3 varian untuk Titan yaitu Titan 115 SR, Titan 115 R dan Titan 115. Perbedaannya Titan SR mengadopsi pelk CW rem depan cakram, Titan 115 R pelk jari-jari rem depan cakram sedangkan Titan 115 pelk jari-jari rem depan belakang tromol. Titan SR dibandrol 12,850jt, Titan R 11,750jt dan Titan tromol 10,695juta otr Jakarta.  Sangat terjangkau…..harga segitu untuk urusan fitur tidak kalah sama motor bebek harga 15jutaan. Titan sudah dilengkapi kunci pengaman bermagnet plus speedometer terdapat indikator perpindahan gigi. Oh ya …kapasitas tanki BBM full bisa menyimpan 4,3 liter,…super gede untuk ukuran motor bebek. Masih kurang inovasi…??? saya kira tidak bro. Hanya bagaimana advertising bisa didongkrak untuk mengubah mindset konsumen yang sudah kadung sedikit melupakan pabrikan berslogan Way of life ini…kita lihat saja (iw/12/06/2010)

iklan iwb

iklan iwb
Previous articleBusyeeetttt….Ninja 150rr buat jualan bubur ayam!!!
Next articleKawasaki ER-6N naked bike akan menggebrak pasar Indonesia tahun depan??..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!