iklan iwb

Ini adalah ungkapan dari teman penyemplak motor sport keluaran diatas 2007 (merk tidak bisa saya sebutkan disini untuk menjaga brand image). Motor yang baru dipakai 1 tahun tanki sudah bocor. Kesal dan kecewa pastinya. Uniknya kasus ini banyak terjadi pada motor-motor keluaran baru. Padahal logika harusnya tanki pada motor tua akibat usia rentan atau karatan baru terjadi kebocoran. Lha ini koq masak masih kinyis-kinyis bak perawan dalemnya dah bolong alias ngocor bensin. Selidik punya selidik masalah ternyata banyak terjadi pada motor keluaran baru. Hal ini diungkapkan oleh salah satu ahli ketok magic langganan. Tanki yang baru bahan memang sangat tipis. Ibarat dipukul pakai tangan aja bisa melesak. Weleh…koq segitu tragisnya ya???

Opini negatif motor setiap generasi terus saja terbentuk. Ketika tahun 90an akhir banyak bilang produk keluaran tahun 90an awal lebih bagus. Ketika masuk ke tahun 2010an motor tahun 2000an katanya lebih bagus dan sebagainya. Pertanyaannya betulkah semua itu..??? Kalau dilihat secara kasus perkasus hal ini mungkin ada benarnya walau memang jarang terjadi. Ibarat barang diproduksi ribuan paling beberapa buah motor aja yang kualitasnya kurang. Anehnya makin kesini makin parah. Contohnya tidak usah jauh-jauh. Saya punya 3 teman kantor menunggangi motorsport keluaran sebuah ATPM besar. Yang dua orang motor keluaran tahun 2005 dan satunya keluaran tahun 2007. Satu teman bernama Hendar motornya berusia dua tahun tanki sudah bocor total. Gejala tersebut sudah timbul satu setengah tahun pertama. Sama doi ditambal sana sini hingga usia tanki bisa diperpanjang sampai dua tahun. Terpaksa keluarin doku 300ribu buat menebus? tanki anyar. Itu belum termasuk pembelian striping. Cerita lain lagi….Ardi, temen sekantor? berantem ama pacar via handphone. Posisi doi masih nongkrong ditunggangan kesayangan.? Pertengkaran semakin hebat hingga saking emosi secara spontanitas mukul tanki motornya.? Kaget bukan main karena hasil pelampiasan emosinya itu bikin tanki motor penyok tidak terlalu dalam tapi lumayan lebar. Heran bercampur nyesel tentunya!!!? “Sialan, motor tongkrongan keren koq ringkih, 20 juta lebih nih bro belinya!!” coletehan dia ketika cerita perkara apes yang menimpanya. Padahal doi bukan tipe tukang pukul yang punya badan berotot. Malah bisa dibilang body cenderung kerempeng. Dari hal itu bisa disimpulkan tidak butuh tenaga besar untuk bikin tanki melesak.? Dan yang terakhir bernama? Eka, teman kantor penunggang motor sport keluaran tahun 2007. SiEka ini kurang jelas kronologinya. Tiba-tiba dijual aja tuh motor belum genap setahun. Ditanya alasannya….males karena tanki bocor. Sama dia diakalin dengan cara ditambal kemudian ditutup scothlite langsung dijual!!!…..masih slamet karena tidak perlu beli tanki baru.

Pertanyaannya kenapa hal itu bisa terjadi. Apakah pengurangan material bahan terhadap motor-motor keluaran anyar memang lagi ngetrend dilakukan oleh para ATPM? besar??? Dengan alasan menghemat biaya dengan mangambil untung sebanyak-banyaknya. Uniknya lagi hal ini diakui sendiri oleh salah satu dealer besar penjual sepeda motor merk ternama bahwa semenjak perakitan motor berpindah keCikarang terjadi kemunduran kualitas. Entahlah…hanya Tuhan dan para ATPM itu yang tahu. Karena saya pribadi penunggang Megy tahun 2002 alhamdllilah tanki sudah hampir 8 tahun tidak ada gejala bocor.? Gimana menurut brother semua..? (iw/24/05/2010)

iklan iwb

Noted : Semua photo hanya ilustrasi

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!