Yamaha Xeon, resmi diluncurkan jumat ini dengan banderol harga 15,5jutaOTR Jakarta. Praktis penempatan ini akan menggiring Xeon berhadapan langsung dengan Vario CBS yang dijual oleh AHM dikisaran 15,7jt. Walaupun CBS mengklaim kaya fitur tapi dengan kondisi Xeon yang menawarkan tenaga lebih besar plus garansi piston dan blok silinder 5 tahun akan membikin puyeng para biker yang tidak fanatik terhadap merk. Gimana nggak puyeng lawong harga mirip terus sama-sama bagusnya.

Dalam hal mesin kita tidak bisa ingkari Xeon unggul mutlak terhadap Vario CBS. Dijejali cc besar plus diasil silinder dan forged piston diyakini akan membuat lari motor ini makin ngacir. Kombinasi dua komponen akan mendongkrak kinerja mesin lebih enteng sehingga akan berpengaruh pada effisiensi bahan bakar. Tehnologi tempa saat ini memang lagi digandrungi oleh para pabrikan otomatif yang mengutamakan engine  durabilty. Forged piston kerapatan molekul lebih tinggi jika dibandingkan dengan piston konvensional pada umumnya (cast piston). Karena itulah pihak pabrikan berani memberikan garansi sampai 5 tahun buat matic 125cc ini. Cukup berat beban yang disandang Xeon karena YMKI menargetkan penjualan 25ribu unit tiap bulan. Secara performa siapa sih yang ragu dengan maticnya Yamaha. Yang 115cc aja ngacir, apalagi ini 125cc ditambah blok silinder layaknya Vixion dan MX .  Semua tergantung dari Advertisingnya. Tinggal bagaimana marketing crew dari YMKI pinter mengkomunikasikan ke konsumen tentang kelebihan dari Xeon. Jangan sampai isu boros karena cc besar lebih mendominasi ketimbang  kekuatan dan kemampuan Xeon. So kita liat aja pertarungan dua musuh bebuyutan ini dan kita liat siapa yang terkuat nantinya. Yukkkk mariiiii….(iw/30/04/10)

Yamaha Xeon Spec

Mesin
Jenis : 4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan
Valume Silinder : 124 cc
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
Pelumasan : Basah
Sistem Bahan Bakar : MIKUNI BS 26 x 1
Sistem Pengapian : DC C.D.I
Battery : 12V, 3.5Ah / YTZ5S
Busi : C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)
Sistem Starter : Electric & Kick Starter
Kapasitas Tangki : 4,1 Liter
Kapasitas Oli Mesin : Total 0,9 Liter (Berkala 0,8 Liter)
Transmisi : CVT Otomatis
Tipe Kopling : Kering, Kopling Sentrifugal
Daya Maksimum : 8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 10,1 Nm / 7000 rpm

iklan iwb

Rangka
Tipe : Pipa Baja
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Tunggal
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Ukuran Roda Depan : 70 / 90 – 14M/C 34P
Ukuran Roda Belakang : 80 / 90 – 14M/C 40P

Dimensi
Panjang : 1850 mm
Lebar : 685 mm
Tinggi : 1060 mm
Tinggi Tempat Duduk : 750 mm
Jarak Sumbu Roda : 1250 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 125 mm
Berat Isi : 103 kg

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

26 COMMENTS

  1. bentuknya jelek banget.
    mending vario techno aja deh.
    udah keren, irit, aman dan nyaman.
    buat harian kok boros.

  2. Tetep w pilih yamaha doag..slain lebh ask,nyaman,gaul torsi tnaga yg dhasiln otomts lebh gede.klo mslah irit pa nggk tu trgntug pmakaian..
    Honda mtor org dulu..
    Yamaha mtor masa kini.. Hr gne ank muda pke honda pa kta dunia.
    Wkwkwkwkwk

  3. sorry ya, kali ini yamaha buat kecewa. xeon yg ditunggu2 penampilannya ga keren. 125 cc koq msh pake ban mio? kekecilan. rem nya juga koq warna besi ? mbok ya di cat item gitu..
    sdh promo abis2an ama istri, ternyata secara tampilan kalah jauh ama techno. maap ya, ibu2 mah ga perlu ngebut.yg penting penampilan ok. kan yamaha sendiri blg jangan tampil murahan, koq

  4. untuk yamaha supaya lebih sporty lagi tuh tampilan XEON… perbaiki kekurangannya….terutama didesain… orang indo lebih sensitif untuk masalah model… thanks

  5. Sama2 ok tinggal selera aja kok pilih yang safety ato yang garang. Tampilan sama ok nya bro. Gw pake cbs kakak pake xeon.

  6. Gua baru beli xeon merah putih,mantapp bray
    Yamaha unggul segalanya,salah satu contoh nya dari kualitas cat nya,silahkan bandingan..apalagi tenaganya uhh mantapp sayangnya ban masih pake kaya mio

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama