iklan iwb

Dua bebek andalan masing-masing pabrikan ini menjadi perhatian saya. Dengan kubikasi yang berbeda memang agak ganjil jika kita bikin segmentasi tapi dengan pertimbangan harga yang head to head dan merupakan bebek premium dari Yamaha dan Honda sah-sah aja kita sejajarkan dalam satu lawan. Yang menarik Yamaha MX mempunyai segudang kelebihan fitur dan tehnologi yang lebih maju ketimbang SupraX125, tapi kenapa penjualan tidak pernah bisa mengalahkan siSupraX125. Karena penasaran? saya iseng-iseng melakukan survei kecil-kecilan terhadap fenomena ini. Yang pertama teman-teman sekitar yang kebetulan belum punya motor dan masih akan mau beli motor, supaya pendapat bisa netral dan yang kedua lewat teman-teman dikampung sana (Jawa Timur) dengan kondisi sama dengan yang pertama. Dan inilah hasilnya……

Yamaha Jupiter MX punya segudang kelebihan yaitu mesin 135cc, diasil silinder, berpendingin radiator, monoshock bentuk underbone. Sementara SupraX125 mesin 125cc,? odometer digital, double disk selebihnya biasa-biasa saja seperti bebek pada umumnya. Saya melakukan survei sekitar 50 orang dimasing-masing daerah. Target audiences umur berkisar 15 – 45tahun. Yang menarik ketika survei dilakukan diJabodetabek dari 50 orang, sebanyak 38 memilih jupiter MX. Sisanya 12 orang memilih Supra. So Jupiter MX unggul. Hasil ini ternyata terbalik ketika survei dilakukan pada daerah salah satu kota kecil diJawa timur. Dari 50 orang yang disurvei hampir 43 orang memilih SupraX125. Cukup mencengangkan…..Honda Supra menang telak!!! berikut alasan orang-orang tersebut memilih masing-masing produk pilihannya. Untuk pemilih Jupiter MX menganggap motor ini punya bentuk dan body yang cakep, gampang dimodif, power besar karena cc gede, fitur komplit dll. Lain lagi dengan pemilih Honda Supra mereka mengatakan motor keluaran Honda tersebut lebih irit, gampang perawatan, sparepart murah dan harga jual tinggi. Mereka tidak suka MX karena boros dan sparepart mahal (Weleh…koq salah kaprah ya?!). mau dipaksa gimanapun mereka tetap mengatakan kalau punya uang 15jeti disuruh milih antara dua motor itu, tetap SupraX125 pilihannya.

Dari sini bisa disimpulkan market Yamaha MX135 kuat di perkotaan. Untuk dipelosok animo masyarakat terhadap produk Honda masih tidak bergeming. Mau? pake talent Valentino Rossi kek, Mick Doohan kek mereka tdk peduli. Mungkin kalau ulama yang menitahkan baru nurut kali hehehe……so disini market Yamaha lebih berhasil condong kedaerah perkotaan yang para bikersnya melek tehnologi dan kritis. Walaupun tidak serta merta survei kecil-kecilan ini mewakili seluruh rakyat Indonesia tapi saya yakin setidaknya itulah gambaran peta market motor itik tanah air. Ini adalah PR buat para marketing Yamaha supaya lebih giat dan gigih untuk meraih hati para biker dipelosok-pelosok kampung sana yang nyata-nyata membuat penjualan Honda Supra tidak bisa tersentuh oleh Jupiter MX. Bagaimana menurut bro semua, monggo dishare….(Iw/22/4/2010)

iklan iwb

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!