iklan iwb
iklan iwb

Wawancara sekilas………..

Ketika mendapat kesempatan ngobrol-ngobrol dengan Mr. Ito salah satu chief engineering Rik** company, penyuplai blok mesin pabrikan Honda, kawasaki, Yamaha dan Suzuki saya punya kesempatan nanya-nanya lebih jauh mengenai motor selain produksi Jepang. Salut buat beliau yang bisa memberikan komentar atau pendapat secara netral. Kenapa saya bilang begitu, ketika saya tanya mengenai kualitas mesin motor Bajaj yang notabene bukan produk Jepang, beliau tidak memberikan komen negatif. Menurut beliau engine untuk Bajaj selama ini juga tidak pernah ada masalah. Apalagi Bajaj dulu banyak menimba ilmu dari Kawasaki, jadi di pastikan pecahan ilmunya juga dari pabrikan Jepang tersebut. Kunci dari durability/keawetan hanya pada pemakai atau pengendara sendiri. Yaitu secara periodik mengganti oli mesin dengan memperhatikan jarak tempuh.

Lebih jauh beliau juga membahas mengenai kompetisi Yamaha Indonesia dan Honda (AHM) yang sangat ketat. YMKI di mata Ito san memang sangat agresif.  Dari segi advertising dan produk, Yamaha sedikit lebih di banding kompetitornya. Tentunya bagus buat perusahaan beliau, ketika penjualan mereka naik drastis. Ketika kita ngomongin mengenai blok mesin yang paling bagus untuk saat ini (Produk masal & BerCC kecil) adalah Blok mesin kepunyaan Yamaha Jupiter MX dan Yamaha Vixion. Dari  cost produksinya lebih mahal karena itu pabrikan berani memberikan garansi sampai 5 tahun. Konsekuensi tidak bisa di oversize. Mirip dengan tehnologi Ninja 150. Pada saat itulah beliau mengutarakan bahwa sasis yang paling bagus adalah pabrikan dari Kawasaki. Akan terasa ketika kita mengendarai,  stabilitas lebih dibanding lainnya. Secara kasat mata sebenarnya bisa di lihat bahwa sasis kawasaki rata-rata lebih tebal. Tapi kenapa ya bro produk masih kalah di banding pabrikan lain dalam penjualan. Itulah masyarakat kita yang cenderung cari motor yang murah perawatan. Tidak perduli dipakai kenceng rasa anjrut-anjrutan yang penting harga sparepart terjangkau dan selalu tersedia. Ya nggak bro…?! Entahlah. Memang tergantung selera dan kebutuhan masing-masing individu. Yang berkantong tebal dan ingin motor premium monggo pilih Kawasaki khususnya Ninja series. Sementara kalau kantong pas-pasan kayak saya ini,….pilih yang terjangkau aja dan nggak ngrepotin. Lawong Ninja 250r Tanki aja 2,5jt (Sumber dari Cibubur motorave). Coba bandingkan dengan Yamaha Scorpio yang hanya 300ribu dah bisa dibawa pulang. Bisa nangis bombay dibuatnya. Sanggup maksain beli tapi kagak kuat ganti sparepart, ya sami mawon hehehe………halah jadi ngalor ngidul. Btw semoga berguna……(Iw/07/02/10)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!