iklan iwb

Kencang Mana sih…???

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul begitu saja. Dua motorsport berbeda generasi tapi sama-sama 150cc. Siapa yang tidak kenal Suzuki RGR. Pada zaman keemasannya, motor sport keluaran Suzuki ini sempat menjadi idola para speed freak di era 90an sebelum Honda NSR? dan Kawasaki Ninja menggeser dominasinya. Di luncurkan pertama kali oleh Suzuki sekitar tahun 1990/1991. Motor berdaya kuda 26, 5ps dengan berat kosong sangat ringan 99,8kg dalam kondisi standart kecepatan puncak dengan mudah bisa mencapai 176km/jam (Pengalaman pribadi).? Cuma sayang RGR hanya mengandalkan mesin tekhnologi bisa di bilang jadul. Mengandalkan pendingin udara, tanpa fitur-fitur istimewa didalamnya, RGR konsumsi bensin lumayan boros.

Lambat tapi pasti era RGR semakin tergeser oleh eksistensi kompetitornya (Honda NSR dan Kawasaki Ninja). Sparepart yang lumayan mahal serta melemahnya tingkat penjualan memaksa Suzuki menghentikan produksi RGR pada tahun 1999.? Nasib sama menimpa Honda NSR. Kelemahan dari statusnya yg BU membikin puyeng para pemakai motor sport ini kalau terjadi kerusakan dan penggantian part. Praktis hanya Kawasaki Ninja yang menjadi favorit para rider penyuka kecepatan. Sparepartnya yang? terjangkau, serta dukungan penuh dari KMI menjadikan Ninja eksis sampai sekarang.

Kencang manakah sebenarnya Ninja dibandingkan RGR…??? berdasarkan data tehnis ke-2 pabrikan di pastikan Ninja menang dari segi power yang mencapai 30PS sementara RGR hanya 26,5PS. Tapi ternyata tidak ketika di coba di lapangan. Ketika mencoba Ninja L keluaran 2009 sensasi tarikan yang di dapat tidak sedahsyat RGR. Sejujurnya sedikit kecewa karena saya pribadi berharap lebih terhadap si Ninja ini. Kelemahan yang paling mendasar adalah kurangnya tarikan bawah. Tenaga baru terasa nendang ketika rpm menggapai 7000 keatas. Inilah kelebihan superkips yang nyata-nyata sangat membantu Ninja dalam power? & Fuel Efficiency. Kalo di fleshback jaman 90an dulu,? RGR dari tarikan bawah? sampai atas powernya sangat terasa. Hentakan? tolakan gravitasinya mampu memberikan sensasi yg luar biasa, tubuh rider serasa di lempar kebelakang. Banyak segi yang mempengaruhi hal ini. Kemungkinan besar dengan berat kosong RGR yang hanya? 99,8kg output tenaga 26,5ps mampu secara murni direalisasikan di lapangan. Bandingkan dengan Ninja-L? yang mencapai 124,5kg. Memang susah untuk membuktikan secara hitam putih karena tidak ada data atau alat? ukur yang bisa di jadikan bukti konkret untuk mendukung pendapat ini. Hanya feeling saja yang di jadikan patokan. Apalagi informasi kencang terdengar bahwa speedometer Ninja versi L/M tidak actual alias maju 5-10 km/jam dari sebenarnya (Pernah di coba dengan speedometer Honda Megapro). Bandingkan dengan RGR yang tidak ada keluhan mengenai hal tsb. Entahlah….

iklan iwb

Tapi di balik itu semua, saat ini Ninja adalah rajanya. Tidak bisa di pungkiri. Fitur yang komplit dengan kecanggihan tehknologi mesin yang di benamkan di dalamnya menjadikan produk yang tidak terkalahkan dalam hal kecepatan. Bandingkan dengan RGR, tentunya jauh dan tidak fair rasanya jika membandingkan dengan Ninja dalam hal fitur. Bagaimana menurut brothers semua……monggo dishare(Iw/4/12/09)

Spesifikasi Suzuki RG-R (150)ss :

MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters

Spesifikasi kawasaki Ninja 150 L/M :

Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 30,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 20,5 Nm / 9.500 RPM
Karburator : Keihin PWL 26
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Twin Pot Disc Brake
Rem Belakang : Twin Pot Disc Brake ( CW ) & Drum Brake ( SW )
Ban Depan : 2,75-17 4PR Tube-type
Ban Belakang : 3,0-18 4PR Tube-type
PanjangxlebarxTinggi : 1955mm x 705mm x 1070mm ( Cast Wheel ) 1955mm x 740mm x 1035mm ( Spoke Wheel )
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah

243 COMMENTS

  1. @Bro Osan
    gini Bro.. Ganti knalpot std dng yg resing en sesuaikan jetingnya.. Biasanya pilot jet ganti yg 25 ato ikuti permintaan mesin.. Modif timing pengapian (dimajukan dikit ja) dah di jamin rr anda bakalan menjerit lebih cepet atawa lebih cepet dpt topspidnya..
    Tu yg sya tau klo cm utk harian en murah meriah..

    *AYO Bradder2 smua para Penyuka-Pengguna-Penggila motor sport 150cc 2t apapun merknya..
    KUMPUL -KUMPUL -KUMPUL…
    Mari syering2 ilmunya di sini demi kemajuan mesin 2t yg sudah mulai di pandang sebelah mata…
    Mari bersatu guna membuktikan bahwa 2T masih ttp bertaring..

  2. Lam knal Bro Hourex, mnurut sy motor 2 tak mmang identik dgn performa,mudah perawatan,hrga terjangkau, minum premium/pertamax sama2 oke. ^_^

  3. @Skips
    wah.. Istri sya jg dr daerah smarang Bos..
    (ambarowo)

    mantab Bro..
    Keep Bratherhood and two strhoke lovers Bro..

  4. hahahahaha

    rgr keren, rr mantap…tzm great…jgn lupa ad RZR/RXZ mantap tuh motor, rzr pny babe tembus 220 kpj baru korek dikit aje ma ganti karbu ma knlpot…hahahahaha

  5. masa iya c bro rekor top speed nsr 500, bukanya udh patah oleh dani pedrosa dg honda 800 cc tembus 349 kmh!? Gw coba simpulka rgr vs ninja 150r. Kl jarak pendek mgkin menang rgr (dbwh 500 m dan blm mencapai top speed) kl treknya 1 km mgkin msh menang ninja series. Kl masalah spedometer emang 2 tak slm ini pada ngaco semua kq, gw prnah bc di majalah kl ninja r itu akurasinya cm 77% jadi kl top speednya 180an itu realnya cm 140an km/jam. Tidak kenceng to..gitu aj kq dibangga2ain kec tembus ampe 200 gt berarti realnya msh 155an sebanding ama honda jazz. Sebenarnya motor yg beredar di sini kec realnya ga ad yg lebih dari 150 km/jam artinya kl dijalan msh ad mobil yg lebih kencang. Kl ninja series di bandingkan top speednya sm civic, galan n accord ya jauh banget ne mobil top speednya nyaris 200 km/jam dan spedometernya lebih akurat (skitar 5% deviasinya) drpd motor ninja 2 tak yg deviasinya sampe 23% lbih besar dr aslinya.
    Di tempatku kmrin bny jl lurus sepanjang 20 km ada fu ngebut gaspol kec 135an ga bisa nyalip xenia yg 1100 cc. Bayangkan trek sepanjang 20 km fu ga bs nyalip xenia yg tmsk mobil dg cc kecil. Sekarang bny jalan yg lebar halus, lurus2 so skrng motor kec sudah terlihat inferior dibanding mobil. Sudah saatnya indonesia memasukkan motor yg kubikasinya diatas 250cc,

  6. @awan
    aya aya wae sampeyan Bro..
    Awalnya komen sampeyan masuk logika saya..
    Karena Emang sih, menurut yg saya baca top speed ninja R mentoknya (aslinya) cm 160 kpj.. Angka tsb di dapat dri perkalian antara hp dng gear rasionya dlm kondisi stdnya yg tentunya masih bs di apgred.. Dan salah satu keunggulan mesin 2T ADL murmerceng (murah meriah kenceng) dng penggantian parts sedikit en dana sedikit tp powernya udah melejit..
    Tp saat sampeyan ngadu Fu ama senia, Halah ngaco sampeyan (dari segi apapun ga da yg masuk buat di komper Bos)..
    Dan lagi cc gede ama power gede bukan jaminan motor kenceng BOS.. LIAT TU HARLE DAVIDSEN YG 1200cc dng 187hp, topspidnya cuma 165 kpj..
    Oia, motor diatas 250cc diJAMIN MAHAL Bos.. En keknya ga bakalan kebeli ama saya..
    PISS..

  7. sory ni ikut nimbrung, saya tidak memihak merk motor apapun dan sedikit intruksi. menurut saya pendingin air ( radiator ) bukan segalanya ( bukan berarti terbaik ) # kisah nyata, pulang ke salo dr bandung lewat pantura saya pakai motor skywave NR 125 th 2009 akhir ( ya emang bukan sekelas motor2 yg di bicarakan diatas ) tiap luar kota motor ini saya geber rata2 diatas 90 s/d 120 km/j ( emang mentoknya cuma 120 km/j mungkin itupun karena berat badan saya yg 50 kg ) tentunya di sesuaein kondisi jalanan, kecuali mengisi bensin ga pernah berhenti ( sekali -+ 15 menitan untuk sholat dhuhur ) setiba di terminal ke kampung saya yg jlnnya lurus/ sepi motor ini msh bisa ngebut tdk ada tanda2 kekurangan tenaga. satu lagi kebetulan msh dr suzuki yaitu pengetesan motor suzuki titan yg di geber 60 jam non stop di sentul 2010 kemarin.

  8. halloo.. salam ngge (2)-tak
    kbtlan ane prnh ngge-ber ke 2nya
    sensasi yg d dpt:
    NINJA stabil dn muluz d rpm bwh, tnaga br ngacir d rpm 8rb+ sampe mentok gas gk maw brenti powernya
    RG power bwahnya gila abis, topspidnya kenceng banget tp powernya tdk sbsar ninja d rpm atas
    kelemahan:
    krn Ninja make radiator air, maka jgn hrp bisa menang lawan Rg di lokasi trek yg brsuhu udara rendah, sbb keburu ‘menggigil’ duluan.. bgt juga sebaliknya kalo Rg lawan Ninja di lokasi trek yg brsuhu udara panas, maka lebih baik disimpen aja drpada capek nanti motornya
    mkn bgtlah kira2 dr saya, kalo ngebandingin teknologi kyknya gak asik.. bukti di lapangan lbh jelas

  9. *AYO Bradder2 smua para Penyuka-Pengguna-Penggila motor sport 150cc 2t apapun merknya..
    KUMPUL -KUMPUL -KUMPUL?
    Mari syering2 ilmunya di sini demi kemajuan mesin 2t yg sudah mulai di pandang sebelah mata?
    Mari bersatu guna membuktikan bahwa 2T masih ttp bertaring..>>>>> gw stuju nih jgn sampe 2T musnah

  10. KUMPUL2 Rider 2 Tak…
    “Biar asap mengepul tak pantang untuk berkumpul”

    2 stroke never die
    mari kita bersatu untuk membuktikan bahwa kita (2 stroke lovers) masih ada.

  11. ninja series tetap bkal melegenda……
    terbukti penjualannya sampe skr tetap stabil……..

  12. Sudah Dr taon 1999 pingin ninja bro…baru kesampaian tahun 2009. Pokoknya 2 Stroke wae lah…pinginnya beli lagi aprilia RS125…nabung dolo bro.wkwkwkwk

  13. Bedanya motor jaman dulu sama yg skg, kalo yg dulu emang buat balap (ga terpengaruh sama isu pencemaran lingkungan), nah kalo motor skg lebih diperuntukan moda transportasi (bukan untuk balap).
    Jadi kesimpulannya, dari pengalaman gw bawa motor RGR & Ninja RR, sebenarnya hampir sama (mungkin beda peruntukan & beda generasi, jadi power ninja agak sedikit berkurang dikarenakan isu pencemaran udara & semakin berkurangnya minyak dunia. Jadi setiap pabrikan di tuntut untuk mendukung program pemerintah).
    Monggo berbagi ilmunya….
    Matur nuwon
    Tetapi

  14. Mas iwan udh ga peduli lg tuh ama postingannya. .haha lagian inikan wadah untuk berbagi info malah di alih fungsikan jd tmpat wat sombong-sombongan. .haduh haduh..
    Keep brotherhood..
    2stroke never dies. ..piss

  15. keren2 semua tapi ada yang penting nih mungkin ga suzuki melansir versi RGR 150ss baru tetep 2 stroke tapi banyak perbaikan..mungkin ga ya?

  16. brother semua ane mw tanya neh???
    silinder kop yg pas bwt RGR yg ori & msh normal nyarinya dmn yak???? (domisili jakarta)
    cos udah ane ubek2 kagak ada yg bener udahan

    btw yg pny ninin jgn pamer dulu
    RZR ane udah tes ma KRR
    ntuh KRR udah d kobel ampe mentok cmn lari + – 185 kph
    sedangkan RZR ane +- 200 kph alias kebanting
    (drag jarak 2km)

  17. ketinggalan neh tadi ke lupaan
    ane pny cylider block RGR yahuud OS 100 + piston +ring piston
    v-force ( harmonika )
    manifold
    semua barang masih ori dr jepang
    bagi agan2 yg minat cekidot aja
    neh alamat ane gan
    jln. rs polri no 4 rt 006 rw 04 kramat jati jakarta timur
    ato sekedar tanya info
    ne no ane :
    – 08997494625
    – 08561506203

  18. @ Bro Iwan: saya pernah lihat brosurny RGR (tuh brosur tuirr banget hehe) power max ny RG 21Ps tapi saya lupa di putaran rpm berapa, yg jelas mirip sama si FXR, yang 26,5Ps klo ngga salah punyanya RGV 150.

    sedikit ulasan saya tentang RGR 150, ini motor di era ketika itu termasuk motor yang keren abiss dehhh, sport berfairing plus monoshock (sementara waktu itu pesaingnya RZR masih pake shock ala bebek) dan rata2 yg punya orang2 bergengsi (apalah artinya gengsi hahaha). tiap lihat nih motor saya langsung teringat dengan Kotaro Minami idola anak2 nih yg kebetulan motornya Suzuki 2 tak juga. ngga lama kemudian di tahun ’97 saat itu saya dapat kabar dari teman2 katanya ada motor 2 tak namany Ninja yang larinya lebih kenceng dari si RG, penasaran juga waktu itu dan akhirnya ketemu juga..terus terang saya agak ga suka sama modelny ninja yang ngga ada fairingnya malah sekilas sangat mirip dgn si Tiger, jadi tetep suka sama sih RG..eh ada info lg dari teman katanya Honda jg ada yang pake fairing, 2 Tak juga lagi..penasaran lg, dan ngga sengaja ketemulah dengan NSR-R, waduh langsung naksir saya sama si buntut kotak ini..kelihatanny sih lebih siip dari RG (namanya pun juga cuma 3 huruf, kesan racing banget).

    Tapi terus terang, saya belum pernah mencicipi RG, ninja R/S, maupun si NSR, denger2 dari saudara2 saya katanya sih RG ngga ada apa2nya klo ud ketemu sama Ninja baik putaran rendah maupun putaran atas, bahkan lawan Si ‘Jambrett’ pun RG masih keok juga (sampai sekarang saya masih kurang yakin sih klo kalah ama si King^^), tp mengenai Ninja R/S vs NSR-R rata2 mereka no comment, mungkin krn mereka bulum pernah nyicipin si NasiR kalee ya. Saya cuma pernah nyoba Ninja RR punya adik, gigi satu ngga terlalu galak, tapi gigi 2 smp top gear terus terang kayak roket dan ngga pernah terasa..tau2 tuh jarum ud diangka 100km/j.

    sedikit pendapat: pas narik gas terus ada hentakan kebelakang seperti ke tarik, pertama bisa jadi karena memang performa mesinny yang ganas, kedua bisa juga posisi duduk berkendara (langsung kehajar angin), ketiga pengaruh Shock..makin lembut shocknya makin kerasa nariknya.
    wehh panjang juga nih…sorry yee 🙂

  19. biasax yg ribut” tu para sales yg lg pusing d kejar target wkwkwk…
    Impian gw dr dl pgn rgr/nsr sp tp sayank malah d kasih astrea prima ma bokap wkwkwk..

  20. kalau menurut saya sich RGR tetap mantap bro soalx saya punya RGR tahun 97 masih standar trus gwe balapan lawan ninja R sama king korekan tapi masih kalah mereka jauh bngt jarakx padahal saya boncengan ma cewe’ gw lgi……………………sampai yg punya motor ninja bilang gila juga motor lho jadul tapi ngacir boncengan aja gwe kalah apalgi kalau sendirian………..tapi gwe saranin jangan coba2 pake ngebut RGR kalau badan anda kurus karna tarikan pertamax bisa lempar badan kebelakan………….silahkan buktikan sendiri

  21. jangan salah menilai motor hanya dari entakan. coba silahkan perhatikan kurva performa RGR dan Ninja. sangat beda jauh. sy pernah punya RGR thn 1995. RGR hanya menang dalam entakan perpindahan gigi saja. namun ninja (skr pakaininja) entakan tiap gigi lebih halus, namun powernya terisi terus. itu kelebihan ninja. dari portingnya pun sudah beda jauh efisiensi volumetrik RGR lebih jelek, karena sistem reed valvenya berada di blok. bandingkan dengan ninja yg sistem membrannya sudah menganut crank case reed valve. sy sudah pernah merasakan kajayaan kedua motor tersebut di kelas sport tune up sejak thn 1995 (RGR) dan sport std dengan ninja.

  22. Ane uda punya2-2nya. RGR tenaganya masih kalah sama Ninja. Getaran Ninja minim. Suspensi Ninja empuk dan mantap abiz… Bensin irit 1:25. Olsam Ninja uirit banget 1:2000. RGR getaran lumayan terasa. Suspensi belakang keras,sprt batu! Bensin boros bangetngetnget….. 1:16. Olsam RGR termasuk boros 1:700an.
    Ane cuma beli RGR 1 kali doang, kapok bro…, tapi ane beli Ninja sampe 3 kali, puas banget bro….. Yg terakhir tahun 2011 bln 6.
    Motor terbaik yang pernah ane coba….
    Sebelumnya ane uda sering gonta-ganti motor bro…
    No offence bro…..

  23. Iya bro, Ane Juga punya PIAGGIO VESPA SUPER 150cc Thn 78′.

    sensai berkendara mantap bro, joknya paling empuk bro, motor jepang sih gak ada lawan, wong joknya dikasi per.

    satu lagi bro, motor2 jepang pling takut tuh klo dituturin motor ane, wong bodynya besi semua. wakakakak…………. piss.

  24. ya tuch bro suzuki rgr memang dahsyat….
    byangkn tak ada stu pun yg brni nangtangin motor suzuki rgr ane……
    pas waktu ngdrag semua d libes…..jha hak

  25. Salam kenal bro

    Speedlover juga ne

    menurutq, semua motor ada lebih kurangnya, n punya jaman keemasannya,
    tapi memang diakui banget kalo power RGR di bawahnya dahsyat banget,
    kalo ninja memang tarikan atasnya yahud

    dari segi teknologi, ya jangan dibandingin lah bro, motor tua dibandingkan ma motor baru, tega amat!
    sekalian aja bandingin CB Twin ori sama CBR 250, (naik pangkat jadi raja tega) wkwkwkwkwwk

    selebihnya sesuai selera masing2 bro, yang penting keep brotherhood

  26. dari semua motor sport yg di jual di indonesia paling dapat sensasinya cuma rx king,, motor itu punya taste yg berbeda,,

  27. Jangan banyak cakap deh….

    yang penting disini itu tips … tipsnya ae…..
    kalo RG dah tua… piye caranya biar bisa sip,,, touring gak lelet.dan panas mesinnya…

    biar ngirit bbm tp kuenceng gimana….gitu lho,…
    jangan cuma jual mulut dan abab ae….

  28. yg pasti perbedaan antara RGR sama Ninja pada rider’y.

    yg punya Ninja rider’y sombong, angkuh. baru punya ninja ja blagu, pa lagi punya Suzuki Hayabusa. makin gede kepala’y. inget bro masih banyak ninja killer yg bertebaran di jalan raya, jadi gk usah bangga punya ninja, paling kredit lom lunas ja dah blagu….. wkwkwkwk

    yg punya RGR ridernya, nyatai…… gk mikirin kreditan. ha…..

    peace bro……………..

  29. aaaahh pada ngributin motornya sendiri2,,, gimana kalo kita jejerin aja tu motor2 kalian ama mesin kompresor q… wong mesin nyala posisi duduk aja bannya uda pengen ngangkat2 mua,,, hahaha wani piroooo….. tu lg ada klub nsr bilang motornya tercepat, buktikan pak!!! wong tiap trek2an di pahlawan semarang j mana d NSR yg turun???? np? takut nabrak trus susah cari bodi or spare partnya? hahahah wani pooo ra??? OT!!!!!!!!!!!….

Comments are closed.