iklan iwb

Kencang Mana sih…???

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul begitu saja. Dua motorsport berbeda generasi tapi sama-sama 150cc. Siapa yang tidak kenal Suzuki RGR. Pada zaman keemasannya, motor sport keluaran Suzuki ini sempat menjadi idola para speed freak di era 90an sebelum Honda NSR? dan Kawasaki Ninja menggeser dominasinya. Di luncurkan pertama kali oleh Suzuki sekitar tahun 1990/1991. Motor berdaya kuda 26, 5ps dengan berat kosong sangat ringan 99,8kg dalam kondisi standart kecepatan puncak dengan mudah bisa mencapai 176km/jam (Pengalaman pribadi).? Cuma sayang RGR hanya mengandalkan mesin tekhnologi bisa di bilang jadul. Mengandalkan pendingin udara, tanpa fitur-fitur istimewa didalamnya, RGR konsumsi bensin lumayan boros.

Lambat tapi pasti era RGR semakin tergeser oleh eksistensi kompetitornya (Honda NSR dan Kawasaki Ninja). Sparepart yang lumayan mahal serta melemahnya tingkat penjualan memaksa Suzuki menghentikan produksi RGR pada tahun 1999.? Nasib sama menimpa Honda NSR. Kelemahan dari statusnya yg BU membikin puyeng para pemakai motor sport ini kalau terjadi kerusakan dan penggantian part. Praktis hanya Kawasaki Ninja yang menjadi favorit para rider penyuka kecepatan. Sparepartnya yang? terjangkau, serta dukungan penuh dari KMI menjadikan Ninja eksis sampai sekarang.

Kencang manakah sebenarnya Ninja dibandingkan RGR…??? berdasarkan data tehnis ke-2 pabrikan di pastikan Ninja menang dari segi power yang mencapai 30PS sementara RGR hanya 26,5PS. Tapi ternyata tidak ketika di coba di lapangan. Ketika mencoba Ninja L keluaran 2009 sensasi tarikan yang di dapat tidak sedahsyat RGR. Sejujurnya sedikit kecewa karena saya pribadi berharap lebih terhadap si Ninja ini. Kelemahan yang paling mendasar adalah kurangnya tarikan bawah. Tenaga baru terasa nendang ketika rpm menggapai 7000 keatas. Inilah kelebihan superkips yang nyata-nyata sangat membantu Ninja dalam power? & Fuel Efficiency. Kalo di fleshback jaman 90an dulu,? RGR dari tarikan bawah? sampai atas powernya sangat terasa. Hentakan? tolakan gravitasinya mampu memberikan sensasi yg luar biasa, tubuh rider serasa di lempar kebelakang. Banyak segi yang mempengaruhi hal ini. Kemungkinan besar dengan berat kosong RGR yang hanya? 99,8kg output tenaga 26,5ps mampu secara murni direalisasikan di lapangan. Bandingkan dengan Ninja-L? yang mencapai 124,5kg. Memang susah untuk membuktikan secara hitam putih karena tidak ada data atau alat? ukur yang bisa di jadikan bukti konkret untuk mendukung pendapat ini. Hanya feeling saja yang di jadikan patokan. Apalagi informasi kencang terdengar bahwa speedometer Ninja versi L/M tidak actual alias maju 5-10 km/jam dari sebenarnya (Pernah di coba dengan speedometer Honda Megapro). Bandingkan dengan RGR yang tidak ada keluhan mengenai hal tsb. Entahlah….

iklan iwb

Tapi di balik itu semua, saat ini Ninja adalah rajanya. Tidak bisa di pungkiri. Fitur yang komplit dengan kecanggihan tehknologi mesin yang di benamkan di dalamnya menjadikan produk yang tidak terkalahkan dalam hal kecepatan. Bandingkan dengan RGR, tentunya jauh dan tidak fair rasanya jika membandingkan dengan Ninja dalam hal fitur. Bagaimana menurut brothers semua……monggo dishare(Iw/4/12/09)

Spesifikasi Suzuki RG-R (150)ss :

MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters

Spesifikasi kawasaki Ninja 150 L/M :

Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 30,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 20,5 Nm / 9.500 RPM
Karburator : Keihin PWL 26
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Twin Pot Disc Brake
Rem Belakang : Twin Pot Disc Brake ( CW ) & Drum Brake ( SW )
Ban Depan : 2,75-17 4PR Tube-type
Ban Belakang : 3,0-18 4PR Tube-type
PanjangxlebarxTinggi : 1955mm x 705mm x 1070mm ( Cast Wheel ) 1955mm x 740mm x 1035mm ( Spoke Wheel )
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah

243 COMMENTS

  1. jaman gini motor nggak pake komputerisasi, trus koar2 kalo motornya larinya bs kenceng. lari kenceng kan menurutmu karena ternyata motornya lokal alias cuman ada di indonesia cantumin lokasi motornya yg katanya bs lari kenceng biar ndak kayak dongeng sebelum tidur

  2. RG.R emg knceng. Zmn skol dl w pake.. Tp klo touring ma diatas 100km trus dgeber ama king kok tak bs ngjar ya..

  3. kalo mau motornya jd joss bro semua bw ke arjaya semarang spesialis setting motor segala jenis. kalo kamu ndak puas dgn hasilnya semua biaya perjalanan,akomodasi,sparepart aku ganti penuh plus kompensasi yaitu tak traktir makan2 en oleh2 khas semarang. kontak person adhi 081575044027 en [024]70722201 arjaya motor semarang jl. sawah besar 10 no.103 aku tunggu bro semuanya, dijamin biaya minimalis hasil memuaskan anda

  4. ane pernah punya taun 2001,buatan taun 92.benerr men,ane ngerasain sensasinye ngasepin orang.xpsiali rxking,rival berat waktu itu.tapi sayang,,,ane cuma pake 3taun.gak nahan sparenya.selangit.

  5. @geri
    rgr lu lawan kirana gw apa?
    ahh motor jadul pendingin angin aje belagu lo
    wkwkkw
    bisa menang lawa rr,diminumin bensol ya?
    apa pertamax campur minyak tawon bos

  6. Dulu aku pernah ngetes RGR x temenku,top x cuma 165kmh aja!aku lupa pake rpm berapa!karna waktu itu masih SMP n_n(dan nyali x jg blum terlatih)
    aku baru beli ninjaRR,n top x bisa sampe 180kmh di rpm 11.000!semua STD!dengan keadaan KIPS ok!kalo KIPS nya problem dikit,pasti dah power nya langsung ngedrop di rpm rendah! blum pernah sih ngetes sama RGR di jalur Balikpapan-Samarinda. tapi udah pernah sama ninja 250RR! lumayan jg. aku kalah di akselerasi,tapi menang di top speed.

  7. @250fans mungkin itu pengaruh dari KIPS yg ada di ninja sekarang!membiarkan gas buang terbuang habis setelah RPM di atas 7000!tuntutan “ramah lingkungan” kan!coba setelah KIPS terbuka,pasti “dorongan gravitasi ke belakang” yang kamu rasakan di RGR,bisa kamu rasakan juga!bahkan bisa lebih!
    mungkin kalo zaman RGR dulu udah di tuntut para dealer harus memproduksi motor yg ramah lingkungan,pasti RGR yang kamu rasakan bakal gag sebesar itu tarikan nya bro!;-)

    @ Hourex setahuku,suzuki kurang memperhatikan cooling system nya motor bro!terbukti di RGR yang power nya bakal ngedrop kalo di bawa perjalanan jauh!bukan cuma RGR!satria F juga bermasalah di sistem pendinginan nya!sering ada kasus bengkok klep buang karna habis perjalanan jauh,langsung di matikan!monggo di koreksi mas iwan…

  8. kok kebanyakan pada ngeremehin rgr yach?? hahahaha. jangan gtu dong.. walaupun rgr mtr era tahun 90 an tapi tetap msh eksis dan gak kalah sama mtr2 era sekarang yang pakai air sebagai pendinginnya. saya punya rg tahun 92 dan 97 semua sudah tiga perempat underbone sudah biasa main 50- 75 jta ke atas dilintasan trek 12 km. alhasil walaupun mtr saya era tahun 90 an, tapi blm ada lawan saya yg memandang sebelah mata bhwa mtr saya adlh mtr tua di trek. saya gak nerima rgr diremehin gni. buktinya ninja r maupun rr gak nembus tuh ke rgr saya, padahal saya pakai piston 0(nol), karbu standard & saya hanya mengandalkan korekan dari tangan bpk saya. di sini saya gk bermaksud sombong, tapi saya gak nerima aja kalau rgr diremehin ataupun dianggap mtr jadul yg ketinggalan jaman dan gak bisa lari. terimakasih.

    • HIDUP RGR .rgr ku juga blm tertandingi bro salam q anak rgr kediri.super kips rr atau apalah yg di sini pada sakit perut kalo mtor RGR ane dah membahana di jalan raya

  9. @bro dapung
    santei bro.. Motor adl sbuah benda mati yg NB ga bs mnjadi baik ato buruk sndiri,melaikan dpengaruhi manusiany dan lingkungan. Sya jg prnah punya,pngalaman slama pake emang klo dah jauh turing(>90an km) kpotong ama Xking standar tmen. Tu kjadian 31 des’96. rute start dr jmaatan jurug solo stlah lewat jgja mnuju prang tritis trasa deh Rg sy mlempemny.. Tmbah d gas cm suara filtr udrany ja yg tmbah kenceng lari ny ga nambah Bro.. Pis ja.

  10. @ Bro unXsist1927 & Hourex
    Masalah pendinginan saya setuju bro. Tentunya RGR kalah sama Ama Ninja yang udah berteknologi maju. Sementara RGR minus radiator yang pastinya akan terseok-seok kalo buat jarak jauh. Kemudian Speedo meter tidak bisa dijadikan patokan tolak ukur sebuah kecepatan motor karena adanya differensiasi antara motor satu dengan lainnya. Basicly motor ada plus dan minusnya masing2. Palagi teknologi 90an musuh 2010 ya pasti emang beda. Toh saya bilang cuma pendapat pribadi bro,….klo ada yg tidak setuju jg nggak pa2. Yang penting tetap keep brotherhood ^..^
    @ Bro Dapung
    Sampeyan apa gempil dari kenjeran??….Tuh yg RGR terkenal bgt?? maaf klo saya salah….

  11. @Bro iwan
    stuju bro, kip bratherhud la pokoe.. Klo maslh aksel en jenggut-menjenggut sya stuju Bro.. Tp maksud komen sya di ats utk jarak jauh kalah ma Xking tmen yg NB: sama jrak tmpuhny en sstem air kullerny antara k 2ny, sya bkan ngadu turing ma ninja bro.. Ga fer nu namany.. Pis terus la..

  12. Oia nambah lgi, pngalman tu bdasar motor Rg sya dlm kondisi standar-dar, klo dah oprek2 an ya ga heran.wong sya prnah liat sndri astrea 800 ninggalin tiger ma Xking(standar) d trek2an njajar(solo).. Pis bro..

  13. Betul-betul (Upin ipin stle). Jaman SMA dulu ada temen punya Honda CB thn 80. Larinya gila. Sebelum dibuat lomba selalu diadu dulu ama RGR standart(sama-sama teman) dan menang. Tapi cuma test secara dia mau taruhan drag musuhnya Tiger kala itu. Tapi ya itu tadi dalemannya udah nggak karu-karuan…..yo wis yg penting alon2 sing penting slamet ^..^

  14. aku pernah pake RGR tahun 91 (Kurus tp Mantafff) tenaganya minta ampun gila..spare partnya mahal dan konsumsi bahan bakar boros juga tp sebanding lah ama tenaga (kl pgn irit naik sepeda ontel aja om). sekarang aku pake ninja 150 r..tarikan bawahnya (jujur ya) jauh di bawah RGR, tp tarikan atasnya kenceng bro..lampu merah mampang/kuningan – belokan casablanca (jakarta) dpt 180 kpj..semua ada kelebihan dan kekurangannya.

  15. ya gw punya Rgr, Nsr SP, Ninja KRR setuju Ninja KRR + Blok Emas(Gold) PDK dan Knalpot tsukigi (PDK), V Force lebih pas buat era sekarang tapi motor ga enak dibawa pelan endut-endutan mau mati gitu dan kaki (sekitar mesin) PANAS gila apalagi kalo macet, yang punya RG pede-nya berlebihan padahal ga sanggup beli sparepart rata-rata orang miskin motornya pada sakit ga mampu beli motor 4 tak atau ninja kalo NSR SP tetap motor Sensual bikin kancut cewe becek tapi badak kalo di bejek gas-nya lurus aja mau-nya. yah gw juga ikut klub 3-tiga-nya cuma belom dapet TZM pengen beli kalo ada

  16. nsr 500 sampek sekarang rekornya belum terjamah ama motor laen dari top speed, best lap,one race dll di semua sirkuit grand prix ndak terkalahkan. bagi yg punya motor yg bukan motor balap built up mendingan jalannya buat santai aja krn emang ndak bs lari kenceng.

  17. waduh pd ribut kencengan mana, sedikit koreksi mas Iwan bukannya power RGR 150 24ps 9500 rpm (ga tau di crank atw roda blk) soalnya sy prnah punya RGR’94 jumbo warna ungu & skarang masih punya owner manualnya. Tp saya setuju ma mas Iwan soal sensasi tarikan awal lebih berasa dari ninja atw nsr, tzm blon pernah coba. Masuk akal sih secara data perb kompresi RGR lebih tinggi dari kompetitor 150 lainnya (7:1), yg pasti ex port RG lebih kecil dan kalo diukur dari TMA hasilnya lebih tinggi (ukuran lp mungkin 30-an mm)kalo kompetitornya memilki lubang buang extra besar/lebar dan tingginya lbih rendah dibanding RG (ukurn jg lp mngkin 28-an mm) makanya kompresi jg dikisaran (6-6,5:1) walaupun dibantu power valve tp perhitungan biasanya dihitung pd saat katup terbuka penuh.Seperti NSR SP ex portnya sgt lebar dan rendah dari TMA sampe bgian tengahnya disekat agar ring piston tdk melejit (terkesan dual ex port), bd dengan KRR atw TZM punya 3 ex port, main ex ditengah dibantu 2 ex port disampingnya dan keduanya dikontrol katup kalo TZM sama dgn NSR dikontrol secara elektronik serta KRR mekanis. pengalaman swaktu pke NSR aki lg tekor & katup RC pas lg kebuka full dan ga mo balik nutup wktu rpm rendah karna ga ad tegangan aki, waduh tuh mtr bebel bgt responnya supr lelet klh ma astrea grand, itu buktiin kalo nih tipe motor (NSR,TZM,KRR) emang buat ptran tinggi krn ex port klewat bsar apalagi kalo katup macet. secara spek memang kompetitor RG juga dapetin max power >10000 rpm. ya mkanya smua tipe pnya klebhan masng2x. thanx mas Iwan …..

  18. @ bro indar nsr
    thank u koreksinya. Data saya dapat dr bro kaskuser jd krng tahu pengukuran dari crankcase atau wheel. Btw nice info bro. keep share ya…

  19. oh ya aku lupa kami punya base came di jakarta timur(chapter jakarta)@pinang ranty depan pom bensin……..
    alankah baiknya jika kita bersatu suzuki pasti akan memperhatikan kita……..masalah bengkel dan spare parts kami juga punya(di pinang ranty)pokonya bravo rgr

  20. mohon maap kepada bro iwan……..
    blogs yang sangat kacau??????
    mereka saling melebih lebihkan tunggngannya…….
    buat apa??????
    memang bisa masuk moto gp?????

  21. iya ane stuju mas jadi kacau gini jadi ga mendidik kalo saling klaim paling bagus.. harusnya pake rule jangan saling ejek tapi skedar share inpo yg berguna dan menyimpulkanya hasilnya dengan bijak.. jadi kan tar bermangfaat bagi pemake rgr dan ninja nya..

  22. @ajinomoto
    setujuh Brow.. Kita sharing2 aj ttg ninja en rgr dsini.. kan basikny sama..
    -Sama2 2tak
    -sama2 150cc
    -sama2 mesin tgak
    -sama2 cengkres
    -dll
    jd bnyak yg bs sama2 di share dsini spti:
    oli tranmisi/mesin
    oli sampingny
    knalpot
    coil-mgnet-busi-cdi
    dll
    kan org2 yg awam mesin kek sya ni bs tmbah ngelmunya..
    Kip bradher hud en Pis olwes..
    2 stroke is oke..

  23. @Bro ray
    biasa ta thengkyu..
    @Bro smua..
    ninja sya gigi 1 & 2 brebet d rpm 6 rban, tp klo dah gigi 3 dst kok aman2 ja ya..
    Kra2 apanya ya Bro..?
    Oia motor sya stdr pke olsam kawask (bawaan) minumny premium biasa tp alhdllah skips blm prnah nyangkut..
    Thenkz bifow..

  24. @bro hourex
    maap bro saya gak tau sama sekali teknology kips jadi saya gak bisa bantu……
    kalo menurut saya kalo rgr seperti kendala yang bro rasakan itu cuma satu masalahnya……stelan karbu kurang pas……
    salam two strokes

  25. @Bro ray
    thengkyuw Bro, nais inpo nya. Dah sya coba ndiri td mlm..
    Baut stasionerny sya putar kiri 1/4 putaran en baut stelan anginnya jg sya putar kekiri 1/2 putaran /stasionerny di (-) anginny(+)..
    Aneh ya.. Motor kok prasaan jd lebih ringan..?
    Apa stelan itunya Maksud Bro ray.? Ato jettingny..?

  26. @bro hourex berhasil bro?????
    kalo RGR ku berasa agak berat ya seperti itu aku rubah stelan angin
    tapi ada faktor lain yang buat motor gak enak bro…..
    1 knalpot….
    2 oli samping….
    itu semua harus di perhatikan di motor 2 strokes

  27. Dulu waktu msh skolah skitar thn 99 pnah nyoba bwa ninja r thn 97 tarikan ma tmen bwa rgr thn 95 sma2 standart.Mmng tarikan prtama ninja ktinggaln tp langsung ke kejar rgrny dan mlah gantian rgrny yg ktinggalan jauh tp gak lma soalny kehalang truk lg mw putar arah untung gak nabrak.Ni pngalamanku bro peace no offense..

  28. kakak semuaaa slam kenalll
    dari jaman SMA (2002) dah pengen Ninja R tapi lum kesampean kow.
    btw boleh nanya ga tapi ga sesuai topik nehhh
    aku ada F1Zr bisa tembus 125km/jam itu dah maxsimal blum yahhh…
    kondisi motor masih standar belum di poles mesinnya

    • @ Bro Angga
      125 km/jam bisa dikatakan udah sangat bagus bro. Apalagi kondisi masih standart. Saya malah sering jumpai FIZR rata2 lari maksimal 120km/jam, jd motor bro Angga termasuk prima dan sehat walafiat…kecuali mau dikit dioprek pasti bakal lebih ngacir. Klo oprek mesin bisa tanya pada suhu2 yg ahli dibidangnya..

  29. klo mau coba lawan motor gw cagiva mito 125. cagiva mito VS Ninja atau RGR. gw gk takut m motor ccNy 150. tak tertanding. cuape deh…

  30. @^^dimas
    Alaay..!! emang lokasi dimana nii.. bener mo cari lawan disini..??
    anda salah alamat mas.. tp Aseli jujur saya siap terima tantangan anda meski saya dah tua.. jd dah abis rasa takut saya..
    intinya saya siap ngelawan tantangan kagifa mitos anda kapanpun-dimanapun en taruanya apapun yagn anda maui.. en ga perku pke ninja, cukup pke vario istri saya ja.. tp syaratny kedua kaki hrus di borgol jd satu en jrk min 100m, brani..!!! klo cman balap2 biasa ja ga seru, kek Alay2 ja hrus yg gak extrim dikit lah.. huaaha ha ha ha .. dimas dimas, aseli ngakak bc komen anda
    kip bradher hut aj lah.. PIIS.. tp klo balapanya saya serius loo

  31. @ Bro payzRGR
    Huaha ha ha ha.. Yub Bro.. Thankz, so kip bradderhud n 2 setruk neve die..
    Lam knal.. En PISS OLL..

  32. RG Riwayatmu Kini…Aku memikirkan bahwa RG merupakan motor 2 stroke terbaik yang pernah hadir di Indonesia >> paling sempurna, paling tangguh, kuat di segala medan, stabil, tarikan dahsyat. Pada era keemasannya RG (1991-2003) merupakan icon motor 2 stroke paling disegani di ajang drag race, road race maupun balap liar, bukti ketangguhan RG di segala medan pun sudah teruji, mulai dari melahap tikungan maut di daerah puncak, trek lurus di sentul, tanjakan curam di sukabumi hingga jalan berbatuan di sawarna RG tidak pernah mengalami kesulitan. Kisah Romantis dengan sang kekasih pun banyak tercipta bersama RG. Sampai Sekarang ini RG masih mampu menunjukkan eksistensinya di jalan…mari kita lestarikan RG dan buktikan bahwa RG masih mampu menjadi THE REAL PERFECT MOTOR SPORT EVER MADE.

  33. mas bro semua mau tanya..
    Kenapa ya ko cbr saya cuma kuat lari g lebh dari 140kpj..
    Di bantu ya mas bro..
    Thanx

  34. @Bro Osan
    gini Bro.. Ganti knalpot std dng yg resing en sesuaikan jetingnya.. Biasanya pilot jet ganti yg 25 ato ikuti permintaan mesin.. Modif timing pengapian (dimajukan dikit ja) dah di jamin rr anda bakalan menjerit lebih cepet atawa lebih cepet dpt topspidnya..
    Tu yg sya tau klo cm utk harian en murah meriah..

Comments are closed.